Mencari Koper Terkuat: 8 Koper Melalui Uji Coba Perusakan

Posted on Updated on

*Buat Traveller

Mencari Koper Terkuat: 8 Koper Melalui Uji Coba Perusakan

Mencari Koper Terkuat: 8 Koper Melalui Uji Coba Perusakan

Jumat, 21 Februari 2014
Koper harus mati! Kami mengulas 8 koper dalam tes uji ketangguhan untuk membedakan koper yang kuat dan lemah.

Seberapa kuat koper kamu? Skyscanner mengulas perjuangan 8 koper melalui satu rangkaian perusakan untuk membedakan koper yang kuat dari yang lemah.

Skyscanner menguji koper-koper yang populer di masyarakat melalui “Tes Ketangguhan: Koper Harus Mati” alias Koper Must Die. Koper-koper yang dipilih akan mengalami sejumlah tindakan perusakan, mulai dari serangan Sledge Hammer hingga dijatuhkan mobil di atasnya. Saksikan video berikut ini untuk mengetahui jenis koper yang hebat dan koper yang akhirnya menyerah terhadap siksaan.

Tes Ketangguhan dari Skyscanner: Koper Harus Mati

Kami menciptakan empat fase dalam “tes ketangguhan” untuk melihat seberapa besar hukuman yang dapat koper terima sebelum akhirnya rusak. Kami menduga bahwa dengan menjatuhkan sebuah mobil di atas koper-koper ini maka akan menghabisi mereka semua, tetapi betapa terkejutnya kami karena ternyata tiga dari 8 koper berhasil melalui hukuman ini!

Tes 1: Tendangan Sparta

Sebagai simulasi situasi koper jatuh (atau terlempar!) dari bagasi pesawat, kami menjatuhkan setiap koper dari ketinggian sekitar 1,5 m ke tanah.

Tes 2: Serbuan Palu

Koper dapat mengalami pemukulan selama transit, sehingga kami mendelegasikan tugas terhadap Viking Skyscanner kami sendiri untuk memukul  setiap koper dengan menggunakan palu seberat 4.53 kg.

Tes 3: Injakan 

Dalam perjalanan hidup para koper, koper mengalami banyak pengalaman hidup yang berat, seperti ditendang dan diinjak. Oleh karena itu kami meminta Viking kami (yang memiliki berat yang sama dengan beruang polar yaitu 150 kg) untuk berjalan di atas karpet koper-koper.

Tes 4: Tindihan Mobil

OK, memang kemungkinan sebuah mobil jatuh dari langit dan menimpa koper kamu selama perjalanan kamu sangatlah tipis (mudah-mudahan!). Akan tetapi, kami tidak mampu menahan diri untuk tidak mencoba melakukan sedikit aksi pembantaian. Tidak ada satu orang pun dari kami yang berpikir bahwa akan terdapat koper yang dapat bertahan terhadap aksi ini, tetapi kami salah! Di luar sana terdapat koper yang betul-betul tangguh.

Koper Pilihan untuk Diuji

Kami menyeleksi 8 koper yang berbeda, mulai dari yang murah dan berpenampilan ceria Rp 450.000, hingga koper premium Samsonite seharga Rp 6.600.000.

1. Eminent Move Air

Harga: Rp 1.900.000 dari Amazon

Pabrik koper asal Taiwan, yakni Eminent, menyatakan bahwa koper mereka ‘dirancang untuk pengguna dengan banyak tuntutan dan telah diakui di seluruh dunia untuk daya tahan yang panjang’.

  • Kapasitas: 66 liter
  • Dimensi: 68 x 43 x 24 cm
  • Berat: 3.1 kg

Keberfungsian: 4/5

Koper ini memiliki garansi lima tahun, empat roda double-spinner yang kokoh, kombinasi kunci TSA, pegangan plastik teleskopik, dan pegangan di atas dan samping. Bagian dalamnya berlapis dan memiliki kantong dalam dengan zip dan tali.

Tes Ketangguhan: 5/5

Bagaikan cookies Taiwan yang keras! Koper ini terbuat dari Makrolon® polycarbonate yang baru dan menurut Eminent koper ini sangat tahan terhadap tindak perusakan yang ekstrim. Koper ini merupakan satu dari tiga koper yang bertahan meskipun telah dijatuhi sebuah mobil di atasnya! Bahkan koper ini berada dalam kondisi yang masih sangat baik sehingga kami dapat menggunakannya untuk membawa perlengkapan film kembali ke kantor. Kami setuju dengan ketangguhan dari koper ini.

