Teruslah berdoa (ketika doa tak kunjung dikabulkan)

Posted on Updated on

Jangan lelah, teruslah berdoa
Jangan lelah, teruslah berdoa

Allah Subhanahuwata’ala adalah satu-satunya Dzat yang memiliki segala hal. Dan Sang Pemilik memerintahkan kita untuk berdoa. Sang Pemilik berjanji akan mengabulkan setiap doa.

Sesungguhnya, doa adalah sesuatu yang sangat penting. Mengabaikan doa merupakan suatu kerugian yang sangat besar. Meskipun pada dhohirnya tidak ada tanda-tanda doa kita diterima, hendaknya kita tidak berputus asa.

Dalam pengabulan doa, Allah Subhanahuwata’ala sangat mempertimbangkan maslahat bagi hamba-Nya. Jika dalam apa yang kita minta itu ada kebaikannya, maka Allah Subhanahuwata’ala akan mengabulkannya. Jika tidak, Allah Subhanahuwata’ala tidak akan mengabulkannya (di dunia). Doa yang tidak dikabulkan (di dunia) ini pun merupakan karunia Allah Subhanahuwata’la , karena kita tidak jarang meminta sesuatu yang tidak sesuai dengan keadaan kita. Hal ini terjadi karena ketidakpahaman kita.

Jika kita berdoa kemudian tidak terwujud, jangan sampai dipahami bahwa doa kita ditolak. Jika Allah Subhanahuwata’ala telah berjanji, dan Nabi-Nya yang terpercaya telah memberi tahu kita, maka jangan sedikit pun kita meragukannya.

Baginda Rasulullah Shalallahu’alaihiwasallam bersabda, jika seorang muslim berdoa kepada Allah, dengan syarat tidak untuk memutuskan silaturrahim atau untuk suatu dosa, pasti akan menerima salah satu dari ketiga hal berikut ini:

(1) Ia akan langsung memperoleh sesuai dengan permintaannya.

(2) Ia akan diselamatkan dari musibah sebagai ganti dari permintaannya.

(3) Pahala doanya disimpan untuk diberikan di akhirat nanti.

Apa Yang Diminta (Doa) Tidak Terwujud (di dunia), Ini Hikmahnya.
Hadits lain menyebutkan, “Pada hari kiamat, Allah akan memanggil hamba-Nya dan berfirman, ‘Wahai hamba-Ku, Aku telah menyuruhmu agar berdoa kepada-Ku dan aku berjanji akan mengabulkannya, lalu apakah kamu telah memohon kepada-Ku?’ Jawab hamba itu, ‘Ya, aku telah berdoa.’ Sahut Allah Subhanahuwata’ala, ‘Tiada satu pun doa yang kamu mohonkan melainkan Aku terima. Kamu berdoa agar dihindarkan dari bencana, maka Aku menunaikannya di dunia. Kamu berdoa agar dijauhkan dari kesedihan, tetapi kamu tidak merasakan hasil dari doamu. Sebagai gantinya, Aku tetapkan bagimu balasan dan pahalanya di akhirat.’”

Baginda Rasulullah Shalallahu’alaihiwasallam bersabda bahwa orang itu akan diingatkan lagi tentang doa-doanya dan akan diperlihatkan doa-doa yang telah dikabulkan di dunia atau pahala yang telah disimpan di akhirat. Dan ketika ia mengetahui demikian banyak pahalanya, maka ia berangan-angan agar tidak ada satu pun doanya yang dikabulkan di dunia, sehingga ia dapat menerima pahala seluruhnya di akhirat.

Ingin Doa Dikabulkan, Penuhi Syaratnya.
Dari sisi yang lain kita juga hendaknya memahami bahwa ada syarat-syarat yang harus dipenuhi agar doa kita dikabulkan oleh Allah Subhanahuwata’ala. Apabila persyaratan itu tidak dipenuhi, doa itu akan tertolak. Di antara penyebab tidak terkabulnya doa adalah makanan yang haram.

Baginda Rasulullah Shalallahu’alaihiwasallam bersabda, “Banyak orang dalam kesulitan , mereka mengangkat tangannya, mereka berdoa dan menangis, ‘Ya Rabb, Ya Rabb,’ tetapi makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, maka bagaimana mungkin doanya akan diterima?”

Semoga Allah Subhanahuwata’ala memberikan kepahaman, sehingga kita tidak pernah berputus asa dalam berdoa. Allah-lah yang paling tahu, doa kita yang mana yang akan Dia tunaikan untuk kita di dunia ini. Teruslah berdoa .
Sumber : Kitab Fadhilah Ramadhan.

#Tafakurku, Ya Rabb

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s