JENIS-JENIS PERUSAHAAN OIL & GAS

Posted on Updated on

JENIS-JENIS PERUSAHAAN OIL & GAS

Kurangnya pengetahuan mengenai jenis-jenis perusahaan migas sering membuat fresh graduate (secara tidak sadar) hanya terfokus untuk mengejar karir di perusahaan migas yang memang paling sulit dimasuki, yaitu jenis KKKS , padahal sebenarnya banyak jenis perusahaan Oil Gas lain yang relatif lebih mudah dimasuki dan memberi remunerasi cukup baik serta bisa menjadi batu loncatan menuju karir di KKPS (bila mau) saat telah menjadi senior melalui jalur “experienced”, atau bekerja di luar negeri.

Memahami jenis-jenis perusahaan migas akan berpengaruh besar terhadap STRATEGI yang dibuat untuk memburu karir Oil & Gas kerena lebih mengetahui PETA karir bidang migas secara keseluruhan, bukan hanya di KKKS saja seperti yang umum terjadi dan menjadi langkah awal upaya peningkatan kompetensi guna memenuhi persyaratan atas posisi yang akan dilamar.

Berdasarkan kegiatannya, perusahaan Oil & Gas di klasifikasikan menjadi :

Oil Company (PSC)/Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS)

Yaitu perusahaan yang memiliki Production Sharing Contract (PSC) dengan pemerintah, sering disebut juga KKKS. Perusahaan jenis ini memiliki hak pengelolaan, explorasi dan exploitasi minyak & gas suatu blok minyak di wilayah Indonesia dan memproduksi minyak mentah/gas tersebut menjadi bahan bakar, pelumas, LPG dll.
Contoh: SHELL, CHEVRON, TOTAL E&P, CONOCOPHILIPS, EXXON, VICO, BP, Petrochina, INPEX, Salamander Energy, HESS, Marathon Oil, Medco dsb

Exploration Company

Exploration Company melakukan kegiatan penyelidikan atas suatu kawasan yang diperkirakan memiliki kandungan minyak dengan melakukan berbagai metode survey geologi & geofisika (seismic, resistivity, gravity, magnetic, magnetotellu rik) untuk memetakan struktur permukaan bawah bumi dalam upaya lebih memastikan adanya cadangan minyak/gas di bawah permukaan:
Contoh : Petroleum Geo Service (PGS), Western Geco( SLB), FUGRO Seismic, FAIRFIELD, Elnusa, Geokinetics, CCG Veritas, Geoservices, Patra Dinamika

Drilling Company

Setelah tahap survey (explorasi) memastikan terdapat kandungan minyak di area tersebut, perusahaan jenis Drilling Company akan melakukan pengeboran (drilling) untuk mengeluarkan kandungan minyak tersebut ke atas permukaan bumi.
Contoh : TRANSOCEAN (DEEPWATER), CCG Veritas, Apexindo, dsb

Oil Service Company

Perusahaan ini bekerja bersama Drilling Company saat pengeboran berlangsung dan memberikan layanan Cementing, Mud Logging, Directional Drilling,
Contoh : SCHLUMBERGER, HALLIBURTON, BAKER HUGHES, GEOSERVICES, ELNUSA WELL SERVICES, BJ Services, MI-Swaco, Weatherford

Survey Company

Perusahaan ini bekerja bersama Drilling Company saat pengeboran berlangsung dan memberikan layanan Seismic Survey, Rig Move, Laying Pipeline, Hydrography Survey, Positioning, Platform Installation
Contoh : Fugro, Seascape, Elnusa Geoscience, Pageo Utama, Bintang Subsea, Alamjaya Makmur Sejahtera, Mahakarya Geo Survey, UTEC Survey, Seascape, Geotindo

Engineering (only) Company

Setelah sebuah ladang minyak dinyatakan siap untuk di exploitasi, maka Oil Company (PSC) akan meminta Engineering Company untuk mendesain fasilitas pengambilan minyak dan proses produksi minyak / gas (misal Jacket Platform) dari kawasan tersebut).
Contoh : AMEC, Singgar Mulia, WOODGROUP, KBR, Timas

Procurement & Construction (only) Company

Perusahaan ini memiliki kegiatan utama pada Procurement & Construction, kegiatan engineering yang ada dalam perusahaan ini biasanya hanya untuk membackup analysis dalam phase Construction seperti desain rangka pengangkat (spreader bar), perkuatan kapal pembawa dll.
Misal : Gunanusa, Thiess, Kalirayasari, Meindo, Timas

