about me

Muhammad Sudarman saat ini berdomisili di Balikpapan sejak tahun 2004, berprofesi sebagai seorang karyawan di salah satu Oil and Gas Company.

Lahir di kota Bau-Bau, dari Ayah (alm) Ante Masere dan Ibu Bahalia. Ayah adalah seorang Pegawai Negeri Sipil dan ibu seorang Ibu Rumah Tangga. Menghabiskan masa kanak-kanak di Kasipute (sekarang adalah ibukota kabupaten Bombana era otonomi daerah) dari bangku Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Pertama. Sekolah Menengah Umum diselesaikan di kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara.

Menamatkan Sekolah Menengah Umum di SMA Negeri 1 Bau-Bau, lalu melanjutkan kuliah di “padepokan” Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang dengan spesialisasi di Teknik Geodesi. Dalam masa studi tersebut tercatat pernah meraih beasiswa, sebagai 1st Best Graduates – Dept of Geodetic Engineering dan Top 6 Graduates – ITN Malang.

Hampir setahun sejak lulus, lalu bergabung di PT. PLN cab. kota Malang, kemudian melanjutkan petualang, pindah ke kota Balikpapan menjadi seorang “kuli” Migas Perusahaan asing asal Perancis. Di kota inilah perjalanan hidup dimulai lagi dengan berbagai impian dengan cita rasa yang mendalam, menemukan tambatan hati sekaligus pendamping hidup. Seorang muslimah dengan Ayah dan Ibu berasal dari Jawa Barat yang lahir di Kota Palembang. Berprofesi seorang karyawan di Bank Syariah (resign 2012)  dan kemudian menjadi full mom sejak tahun 2012. Menikah diakhir bulan April 2009 dan Alhamdulillah awal Februari 2010, kami dikarunia seorang putra yang kami beri nama Omar Akhtar Elfaris (Omar, Sang Ksatria Bintang Pagi).

Masih punya impian : melanjutkan “nyantri” kuliah dan menjelajahi bumi Alloh yang lainnya. Aamiin.

Live only once, enjoy it what you have, never forget that you will die and will face the judgment day and to prepare your self and family by Sholat and Umroh as much as you can, helping your relative and people,  and make lots of good deeds.

Kota Minyak – Balikpapan – 26.04.2009

Muhammad Sudarman
“a husband, a father and an employee for O&G company”


41 thoughts on “about me

    Kelana said:
    Januari 28, 2016 pukul 1:51 pm

    selamat siang mas sudarman..
    menarik sekali blog mas sudarman ini. dari dulu saya pingin sekali bekerja di Qatar, terutama di industri O&G, mengingat saya juga punya background di sana.

    Pertanyaan saya mas sudarman, dengan kondisi harga minyak sekarang yg semakin turun, bagaimanakah peluang untuk bekerja di dunia O&G di negara2 Arab, khususnya di Qatar?

    Terima kasih mas, semoga mas sudi untuk memberikan pendapatnya…

      muhammad sudarman responded:
      Februari 2, 2016 pukul 10:00 am

      Halo mas apa kabar?, betul mas kondisi harga minyak sekarang memang anjlok, dimana2 terjadi laid off karyawan, termasuk perusahaan tempat saya bekerja sekarang yang tahun lalu memberhentikan sekitar 2000-3000 karyawannya termasuk didalamnya ada orang kita pula. Rekruitmen sepertinya tetap ada di beberapa head hunter. Silah apply. Insya Allah, jika memang rejeki ke Qatar akan ditunjukan jalan kesana

    Riswa Bastiantoro said:
    Desember 10, 2015 pukul 12:54 pm

    mas mau tanya kalau untuk pelatihan atau training IWCF yg recommended dmn? ada info?

