Bekerja di Eropa – Aberdeen – UK

Posted on Updated on

Bekerja di Eropa – Aberdeen – UK

Bagi job seeker, bekerja di luar negeri adalah satu hal yang membanggakan. Selain rate yang sangat tinggi juga ada benefit2 lainnya yang membuat kita bisa menabung lebih dari cukup. Hari jumat pekan kemarin, saya menerima email notifikasi dari SHELL sebuah perusahaan oil and gas yang bermarkas besar di Belanda. “Sejujurnya saya berharap ada tawaran kerja di Middle East, tapi tak mengapa untuk sementara waktu, mungkin sebentar lagi Allah memberikan jalanNYA”. Setelah membaca isi email tersebut, saya kemudian terkejut  ternyata resume saya masuk dalam qualifikasi yang mereka inginkan. Saya kemudian diminta mengirimkan CV terakhir saya sekaligus menulis nama lengkap saya di email tersebut untuk menghindari SCAM (penipuan). Di benak saya kemudian terlintas, jangan2 ini adalah tawaran kerja yang ujung2nya meminta pembayaran. Saya lalu mengecek email pengirim (silahkan lihat postingan lain di blog ini yang mengulas bagaimana kita mengetahui pengirim email Scam atau bukan). nyata nya email pengirim tersebut tersedia artinya bahwa ini bukan Scam.

Senin, 7.11.11 saya mendapat email balasan lengkap dengan form attached berupa Online Interview form. Beberapa pertanyaan harus diisi dan akan dikirim kembali bersama copy of academic certification saya. Ada satu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh recruiter dalam  Online Interview form ini yaitu Expected Salary per Annum. Masalahnya kemudian, saya tidak mempunya referensi apapun untuk membandingkan cost of living nya.

Cost of living? ya saya harus menghitung biaya hidup di Indonesia (saya ambil sampel Kota Jakarta) dengan tempat kerja baru nantinya. Dari tawaran kerja tersebut penempatan nya di Aberdeen – UK dengan lokasi kerja di Shetland Island untuk Laggan Gas Field Project.

Dibawah ini bisa dijadikan referensi seandainya suatu waktu menerima tawaran kerja di Eropa tepatnya di Aberdeen – UK

(Milist Migas) : “UK Govt sudah menstop pemberian working permit (Tier 1 Visa) kepada pencari kerja Non EU sejak december 2010.
Sekarang satu satunya jalur kerja di UK via company transfer – Tier 2 Visa (contoh : bapak sudah bekerja di BP Indonesia, dan ditransfer ke UK untuk foreign assignment).
 
Jadi kalo ada penawaran dari agency, harus dipastikan apakah company mensponsori working permit atau tidak….
Tips termudah untuk mengetahui penawaran itu palsu atau tidak: (1) dari company email yg dikirimkan dan (2) apakah harus membayar fee atau tidak untuk pengurusan imigrasi…Kalo kita dusuruh membayar dulu untuk pengurusan imigrasi (visa dll), bisa dipastikan 100%, penawaran kerja palsu (SCAM) jangan sekali kali mentransfer uang dengan alasan direimburse kemudian oleh company…krn biasanya semua proses recruitment ditanggung company ybs…kita tidak perlu mengeluarkan biaya apapun
 
Kalo ditanya chance: kecil sekali krn untuk mensponspori UK working permit, pihak company harus memberikan data pendukung yg kuat kenapa mereka harus merekrut orang di luar EU Country…Harap dimaklumi karena tingkat pengangguran di UK masih cukup tinggi krn pengaruh financial crisis 2 thn lalu… Kalo interest untuk kerja di Europe, peluang masih terbuka untuk negara lain spt : Norway, Denmark, Netherland, German dan Swiss…” 
 
(Milist Migas) : ” Estimasi Biaya Living Cost Aberdeen sbb :
– Rental house/Apt (3 Bed Room) – 600 – 800 Pound/Month
– Council tax (+ Iuran air) sekitar 400 – 600 Pound / Month tgt besar ukuran rumah dan lokasi.
– Gas & electric sekitar 200 – 400 pound /month (biasanya agak mahal pas winter time krn konsumsi lebih banyak)
– Food etc : sekitar 600 – 800 Pound / month untuk keluarga dengan anak 2 orang
– Fuel untuk satu mobil : 400 Pound / Month (Car Insurance : 100 – 200 Pound/ Year)
– Internet/telphone & cable TV – sekitar 100 Pound / month
Pajak tgt besar penghasilan ..kalo income sekitar 50 K – 60 K mungkin pajak sekitar 25 – 28%
School free untuk public school, RS juga Free untuk public hospital….yang bayar kalo menggunakan private school atau private hospital “
 

My Friend (He is ex Total Employee and Petronas, now working at Middle East) :
Oleh seorang teman yang pernah satu kantor dengan saya, beliau memberi masukan kepada saya seperti ini “Salary Expat tergantung daerah kerja dan daerah asal (nationality) untung orang Indonesia lumayan rendah, yang gajinya tinggi yg saya tahu canada dan negara2 Balkan, karena itu banyak orang India ganti passport canada supaya gaji bisa naik”
 
“UK bukan tempat kerja yg menarik karena pajak dan biaya hidup tinggi, gaji relatif kecil, dan bagi saya bukan negara Islam jadi makan dan shalat agak susah. Saya pernah ada tawaran di UK 40K-50K GBP setahun, mungkin 60K-70K USD/tahun, padahal di Malaysia yg biaya hidup lebih kecil bisa dapat 100K USD dan itu sudah bersih (tax paid by company)”
 
“Coba saja cek2 salarynya berapa, kalay dibawah 10K USD/bulan lebih baik jangan”
 
Dari uraian diatas, saya juga mencoba membandingkan melalui website : http://www.expatistan.com
Woww….Informasinya adalah cost of living di Aberdeen – UK, 74% lebih mahal dibandingkan Jakarta
coba klik untuk melihat perbandingan tersebut http://www.expatistan.com/cost-of-living/comparison/jakarta/aberdeen
 
Nah…salary yang kita inginkan tergantung dengan nego nantinya, paling tidak ada informasi yang cukup akurat untuk menghitung cost of living kita…..Berani mencoba…ayuk…!!

2 thoughts on “Bekerja di Eropa – Aberdeen – UK

    putra88 said:
    Februari 5, 2012 pukul 4:17 pm

    Assalamu’alaikum mas, kl muslim disana gimana ? utk masalah makan n ibadah , apa ada kesulitan ? syukron jazakumullah khair

      Muhammad SUDARMAN responded:
      Februari 6, 2012 pukul 7:30 pm

      Waalaikummussalam, kalo dari cerita bbrpa teman disana cukup membantu. coba buka blog “mas don” yg aku pajang diblog. dia bekerja di Inggris

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s