Value for Money: 4/5

Koper yang ringan, fungsional, dan tangguh ini dibuat untuk bertahan lama dan merupakan pilihan yang tepat bagi orang yang sering bepergian dengan pesawat.

2. Karabar K-Bar-310 Medium

Harga: Rp 590.000 dari Amazon

Karabar adalah koper buatan Inggris dengan harga yang murah dan digambarkan sebagai ‘koper yang cerdas, bertahan lama dan inovatif’.

  • Kapasitas: 69 liter
  • Dimensi: 67 x 44 x 27 cm
  • Berat: 3.3 kg

Keberfungsian: 4/5

Koper ini memiliki empat roda single-spinner, kombinasi kunci TSA, pegangan teleskopik, pegangan di bagian atas dan samping, serta garansi selama tiga tahun.

Tes Ketangguhan: 3/5

Para pembuatnya mengatakan bahwa koper ini terbuat dari bahan dengan spesifikasi paling atas dan telah melalui uji kontrol kualitas yang ketat. Koper ini berhasil melalui Sparta Kick Test (dilempar dari ketinggian 1,5 m ke tanah) tetapi rusak pada Stomp Test.

Value for Money: 5/5

Koper ini bukan merupakan yang paling tangguh di antara yang lain tetapi harganya sangat bersahabat (koper kedua yang paling murah dalam tes ini). Koper ini baik dan fungsional dengan harga yang terjangkau.

3. Delsey Helium

Harga: Rp 3.900.000 dari Amazon

Pabrik koper Delsey asal Perancis menjanjikan bahwa koper Helium biru langit mereka adalah ‘yang paling aman’ dan ‘merupakan kombinasi sempurna antara beban yang ringan dan daya tahan yang panjang’.

  • Kapasitas: 101 liter
  • Dimensi: 69 x 47 x 31 cm
  • Berat: 3.2 kg

Keberfungsian: 5/5

Koper ini bergaransi 10 tahun dan memiliki 4 roda single-spinner, kombinasi kunci TSA, pegangan teleskopik, dan pegangan baik di atas maupun samping. Bagian dalam dari koper dilapisi dan memiliki kompartimen dengan zip, kantong dengan zip, dan tali penahan elastis.

Ketangguhan: 5/5

Delsey menyatakan bahwa Helium memiliki ‘daya tahan yang ekstrim’ dan mereka benar. Koper ini bertahan terhadap pukulan palu dari Viking kami. Faktanya adalah Delsey Helium lebih tangguh dari Legiun Perancis. Koper ini merupakan satu dari tiga koper yang berhasil bertahan meskipun telah dijatuhi sebuah mobil dari atas. Apabila koper ini dapat bertahan terhadap ujian ini, maka perlakuan dari pengangkut koper yang terlalu bersemangat tidak akan menjadi masalah.

Value for Money: 4/5

Koper ini bukan merupakan yang termurah di pasaran, tetapi kamu membayar untuk kualitas, gaya, dan keberfungsiannya yang sangat baik. Koper ini merupakan koper yang tangguh.

4. Luggage X 77

Harga: Rp 1.570.000 dari Amazon

Ciri utama yang ingin dijual oleh Koper X adalah koper ini ‘tidak dapat hancur’. Koper yang cukup kokoh ini memang koper terasa tangguh dan dengan kapasitasnya sebesar 127 liter koper ini merupakan yang terbesar dalam pengetesan ini.

  • Kapasitas: 127 liter
  • Tinggi: 77 x 56 x 36 cm
  • Berat: 4.9 kg

Keberfungsian: 4/5

Koper ini bergaransi satu tahun dan memiliki empat roda yang multiarah yang dapat berputar 360 derajat dengan mudah, pegangan yang dapat ditarik kembali dengan tiga posisi penguncian yang berbeda, dua pegangan, dan penutup dengan zip dengan kombinasi kunci TSA. Bagian dalam dari koper ini sepenuhnya dilapisi dengan satin dan memiliki dua kompartimen dengan zip serta tambahan kantong dengan zip untuk perlengkapan pribadi.