    Riswa Bastiantoro said:
    Desember 10, 2015 pukul 12:53 pm

    Assalamu’alaikum, mas mau tanya kalau untuk pelatihan IWCF yg recommended dmn ya? ada info kah?

      muhammad sudarman responded:
      Desember 11, 2015 pukul 5:08 pm

      Waalaikumussalam Wr. Wb

      berikut info dari milist migas
      I. IWCF / IADC Well Control Course:

      Setau saya ada 2 tempat untuk Well Control training & certification program tsb, yaitu:

      a. IWCF Well Control Course untuk Surface dan atau Subsea Operations:
      Please contact PT. Fritmandiri dengan Ibu Sita Ramayanti (HP # 081389719145) atau Ibu Lusy Katerina (HP # 08158089771).

      b. PT. Trikona untuk IADC Well Control certification (mostly for Surface Stack):
      Please contact Bpk. Ronaldi (HP # 0811960772).

      2. Basic Drilling Principle & Equipment course:
      Seperti yang disarankan oleh Mas Kiki Bangka, please contact Pusdilat Migas Cepu, Bpk. Agus Alexandri (HP # 081328154017).

      source dari milist migas indonesia,

      ada teman mengambil kursus ini di Thailand dan Aberdeen Drilling School.
      semoga bermanfaat

    ranto setiawan said:
    Desember 6, 2014 pukul 10:29 pm

    Tulisannya sangat bermanfaat sekali Mas. Perkenalkan saya ranto, saya ingin bertanya untuk menjadi seorang surveyor apakah harus lulusan teknik geodesi? Saya sedang mencoba melamar di perusahaan survey, selain sebagai surveyor apakah ada divisi lainnya diperusahaan survey khususnya yg berbau teknikal. Saya mempunyai kemampuan dalam AutoCAD. Terima kasih mas

      muhammad sudarman responded:
      Desember 9, 2014 pukul 5:15 pm

      Tak harus dari lulusan TG, tekuni dulu bidang tersebut, baik survei hidro ataupun topografi, namun kedepannya sy lbh menyarankan untuk berkecimpung di survei hidrografi. peluang go international nya sangat banyak, Fugro, Seascape, Halin Marine dll. tentunya akan berbanding dgn salary yg diterima. kuncinya, ketika bekerja di dunia survei adl. mau belajar dan rendah hati, jaga komunikasi dgn senior surveyor. Nah, setelah kerja pertimbangkan untuk kuliah pula (geofisika dan geodesi bisa jadi pertimbangkan) jika ingin mendalami dunia survei

    Ari Hidayat said:
    September 20, 2014 pukul 1:59 pm

    Misi Pak, di tempat kerja bapak ada tidak alumni dari jurusan Teknik Kelautan?

      muhammad sudarman responded:
      September 20, 2014 pukul 3:02 pm

      Bnyk, rerata dari ITS sbg offshore engineer

    Setyo Budi said:
    Agustus 22, 2014 pukul 8:17 am

    assalamualaikum mas.. saya setyo budi dari D3 TEKNIK GEOMATIKA UGM, saya mau alih jenjang ke S1 ke ITN Malang, tapi saya tdk tahu mata kuliah apa saja yang nanti saya ambil. bisa minta tolong mas, minta struktur mata kuliah di ITN ? soalnya web geodesi ITN tdk bisa diakses. mohon bantuannya, terima kasih.

      muhammad sudarman responded:
      September 4, 2014 pukul 8:36 am

      coba hub. Pak Nurhadi

        Setyo Budi said:
        September 4, 2014 pukul 11:26 pm

        Pak Nurhadi yang mana ya mas.. Posisi saya masih di jogja, soal nya Pendaftaran sdh tutup. Oiya ms, mau Tanya juga, soal lowongan pekerjaan di Geodesi ITN banyak nggak ya ? Terima kasih.