Catatan :
Sehubungan bentuk kontrak kerja proyek Oil & Gas berupa paket EPC -Engineering Procurement & Construction (maksudnya ruang lingkup pekerjaan mulai dari desain, pengadaan peralatan dan pembangunan dalam satu kontrak) , perusahan Engineering (E) sering bermitra (join venture) dengan perusahaan PC/EPC untuk melaksanakan paket proyek EPC tersebut. Dalam banyak proyek, tidak tertutup kemungkinan bagian Procurement dilaksanakan oleh perusahaan perusahaan Engineering

Engineering, Procurement & Construction Company

Perusahaan ini dikenal sebagai perusahaan EPC karena memiliki divisi yang lengkap dari mulai Engineering, Procurement hingga Construction. Terkadang perusahaan ini juga merangkap sebagai Installator yang memasang Jacket Platform ini di tengah laut.
Contoh : MC Dermott, Saipem, NISCONI, Technip, IKPT, JGC, Timas, Meindo

Installation Company

Perusahaan ini memberikan layanan untuk membawa konstruksi Jacket Platform tersebut dengan kapal pembawa (barge)yang mereka miliki/sewa dan memasangnya di tengah laut.
Contoh : DMB, Merlasakti, Meindo

Inspection and Diving Company

Perusahaan ini memberikan layanan pemeriksaaan beberapa jenis pekerjaan kontraktor yang mengharuskan diadakan pengujian oleh pihak ketiga, misal pengelasan, prosedur pemasangan Jacket Platform di laut, offshore diving, dll.
Contoh : Noble Denton, Indospec, Biro Klasifikasi Indonesia, Patra Dinamika, Advanced Offshore, Franklin Offshore Indonesia

Equipment Vendoor Company

Perusahaan ini menyuplai mesin & peralatan instrumen, electrical dll kepada perusahaan EPC yang memiliki kewenangan untuk memilih mesin/peralatan sesuai dengan spesifikasi yang diminta pada phase desain, atau mensuplai Oil Company (PSC) saat fasilitas Oil & Gas tersebut telah beroperasi.
Contoh : BINDER (supplier pipe support), Siemen, Sempec Indonesia, GE Electric, Astragraphia, Hardayaperkasa

Supplier Company Lain-Lain

Banyak perusahaan yang memberikan jasa layanan lain untuk menunjang kegiatan oil gas, misalnya jasa penyewaan helikopter hingga perusahaan penyedia catering bagi karyawan Oil & Gas yang bekerja di tengah laut. Contoh : Indocater (Catering), Pangansari Utama (Catering), IAT (Indonesian Air Trasnport), Q-Bic (Mineral Water), Hevilift (Air transportation)

#dikumpulkan melalui “kaskus”, penulis melengkapi dgn menambahkan kelengkapan nama perusahaan dan penjelasan yang mencakup ruang lingkup kerja. Referensi Perusahaan Sub Contractor dan penjelasannya merefer ke Total E&P Indonesie. (mohon yang mengkopi/meng-share tulisan diatas mencantumkan source nya : https://msudarman.wordpress.com)

50 respons untuk ‘JENIS-JENIS PERUSAHAAN OIL & GAS

    primadoni said:
    Juli 31, 2018 pukul 2:00 pm

    PT. JASA MULlYA ABAdi

    Consultan Bank Garansi & asuransi
    Jl. Mustika satu No.29 kelurahan sumur batu – Kemayoran Jak-pusat
    Telp.(021) 4260719 (Hunting) Fax.(021) 4252048
    E-mail: primadoni068@gmail.com

    Kepada Yth.
    PERUSAHAN DI TEMPAT
    Attn :Bag.keuwangan/Pimpinan
    From :primadoni ( Contact.081281937952)
    Prihal : PENERBITAN JAMINAN BANK GARANSI DAN SURETY BOD TAMPA KOLETRAL