Tes Ketangguhan: 5/5

Ketika kami melihat pernyataan dari Luggage X sebagai koper yang ‘tidak dapat hancur’, kami berpikir – kita lihat saja nanti! Akan tetapi pernyataan itu benar. Kami memberikan rangkaian tes ketangguhan terhadap koper yang terbuat dari Polypropylene yang ultra-ringan, yaitu sebuah material yang memiliki resistensi tinggi terhadap beban berat, dan koper ini merupakan salah satu yang berhasil kembali dengan utuh meskipun lecet ke kantor Skyscanner. Koper manapun yang berhasil bertahan meskipun telah dijatuhi mobil dari atas, secara pasti telah mendapatkan penghargaan penuh dari kami.

Value for money: 5/5

Koper ini merupakan juara dengan harga ini. Koper ini tangguh, fungsional, dan memiliki harga yang sangat baik. Sebelumnya kami belum pernah mendengar mengenai Luggage X, tetapi koper ini telah berhasil membuktikan diri sebagai koper yang lebih baik dibandingkan koper dari kompetitor yang lebih dikenal.

5. Antler Talara

Harga: Rp 1.570.000 dari Amazon

Tampaknya koper Antler merupakan koper yang paling bergaya dalam tes ini. Koper dengan desain khas Inggris dan garansi 10 tahun ini menyatakan dirinya sebagai ‘ringan dan dapat bertahan dengan baik terhadap perlakuan yang kasar’.

  • Kapasitas: 63 liter
  • Dimensi: 69 x 45 x 28 cm
  • Berat: 3.6 kg

Keberfungsian: 5/5

Koper ini memiliki empat roda yang dapat berputar 360 derajat dengan mudah, dua pegangan di atas dan samping koper, sistem penguncian troli sentral, pegangan teleskopik yang tampak cukup kokoh, dan sistem kunci gembok TSA untuk keamanan yang lebih baik. Koper ini juga memiliki desain interior yang cantik, bagian dalam seluruhnya dilapisi, dan terdapat kantong yang sangat praktis.

Tes Ketangguhan: 3/5

Koper ini terbuat dari PC/ABS emboss structure ‘yang bertujuan memberikan kekuatan dan  ketahanan’. Koper ini berhasil melalui Tahap 3 (The Stomp Test) meskipun sudah mulai menunjukkan tanda-tanda kerusakan, tetapi pengalaman tertimpa mobillah yang menyebabkan koper ini pada akhirnya hancur dan kusut.

Value for Money: 4/5

Koper ini merupakan koper yang bergaya dan fungsional dengan harga yang sangat baik. Selama kamu tidak menjatuhkan mobil di atasnya, koper ini dapat memenuhi kebutuhan kamu dengan baik dan sesuai untuk perjalanan pada umumnya.

6. Samsonite Cosmolite

Harga: Rp 6.600.000 dari Amazon

Merk asal Amerika Serikat, Samsonite, terkenal atas kualitas kopernya dan Cosmolite menyatakan diri sebagai ‘koper terkuat dan teringan’ oleh karena ‘revolutionary Curv technology’. Koper ini bergaransi 10 tahun.

  • Kapasitas: 88 liter
  • Dimensi: 51.5 x 31 x 74 cm
  • Berat: 3.4 kg

Keberfungsian: 5/5

Koper ini memiliki empat roda yang dapat berputar multi-arah, sebuah pegangan ringan tetapi kokoh yang dilengkapi dengan tombol, pegangan di bagian atas dan samping, kombinasi kunci TSA, dan zip. Koper ini memiliki interior yang terbagi menjadi beberapa bagian dan dilengkapi dengan tali elastis silang untuk menjaga keamanan dari benda-benda yang tersimpan di dalam koper.

Tes Ketangguhan: 4/5

Samsonite menyatakan bahwa Curv adalah ‘salah satu koper terkuat, teringan, dan paling tahan terhadap lecet’ dan perusahaan ini memang terkenal sebagai pembuat koper dengan kualitas yang tinggi. Dalam tes ketangguhan kami, Cosmolite melewatinya dengan baik dan dapat mencapai fase tes terakhir tanpa cedera, akan tetapi koper ini tidak dapat sepenuhnya bertahan dengan beban mobil di atasnya dan berakhir dengan sebuah lubang kecil di bagian samping.