    Adrian said:
    Juni 27, 2014 pukul 12:00 am

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Mas Sudarman, perkenalkan nama saya adrian, sy lulusan sarjana pendidikan teknik mesin. Sy berminat untuk terjun dalam karir oil&gas namun sy belum mempunyai cukup ilmu mengenai dunia oil&gas, apakah dengan background pendidikan sy ini dapat menunjang karir saya? mohon pencerahannya dan sy sangat senang bila mas bisa menghubungi saya melalui email sy
    adrian231191@yahoo.com
    terimakasih…

      muhammad sudarman responded:
      Juni 27, 2014 pukul 2:56 pm

      Waalaikumussalam,

      teknik mesin merupakan salah satu jurusan favorit karena saking banyaknya karyawan dengan bakground ini. jika dihubungkan dengan O&G, saran saya lebih baik dimantapkan dulu ingin berkarir dibagian apa, misalnya project, construction, pipeline, drilling, offsshore. beberapa penyedia kursus yg cukup kompeten semisal http://www.oilinstitut.com/ dan http://oilgas-training.com

    yuda said:
    April 1, 2014 pukul 3:32 pm

    assalamualaikum Mas Darman

    salam kenal, nama saya yuda. saya seorang lulusan S1 Mesin. besar harapan saya untuk bekerja di offshore-Rig, tetapi sampai saat ini saya belum mendapatkan caranya, karena saya seorang pemula. mohon pencerahannya.
    saya sangat senang jika Mas Darman menghubungi saya lewat yuda.rahman99@yahoo.com

    terimakasih

    Andriz Apriyanto said:
    Maret 14, 2014 pukul 3:27 pm

    Assalamualaikum.Wr.Wb
    Mas Sudarman…
    Perkenalkan nama saya Andriz, saya mau minta tolong pendapatnya dari mas Sudarman mengenai keadaan saya saat ini; yaitu saat ini saya baru selesai approve offering letter dari salah satu O&G service company…
    Untuk detailnya mohon komunikasi by email aja mas…
    Kalau tidak keberatan bisa hub ke email saya mas : andreaz7599@gmail.com

    Eko prasetyo said:
    Agustus 15, 2013 pukul 7:45 pm

    alhamdulillah baik, mas darman,.
    untuk saran training dalam jangka waktu dekat, dananya belum mumpuni,..:)
    sekarang saya baru memulai karir di salah satu perusahaan surveyor khusus MINBA sebagai surveyor, untuk sekedar membuka pengetahuan saya, kiranya mas darman dapat berbagi cerita dengan saya jujur saya benar-benar tertarik dengan kedua hal yang saya sebutkan itu,..:)

      muhammad sudarman responded:
      Agustus 16, 2013 pukul 2:48 pm

      Background saya dari surveying/geodesi. Jika ingin memantapkan hati bermain di dunia survey dgn menjadi surveyor, saya sarankan hijrah ke O&G service company. Dunia Hidrografi lebih menjanjikan dalam karir tentunya pula dari sisi salary . Dengan modal AutoCAD silahkan melamar ke Pageo, Mahakarya Geo Survey, Seascape, Bintang Subsea, UTEC Survey. Syukur2 kalo bisa tembus Fugro (Fugro Academy nya sangat bagus). Untuk masuk ke perusahan tersebut, jangan terlalu mikir gajinya dulu yak kalo masih tahap fresh graduate, serap ilmunya sebanyak mungkin. Paling lama 2 atau 3 tahun cukup, kemudian hijrah ke perusahaan lebih besar misal Fugro. Atau mungkin langsung jadi Freelancer, nah yg ini bisa menikmati Dollar Man🙂

      #lain cerita kalo berniat bermain di EPC, saya kurang paham dengan dunia EPC tapi setahu saya bisa difokuskan ke offshore platform installation, mejadi offshore engineer atau subsea engineer misalnya.