    Dengan Hormat,
    Terlebih dahulu Perkenalkan kami dari PT. JASA MULLYA ABADI (Consultan Bank Guarantee Dan Surety Bond)
    Yang mana pada kesempatan ini kami bermaksud menawarkan kerjasama untuk penerbitan jaminan, Bank Garansi & Asuransi Yang di back-up oleh perusahaan perbankan dan asuransi pemerintah maupun swasta di antaranya adalah: BANK BNI, BRI, MANDIRI, EXSIM, BTN, BII, BCA, DKI JABAR, SUMSEL , LAMPUNG , BUMIPUTERA , KALTIM , dan ASURANSI ASKRINDO , JASINDO , ASEI , JASARAHARJA , BOSOWA , MEGA PRTAMA , ASPAN, BUMI PUTERA , INTRA ASIA, RAYA, REKAPITAL , dan masih banyak Asuransi Swasta umum yang sudah terdaftar di dep.Keuangan Indonesia Adapun rate Bank Garansi & Asuransi di antaranya
    Bank Garansi Surety bond Lines of insurance
    Jenis jaminan Rate/Tahun Rate/ triwulan Fire Insurance
    *Jaminan penawaran 1,80% /Flat 0,25% * Property All Risk (PAR)
    *Jaminan pelaksanaan 4,00% 0,35% * C.A.R, E.A.R,MB)Etc
    *Jaminan uang muka 4,00% 0,35% *Marine Hull Insurance
    *Jaminan pemeliharaan 4,00% 0,35% * All Risk Insurance
    Administrasi Rp 250.000,- Rp. 25.000,- * Cargo
    Rate di atas masih bisa di Negosiasikan Kembali, dan kami memberikan kemudahan diantaranya: proses cepat, Polis Kami Antar, tanpa limid, Biaya kompetitip murah dan Tanpa Agunan.
    Adapun syarat yang harus di lengkapi adalah:
     Membuat surat permohonan Bank Garansi/Asuransi
     Melampirkan Photo coppy Undangan lelang/SPK/PO/Surat kontrak kerja lainya.
     Melampirkan company profile/biodata perusahaan yang lengkap
     Melampirkan laporan keuangan (Rugi/Laba) 2 Tahun trakir Yang Sudah Di Audit
    Demikianlah surat penawaran kami sampaikan, semoga ini langkah awal kita untuk
    menjalin kerja sama dengan baik dan dapat berkesinambungan di masa yang akan datang, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.
    Hormat Kami,

    PT.JASA MULLYA ABADI

    Primadoni

    Div.Marketing

    joko kusnandi (@jokokusnandi1) said:
    Juli 15, 2017 pukul 8:56 pm

    Terima kasih informasinya. sangat bermanfaat. izin copas bang

    Muhammad faisal said:
    April 13, 2016 pukul 4:40 pm

    Assalamu’alaikum wr,wb salam sejahtera bagi kita semua, mass sudarman saya ingin bertanya saya lulusan politeknik negeri bandung D3 jurusan teknik sipil 2015 dan saya masih fress graduate saya sedang bekerja di bidang konstruksi, akan tetapi saya ingin bekerja di bidang oil dan gas, karena itu apa saja yang harus saya persiapkan selain persyaratan yang biasa harus di persiapkan…. Kata teman saya coba mengikuti pelatihan yang menunjang dalam pekerjaan oil and gas Nah apakah benar itu mass sudarman. Tolong pencerahan dan arahan nya karena saya tidak tau harus start dari mana terimakasih banyak, wassalamu’alaikum wr.wb

      muhammad sudarman responded:
      Mei 5, 2016 pukul 12:44 am

      betul mas, perdalam beberapa software yg berkaitan dengan Offshore, untuk tahap awal bisa lamar ke beberapa perusahaan konstruksi dulu. Selain itu, bila ada cukup dana silah ambil gelar S1 karena itu penting untuk jenjang karir selanjutnya.

      #silah browsing di blog saya, beberapa lembaga penyedia kursus dan perusahaan sudah saya post, semoga bermanfaat

    anthony said:
    Februari 23, 2016 pukul 6:46 pm

    Saya rigger pingin bekrja di onshore.,.saya mau mnta email perusahaan oil n gas yg onshore..trmksh

    Malinau Cargo said:
    Desember 16, 2015 pukul 10:30 pm

    PT. MALITU JAYA MANDIRI,
    Bermaksud menawarkan kerjasama dalam hal CUSTOMS CLEARANCE IMPORT di KEPABEANAN SEA FREIGHT & AIR FREIGHT, Customs Clearance Import Borongan ( ALL IN) , Over Consignee ( UNDER NAME) , dengan pelayanan jasa bersaing dan service yang memuaskan adalah merupakan tujuan utama kami.

    JASA PELAYANAN YANG KAMI :

    Ø Customs Clearance & Brokerage
    Ø Domestics Freight Air , Sea & Land Transpotation
    Ø Import Door To Door Air & Sea
    Ø Ex-works Services Air & Sea
    Ø Barang Personal Effects
    Ø Under Name
    Ø Borongan ( All in)
    Ø Cargo Insurance
    Ø Jasa PPJK, EDI
    Ø Project Cargo Handling, International & Domestic

    VISI & MISI

    VISI

    Menjadi perusahaan terkemuka di bidang jasa layanan pengiriman darat, udara dan laut yang dengan mengedepankan keunggulan kualitas sumber daya manusia, senantiasa dapat dan mampu memberikan solusi terbaik kepada pelanggan. Kami berusaha untuk selalu memberikan solusi terbaik dengan kualitas terbaik demi kepuasan pelanggan kami, memberikan informasi dan edukasi kepada konsumen secara transparan dan terbuka.

    MISI

    Memenuhi kepuasan pelanggan dengan menyediakan jasa layanan pengiriman export & import, pengiriman darat, udara dan laut yang cepat, tepat waktu, aman dan terpercaya. Melayani segenap lapisan masyarakat Indonesia baik perumahan, perkantoran dan perindustrian lewat sebuah jaringan pengiriman barang yang cepat, Kami selalu memberikan inovasi terbaru dari pelayanan kami sehingga membuat kerjasama dan timbal balik dalam jangka panjang, bertindak selaku fasilitator antara konsumen dengan pihak-pihak terkait.

    Best Regards
    J.Hamzah
    Hp.081 5954 7974

    Office:
    PT. MALITU JAYA MANDIRI
    LMPP Building
    JL. KH.Wahid Hasyim No. 10
    Kebon Siri – Menteng Jakarta Pusat 10310
    Phone : + 6221-31907690/ 31922251
    Facsmile : + 6221-31922251
    E-mail : info.malitujayamandiri@ gmail.com

    hudan dardiri septiawan said:
    Agustus 16, 2015 pukul 10:58 pm

    mas sudarman, saya Coating Inspector level 2.. ingin sharing mas.. ni email saya hudan69@gmail.com

    usman ruhiyat said:
    Mei 13, 2015 pukul 3:08 am

    Assalamialaikum
    Saya mau tanya pak, saya lulusan S1 teknik mesin, saya ingin sekali berkecimpung di oilngas kendala saya sekarang saya bingung harus memulainya dari mana krn saya masih blum ada keahlian atau penhalaman di oil dan gas, sekarang saya kerja dipowerplant umur saya 25 tahun, langkah awal apa yah yg harus saya ambil, saya berfikir awal masuk ke oil dan gas itu masuk ke epc dlu dan ada rencana ikut pelatihan piping, ndt ato wi we, dsb, saran bapak langkah awal untuk berkicimpung didunia migas itu yg tepat kemana dlu ya pak?
    Semoga aja mimpi saya buat kerja ke qatar tercapai.
    Terima kasih, salam

      muhammad sudarman responded:
      Mei 27, 2015 pukul 11:52 am

      Waalaikumussalam,
      sertifikasi sangat perlu untuk membuat daya jual kita tinggi terhadap perusahaan. Banyak perusahaan EPC sebagai loncatan memasuki dunia Migas (Nisconi, Timas, IKPT, Gunanusa Fabricator dll). pengalaman kerja di EPC sebagai modal dalam offering kita (salary dll).

    ian said:
    Januari 10, 2015 pukul 10:16 am

    ” Dear Mr & Miss

    ” With Regards ,

    With the arrival of this letter we would like to introduce our company .
    PT . Allegro Utama
    company engaged in the trucking and shipping heavy equipment .

    PT . Allegro Utama
    provide industry , business and
    individuals with integrated shipping related services ranging cheap
    of shipping International , Domestic Shipping , Freight Forwarding ,
    Warehousing , Trucking , Consolidation , Door to Door Delivery & Pickup
    Services, Heavy Lift Transportation and Special Project Handling ,
    primarily engaged with LCT and we also provide supply project .
    PT . Allegro Utama
    offers a complete solution for our affordable shipping
    clients both in terms of facilities and manpower with the standard
    professionalism expected .PT . Allegro Utama network and experience in
    shipbuilding industry , gives us an edge over our competitors to become
    one-stop forwarding company to effectively meet the needs of our complex
    clients .