      Dunia offshore sangat menjanjikan, jangan lupa sedekah dan infaq🙂

      Jangan takut mencoba sesuatu yg menantang, luruskan niat, Minta doa ke Ortu, Insyaallah diberi jalan ALLAH SWT.
      gluck yak

        Eko prasetyo said:
        Agustus 16, 2013 pukul 10:22 pm

        Ok mas, terima kasih atas wejangannya semoga kita semua selalu di ridhoi Allah SWT, Aamiin..
        kalo boleh saya minta kontak e-mail mas darman, syukur” kalo bersedia ngasih no hp.

          muhammad sudarman responded:
          Agustus 21, 2013 pukul 3:11 pm

          email saya bisa dilihat dilihat diprofile LinkedIn.com yak…

    Eko prasetyo said:
    Agustus 12, 2013 pukul 8:50 pm

    Mas Darman, saya tertarik sekali dengan EPC OG, terutama yang berhubungan dengan piping dan jacket platform. bekal dan pengetahuan saya bisa dibilang nol lah, apakah ada perusahaan yang membuka lowongan untuk Fresh Grade? background pendidikan saya sebagai Junior Design.

      muhammad sudarman responded:
      Agustus 15, 2013 pukul 4:33 pm

      Mas Eko, Apa kabar?
      Coba buat profile di linkedin.com, atau bisa langsung buka website beberapa EPC. Khusus Jacket platform bisa buka website Nisconi, Saipem. Beberapa EPC yg bergerak di bidang Piping, structure, etc coba tengok Tripatra, IKPT, Meindo, Technip, Kalirayasari, Amec etc.

      Setelah pengalaman cukup 3-4, silahkan apply lsg ke O&G company agar bisa nego competitive salarynya

      Sebagai bekal bisa diperdalam keahliannya melalui kursus, salah satu yg lembaga terbaik untuk kursus EPC di http://www.oilgas-training.com.

    linggan aji pamungkas said:
    Agustus 10, 2013 pukul 11:26 am

    assalamuallaikum… saya maba Teknik Geodesi ITN malang 2013 ini… saya jadi termotivasi melihat tulisannya mas… mau tanya mas biar bisa keerja kayak masnya itu waktu kuliahnya gimana? belajar terus atau membangun relasi???

    terus satu lagi mas. utk alumni teknik geodesi itn malang apa juga nantinya juga ngusahain ato seenggaknya ngasih link nantinya juniornya kalau lulus? maaf mas kalau kebanyakan….. terima kasih^^

      muhammad sudarman responded:
      Agustus 11, 2013 pukul 6:32 am

      Waalaikum salam wr.wb, untuk lapangan kerja lulusan geodesi lebih banyak berkecimpung di oil service company, beberapa teman lebih senang dengan daily rate (US dollar).
      1. Kalo belajar biasa saja, yg penting kita harus komit/disiplin dengan kuliah kita, punya target kapan harus selesai dengan hasil yg memuaskan. Waktu kuliah sy tidak terkenal, dikenal dosen saat lulus dan kerja🙂
      2. Dunia kerja menuntut persaingan yg keras, saran saya mulai sekarang sudah harus dimatangkan arah spesialisasinya mau kemana? sy GIS, Hydro atau Land Surveying? misal GIS, mutlak harus menguasai bahasa pemograman, database (vbnet, oracle, etc).
      3. Bahasa Inggris mutlak harus dikuasai walau tidak selancar native nya
      4. Bangun jaringan dengan senior2
      5. BERANI mengambil resiko, jangan silau dengan lulusan ditempat lain?

      Pertanyaan saya, Mengapa harus memilih Teknik Geodesi?

        linggan aji pamungkas said:
        Agustus 21, 2013 pukul 9:15 pm

        maaf mas… kelamaan hehe saya milih geodesi karena saya murni orang lapangan… paling ndak betah duduk diam… terus saya suka pergi kemana-mana naik gunung dll …

        maaf mas kalau boleh saya minta alamar facebook atau no hape… jika mas berkenan… tapi kalau nggak y gpp cuma mau sekedar sharing aja mas…

        terima kasih ^_^

    Fitriansyah said:
    Juli 25, 2013 pukul 11:54 am

    Assalamu’alaikum mas darman, perkenalkan saya Fitriansyah dari Aceh. saya pernah punya pengalaman bekerja di EPC 4 tahun, gmn cara nya hijrah ke O & G company? terus terang itu mimpi terbesar saya