    PT . Allegro Utama
    , the company offers our customers a wide range of high quality

    integrated logistics services , fleet currently supported LCT ( landing Craft
    Tank )
    PT . Allegro Utama
    project freight forwarding expertise include : Break

    Bulk , Abnormal Load , Heavy Lift , Load is too large and special
    requirements such as high- priority jobs .
    Project Forwarding for Construction Industry
    Project Forwarding for Oil & Gas Industry
    Project Forwarding Plant Relocation

    Cargo multi-modal transportation projects
    Special equipment for project cargo
    Project cargo handling
    Project cargo lashing
    Cargo storage project
    survey operations

    Of the boat on the trailer began with the launch we have a large

    experience to handle
    Heavy machinery , storage tanks , drilling rigs etc. can all be accommodated
    For more information , Please Call or email Logistics Operations
    manager :

    ” Regard ,

    ( Pipih Sopian )
    Sales Dept.
    Mobile : 0812 81419 5626
    BB PIN : 24E8A554
    PT . Allegro Utama
    http://www.alletamex.com

    sirat said:
    November 25, 2014 pukul 4:08 pm

    To : PERUSAHAAN CONTRACTOR SUPLIER . dan Jasa Lainnya
    Di Tempat.
    Up/attn :Pinpinan / Bag Bank Garansi ,Asuransi
    Dari : SIRAT JUDIN
    Hp : 0812 8925 4208 / 0878 8368 6782

    Perihal : Penawaran kerjasama dalam hal penerbitan jaminan bank garansi,SP2D dan asuransi non collateral
    Dengan Hormat,
    Salam hangat dari PT. BINAMITRA MANDIRI SOLUTIONS (Consultan Bank Garansi Dan Asuransi)
    Perkenankan kami untuk memperkenalkan perusahaan kami PT.BINAMITRA MANDIRI SOLUTIONS

    Dimana kami telah di back up beberapa perusahaan Asuransi Kerugian Swasta Nasional Maupun BUMN serta Perusahaan kami telah ditunjuk untuk memasarkan bank garansi yang terbitkan oleh Bank diantaranya:BANK BNI , BRI , BCA , BII , EXIM , DKI , BTN , SINARMAS , MUTIARA , AGRA , KALTIM , SUMSEL , BUMIPUTERA , serta bank dan Asuransi Penerbit lainnya.Pada kesempatan ini kami menawarkan kerjasama dibidang penerbitan bank Garansi / Surety bond,dimana didalam penerbitannya kami memberikan prosedur relatif mudah yaitu : NON COLLATERAL (Tanpa Agunan), Serta Jaminan polis siap kami antar.

    Jasa General Insurance Bank Garansi Dan Asuransi Yang Kami Tawarkan Diantaranya :

    – JAMINAN PENAWARAN (Bid Bond)
    – JAMINAN PELAKSANAAN (Performance Bond)
    – JAMINAN UANG MUKA (Advance Payment Bond)
    – JAMINAN PEMELIHARAAN (Maintenance Bond) dan
    – JAMINAN PMBAYARAN AKHIR TAHUN /SP2D ( surat perintah pencairan dana )

    1.Contractor all risk (CAR)
    2.Conprenshive general liability ( CGL)
    3.Workman compensation liability (WCL)
    4.Automobile liability (AL)
    5.Custom bond
    6.Property all risk (PAR)
    7.Erection all risk ( EAR)
    8.Marine hull insurance (MH)
    9.Cargo
    10.KMK (kredit modal kerja)
    Besar harapan kami kiranya perusahaan kami diberikan kesempatan dan kepercayaan untuk berpartisipasi dalam kegiatan perusahaan bapak/ibu kelola terutama dalam hal perlindungan terhadap resiko (Wan Prestasi) baik itu proyek yang sedang berjalan / akan dilaksanakan maupun proyek yang sudah berjalan kami memberikan prosedur yang relative mudah yaitu proses cepat serta jaminan polis siap di antar.
    Demikianlah penawaran dari kami, semoga ini merupakan awal kerjasama yang baik dan berkesinambungan dimasa yang akan datang,atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

    SIRAT JUDIN
    Div.Bag Surety Bond

    PT. BINAMITRA MANDIRI SOLUTIONS
    (Consultants Bank Guarantee & Insurance)
    Office :
    Jl. Kayu Manis II No.45 Matraman-Jaktim
    tlpn : 021.8591 4351
    Fax : 021. 8591 4353
    Hp. 0812 8925 4208 / 0878 8368 6782
    Email: Siratbms90@gmail.com

    HERMI said:
    November 24, 2014 pukul 11:32 pm

    Mas DARMAN tanya nie bolehkan? posisi sy QHSE jujur saya rtarik mau krj diOffshore ingin sy tnykan program apa sj kalau ditanyakan oleh User mksdnya dlm interviu Safety nya, tolong petunjuknya pak ?Trimksih

      muhammad sudarman responded:
      November 25, 2014 pukul 6:41 pm

      Bu, mohon maaf kebetulan sy kurang bgt paham dgn safety, namun sebaiknya mengambil sertifikat mlalui training safety (jika belum). NEBOSH dan Phitaghoras bisa jd referensi utk tmpt training…

    Tabah Godha W said:
    November 20, 2014 pukul 5:25 pm

    Assalamu alaikum . .
    perkenalkan nama saya Tabah, saat ini saya masih kuliah di semester V, saya ambil jurusan Teknik Perpipaan D4 (Piping Engineering) Di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya-ITS …
    sebentar lagi akan ada OJT, tapi saya masih bingung..tempat OJT mana yang cocok dan pas sesuai bidang saya…
    mohon pencerahanya dan infonya mz..
    matur suwun . .^_^

      muhammad sudarman responded:
      November 23, 2014 pukul 11:17 am

      Bisa dikirim ke HR Total E&P Indinesie cc recruitment u/ OJT. Dokumen (proposal OJT, fc Kartu Mahasiswa, srt dr universitas)

    Listianto Windra said:
    November 6, 2014 pukul 11:36 am

    Ass Mas Sudarman,

    Bisa diberikan info kontak untuk procurement, purchasing perusahaan oil and gas. Karena saya bekerja di bidang pelayaran (shipping line) dan freight forwarding untuk project cargo. Mungkin dapat bekerja sama dengan baik.
    Kami pun juga owner kapal LCT dan Tug & Barge.
    Kami tunggu info nya Mas Sudarman.

    Terima Kasih

    Ednan Syaputra said:
    September 28, 2014 pukul 1:57 pm

    mohon maaf numpang nawarin Up: Bagian keuangan/pimpinan perusahaan

    From: Ednan

    Terlebih dahulu, perkenalkan kami dari PT.MITRA DOSI GLOBALINDO , Sebagai konsultan asuransi dan bank garansi bersertifikat AAUI NO. 0709000175. dalam kesempatan ini kami bermaksud untuk menawarkan jaminan peng-coveran garansi bank dan asuransi yang di back-up oleh perusahaan perbankan dan asuransi pemerintah maupun swasta berikut kami lampirkan penawaran

    untuk informasi lebih lanjut silakan hub
    tn. Ednan wirel
    hp; 0852.8556.5072
    tlp:.021.8591.6284
    Email: ednanwirel@yahoo.co.id

    semoga ini dapat menjalin kerjasama yang baik

    terimakasih salam EDNAN
    n/b; kita bisa juga membantu untuk penerbitan proyek akhir tahun SP2D

    rani said:
    Agustus 31, 2014 pukul 9:39 pm

    assalamualaikum mas sudarman…mas mohon info untuk lowongan pekerjaan oil n gas untuk suami saya…dia jurusan s1 teknik perminyakan sudah melamar-melamar hampir 2 tahun tapi belum ada panggilan…mohon info nya ya mas. matursuwun mas..info e..(rpy_berlarilari@rocketmail.com)

    kardi said:
    Juli 4, 2014 pukul 10:20 am

    assl.wr.wb…mas,sudarman saya mau nanya kl mau nglamar jd DD (directional driller ) yg prusahaan lokal2 sj dmn y mas???? saya lulusan tekinik mesin S1. skg kerja di rig jd derikman…mksh infone…ini email ku..kardi_dj@yahoo.com

    Cahaya Rosyidan said:
    Juni 24, 2014 pukul 9:46 pm

    Mas Sudarman, latar belakang saya S1 dan S2 Fisika. Apakah saya masih ada kesempatan buat berkarir di perusahaan migas?secara pengalaman kurang, tetapi karena saya sekrang bekerja sebagai dosen di jurusan perminyakan di jakarta jadi saya juga membing mahasiswa untuk TA. Apakah penglaman sebagai pembimbing TA bisa sebagai bahan pertimbangan? umur saya sih masih 28 menuju 29 tahun mas hehehehehe

    Wuranto said:
    Juni 24, 2014 pukul 12:37 pm

    Pak Sudarman, apakah bapak punya informasi perusahaan penyedia abrasive products, misal grinding discs dan cutting-off wheels, yang khusus untuk digunakan oleh perusahaan EPC oil & gas? Terima kasih sebelumnya.