      muhammad sudarman responded:
      Juli 25, 2013 pukul 2:57 pm

      Waalaikum salam Wr.Wb.
      Wah kalo sudah bnyk pengalaman di di EPC seharusnya lebih mudah masuk ke O&G. saran saya :
      1. Coba buat profile di Linked.com, disitu sangat banyak lowongan di O&G bisa sekalian promosi, saya juga ada profile laman tsb
      2. Registrasi langsung ke O&G company misal Chevron, BP, Total
      3. Coba ngelamar ke beberapa manpower company khusus buat O&G
      3. Terakhir dan yang paling penting tetap ikhtiar dan berdoa

      sukses ya

    dwi said:
    Februari 28, 2013 pukul 4:54 pm

    permisi mas,kalo mau melamar jadi vendor di perusahaan tempat mas bekerja bisa ga mas? makasi ya mas

      muhammad sudarman responded:
      Maret 11, 2013 pukul 7:43 am

      Vendor yg bergerak dibidang apa nih? di perusahaan tempat saya bekerja sangat banyak

    ipin4u said:
    Januari 14, 2013 pukul 9:03 am

    mampir dulu ahh.., ke sesama balikpapaners🙂

    FHM said:
    Desember 10, 2012 pukul 4:28 pm

    Halo Sam Dirman,
    Saya baru baca Artikel anda yang mengutip dari Majalah Swa, Arsip untuk November 10th, 2011 yaitu “Memburu Gaji Tinggi di Luar Negeri, Mau?”.

    Saya jadi penasaran dengan data yang disebutkan disitu, terutama untuk Gaji di Saudi itu bener-bener Bombastis, dan tidak ada rujukan referensi yang jelas. (kalau orang Kota Malang bilang, “itu lak Jarene rek!” — “itu khan katanya Mas? coba tanya sendiri orang yang sudah di sana, atau cari sumber referensi yang lebih autentik untuk di update di akhir tahun ini.

    Thanks,
    Salam dari Seoul, South Korea.
    FHM

      muhammad sudarman responded:
      Desember 12, 2012 pukul 1:53 pm

      Ok, sam…
      Insyaallah sy cari artikel yg berkaitan dengan hal tersebut. Reference saya sebenarnya lebih cenderung pada gaji di Oil and Gas company disana. seperti Saudi Aramco dibanding Qatar atau Abu Dhabi.

      salam

    ade kurniawan said:
    November 13, 2012 pukul 10:02 pm

    assalammualaikum, salam kenal mas sudarman…blognya bagus banget jadi inspirasi buat saya! oy akhir bulan ini insya Allah saya akan tinggal dibalikpapan sebagai kuli migas juga walaupun baru kontraktornya belum owner kaya mas sudarman hehehe

      muhammad sudarman responded:
      November 29, 2012 pukul 7:15 pm

      Waalaikumussalam, selamat datang di kota minyak mas, semoga sukses dan barokah dunia akhirat…

    vladvamphire said:
    Agustus 16, 2012 pukul 3:24 am

    Salam kenal Om.. sukses terus yah!

    Andre said:
    Maret 25, 2012 pukul 8:37 pm

    Tulisan yang sangat bagus, Mas.. simple & mudah dicerna. semoga di lain hari..bisa sharing2 tentang pengalaman ya Mas..

    Salam Kenal,
    Andreas Dony
    ( Directional Driller_BakerHughes )

      muhammad sudarman responded:
      Maret 26, 2012 pukul 8:52 am

      Terima kasih mas Andre, sudah mampir di lapak saya😀, semoga kita bisa bertukar informasi di dunia pekerjaan sekaligus sharing juga…

      salam saya

    putra88 said:
    Februari 5, 2012 pukul 4:25 pm

    Assalamu’alaikum wah sama ni mas, ane jg org balikpapan, mohon info mas, info bekerja di O&G luar negeri, ana punya experienced MECHANICAL TECHNICIAN 6 tahun di O&G Indonesia, syukron
    ditunggu tanggepanx

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s