    Reyner said:
    Juni 12, 2014 pukul 7:12 am

    pagi mas.. saya tertarik dengan bahasan yg mas posting diatas, cuma ada satu pertanyaan yg mengganjal. Apakah Elnusa masih dikategorikan sebagai perusahaan eksplorasi? Soalnya seinget saya Elnusa punya divisi Drilling dan Oilfield

      muhammad sudarman responded:
      Juni 12, 2014 pukul 11:23 am

      Betul mas, Elnusa Wellservice (Drilling dan Oilfield) namanya, namun ada juga Elnusa Geoscience yg lebih fokus ke divisi survey/positioning (hydrography, seismic survey), geophysical dan Geotechnical

    Desanto said:
    Juni 3, 2014 pukul 11:57 am

    Siang mas dan salam kenal,
    Perkenalkan nama sya santo jurusan mining, sya ingin masuk ke dunia migas stlh sya tny sms tman2 dan shring ke tmn2 yg di migas mrka ksi advice tuk ambil training petroleum engineer for petroleum engineer, ya krn dr basic sya tdk dr petroleum engineer melainkan basic sya dr mining engineer…
    Setelah sya browsing ada bbrp yayasan yg menyelenggarakn training tsb ttp mslh ny para kandidat yg diperbolehkn mengikuti training tsb adalh org2 yg tlah bekerja di migas dngn sekian tahun dngn yg mungkin menrt sya tuk pendalaman ilmu…
    Gmn y kak kira2 saran dr kak agar sya bsa msuk ke migas, yg saya thu tuh klu msu msuk ksn hrs bnyk sertifikat ini dan itu..

    Thanks

      muhammad sudarman responded:
      Juni 4, 2014 pukul 11:40 am

      Halo mas, saya kurang tahu spesialisasinya di mining bagian apa? bener bahwa ngambil kursus PE untuk non harus ada pengalaman min 5tahun, kalo jalur PE min 3tahun, mungkin bisa diinfokan mining dibagian apa?

    fadli said:
    Mei 21, 2014 pukul 1:07 am

    mas bisa di ngasi petunjuk prusahaan minyak atau gas yg bisa masukkan tugas akhir saya mas.trmksh

      muhammad sudarman responded:
      Mei 21, 2014 pukul 11:36 am

      kalo punya senior di O&G lebih baik, bisa langsung kontak, jadi slot untuk OJT (on job training) tdk terlalu lama, atau bisa langsung kirim ke alamat HRD, tapi nunggu lama biasanya, krn masih akan diinfo kan ke user siapa yg butuh OJT. misal Total bisa langsung kirim : tepi.recruitment@total.com, document yg disertakan : cv, nilai akademik, judul proposal/ta yg akan diambil dan surat pengantar dari kampus/ref letter

    David said:
    Mei 19, 2014 pukul 5:42 pm

    Assalamualaikum
    Pak Darman ini Pak Darman yang di ENG/SVY/TOP ya ?
    Infonya membantu sekali Pak

    husni said:
    Maret 23, 2014 pukul 3:07 pm

    Ass. Mas Muhammad, punya info perusahaan2 catering yg memasok ke industri minyak? Atau ada website yg bisa dirujuk? Tksh

      muhammad sudarman responded:
      Maret 24, 2014 pukul 3:25 pm

      Waalaikumussalam, coba tengok ke PT. Pangansari Utama Food (PSU) dan PT. ISS http://www.id.issworld.com. 2 perusahaan tsb yang selama ini menjadi perusahaan catering di Total Indonesie

        husni said:
        Maret 24, 2014 pukul 4:23 pm

        Terima kasih, mas. Kebetln 2 perusahaan itu sdh kami suplai. Kalau ada yg lain, mohon diinfokan. Skl lg terima kasih.

    alkadri said:
    Januari 16, 2014 pukul 9:25 pm

    mas,mau tanya,klau saya fresh graduate ingin masuk ke migas,kira” menuju perusahaan apa ya mas?
    soalnya klau mau nglamar ko kebanyakan hrs brpenglaman semua nih, terima kasih sebelumnya mas..

      muhammad sudarman responded:
      Januari 21, 2014 pukul 4:45 pm

      silahkan buka website Total, Chevron, Inpex dll, ada lowongan buat fresh graduate, atau juga bisa ke Halliburton, Schlumberger dsb. Jangan kuatir, ada porsi untuk fresh graduate. Selain itu, manfaatkan jejaring professional di http://www.linkedin.com. gluck

    vera dewi said:
    November 1, 2013 pukul 3:56 pm

    mas, mw nanya nih, kalo dr teknik sipil ingin masuk dunia migas atw pertambangan, hrs ngambil sertifikasi apaan yah? trus klo ngelamar kerjaan nya bgs nya perusahaan yg mana, mengingat blm py pengalaman dlm dunia migas,
    sebelumnya suami ku sbgai consultan sipil, brpglmn 15thn di dunia sipil, high rise building, jalan raya dan jembatan, keahlian khusus di surveyor dan baja

      muhammad sudarman responded:
      November 6, 2013 pukul 1:32 pm

      Mba Vera, kalo masuk di Tambang, sebaiknya lebih dikonsentrasikan ke Geotechnical. Sertifikasinya bisa ambil POP (Pelatihan Pengawas Operasional). Kalo di dunia Migas, sebenarnya jurusan teknik sipil bisa kemana saja. bisa masuk ke Geotechnical, Structural, Pipeline,Offshore Contruction (Platform Installation), Material dll. Jika berminat mencoba langsung apply ke MC DERMOTT, SAIPEM, NISCONI, Technip, Tripatra. Untuk kursus. Silah intip penyedia kursus engineering di http://www.oilgas-training.com atau http://www.oilinstitut.com/. Selamat datang di dunia Migas 🙂

    agung said:
    Oktober 17, 2013 pukul 9:13 pm

    izin.!! saya broker asuransi & bank garansi, saya manewarkan untuk kerjasamanya dengan perusahaan anda (every body). untuk info lebih bisa hubungi saya di:
    email: agung_juliantospj@yahoo.co.id
    Hp: 0812 9184 5084

    Steven said:
    Oktober 17, 2013 pukul 4:04 pm

    Mas, apakah ada info mengenai penyewaan alat dan operator untuk survey seismic laut dangkal (10-20 m) dengan hasil file .sgy untuk mengetahui ketebalan sedimen laut (pasir dan lumpur serta bedrock-nya) Trima kasih.

      muhammad sudarman responded:
      Oktober 23, 2013 pukul 8:18 am

      coba kontak CCG Veritas Indonesia, Elnusa Well Service, Saripari Geosains atau Mahakarya Geo Survey

    Steven said:
    Oktober 17, 2013 pukul 4:02 pm

    Mas, apakah ada info mengenai penyewaan alat dan operator untuk survey seismic laut dangkal (10-20 m) dengan hasil file .sgy untuk mengetahui ketebalan sedimen laut (pasir dan lumpur serta bedrock-nya) Trims.

    Fajar S. Tyaningrum said:
    Mei 1, 2013 pukul 2:13 pm

    mas saya mau tanya nih, saya kan msh kuliah D3 teknik perminyakan nah saya bingung harus melangkah ke perushan apa yg mnrt mas untuk jmjang D3, maksih mas mhon pencerahannya

      muhammad sudarman responded:
      Mei 15, 2013 pukul 11:37 am

      Maaf telat reply..
      Saran saya, ke O&G service company dulu misal Schlumberger, Halliburton, Transocean, Baker Hughes, etc. cari pengalaman dulu min 2-3tahun. Setelah itu bisa langsung ke apply ke Chevron, Total, BP, Santos dll. tentunya sudah dengan posisi tawar yang lebih baik (salary) 🙂
      Sbg info perusahaan semisal Total, Chevron, BP dst, mereka memperhatikan jenjang Studi, jika ada kesempatan kerja sambil kuliah S1 silahkan diambil. Tinggal ngatur waktunya

      Pengalaman 5-6 tahun, jangan ragu apply ke Timur Tengah.
      Untuk background perminyakan, jangan kuatir loker masih sangat banyak.

      Gudlak..:)

    rizal said:
    Maret 19, 2013 pukul 4:26 am

    Assalamualaikum mas
    Saya ingin sekali dan tertarik buka usaha di survey seismik laut,,ini sya sekarang mau buka PT,kalau ada teman atau client mas mau kerjasama boleh sya sangat berminat,sya sediakan kantor di RUKO SUDIRMAN PARK jakarta pusat,mas ada pin BB atau tlp yg bisa di hub???siapa tau qta bisa kerja sama

    rizal said:
    Maret 18, 2013 pukul 6:35 pm

    Mas bisa di jelaskan tata cara memulai atau awal memulai utuk membuka usaha seismik laut

    rizal said:
    Maret 18, 2013 pukul 6:10 pm

    Mas sory sebelumnya saya mau buka usaha di seismik laut apa sja syarat2nya dan ijin2nya

    Macam-Macam Perusahaan Migas | DIARYan said:
    Agustus 17, 2012 pukul 2:34 pm

    […] diambil dari blog: https://msudarman.wordpress.com/2011/11/11/jenis-jenis-perusahaan-oil-gas/ […]

    ryanalfiannoor said:
    Agustus 17, 2012 pukul 2:21 pm

    Mas Sudarman, saya izin rebloging tulisan Anda yang ini di blog saya sebagai info oil company hunter.
    Saya akan tulis sumbernya dari blog mas.

    Regards,
    RAN

Tinggalkan komentar