Value for Money: 3/5

Sesuai dengan perkiraan kami, sebagai koper dengan merk terkenal, koper ini merupakan yang termahal di dalam tes ini. Tidak perlu diragukan lagi, koper ini tangguh dan berkualitas tetapi kamu harus membayar banyak untuk memiliki koper ini. Meskipun demikian, pecinta sejati desain dari Samsonite ini tidak akan merasa keberatan untuk melakukannya.

7. Roncato Flexi

Harga: Rp 1.650.000 dari Amazon

Perusahaan Itali Roncato menciptakan sebuah koper dengan gaya cool dan klasik  bernama Flexi. Koper ini cukup berat dengan dua roda yang kokoh dan garansi selama 10 tahun.

  • Kapasitas: 85 liter
  • Dimensi: 68 x 30 x 50 cm
  • Berat: 5.5 kg

Keberfungsian: 5/5

Koper ini memilki kunci kombinasi (bukan TSA) di bagian samping dan di bagian atas serta bawah dapat dikunci. Pegangan teleskopik dari koper ini terasa sangat kuat dan terbuat dari bahan metal. Pegangan terletak di bagian atas dan samping dari koper. Di bagian dalam terdapat tali elastis, kompartimen yang terbagi ke dalam beberapa bagian dan dengan jala, serta kantong untuk benda pribadi, dan kantong lain yang dapat dilepas.

Tes Ketangguhan: 3/5

Koper ini terbuat dari Polypropylene yang kuat. Dari semua koper, bahan ini tampak sebagai yang terkuat karena kaku dan berat. Akan tetapi kekakuan dan berat inilah yang menjadi kelemahannya. Pada tes pertama kami (The Sparta Kick) zip koper mengalami kerusakan. Ironisnya adalah koper ini tidak memiliki fleksibilitas seperti yang dimiliki oleh koper lain padahal koper ini bernama ‘Flexi’ dan fakta dari tes terakhir memperlihatkan bahwa koper ini hampir lenyap setelah tertimpa mobil;  terbagi-bagi menjadi sejumlah potongan.

Value for Money: 4/5

Koper ini memiliki harga yang baik dan fungsional. Koper ini merupakan yang paling kaku (tetapi paling berat) dengan potensi kelemahan, tetapi koper ini tampil dengan gaya Itali yang lengkap.

8. Borderline Trolley Case

Harga: Rp 450.000 di Amazon

Koper ini merupakan koper termurah dalam tes kami. Apabila dibandingkan dengan koper lain, koper ini terasa lemah dan memiliki perputaran roda yang kurang stabil. Bagaimana pun, harganya hanya Rp 450.000!

  • Kapasitas: 62 liter
  • Dimensi: 61 x 45 x 23 cm
  • Berat: 2.8 kg

Keberfungsian: 3/5

Bagian dalam dari koper ini sepenuhnya dilapisi, memiliki tali koper, dan beberapa kompartimen dengan zip. Koper ini ditutup dengan menggunakan zip serta mekanisme penguncian dan gembok.

Tes Ketangguhan: 2/5

Berdasarkan keterangan dari pembuatnya, koper ini terbuat dari ‘plastik keras ABS yang tahan lama dan ringan’. Namun demikian, keempat roda dan pegangan tidak terlalu tampak tahan lama. Dalam tes ketangguhan kami, koper ini masih bertahan pada tahap dua, mengalami keretakan pada Stomp Test, dan berakhir hancur total pada Car Drop Test.

Value for Money: 4/5

Koper ini bukan merupakan koper yang tangguh. Akan tetapi dengan harganya yang murah, kita tidak akan berekspektasi koper ini akan memiliki ketangguhan yang baik. Apabila kamu membutuhkan koper yang kecil dan ringan untuk bepergian di akhir pekan, maka koper murah dan ceria ini dapat menjadi pilihan. Namun, apabila kamu adalah seseorang yang sering bepergian ke seluruh dunia dan mencari sebuah koper yang akan bertahan lama maka koper ini bukanlah koper yang sesuai untuk kamu.

… Dan Para Koper yang berhasil keluar dengan selamat

Babak belur tetapi tidak hancur: ketiga koper ini (Eminent, Delsey, dan Luggage X) bertahan meskipun telah dijatuhi sebuah mobil dari atas.

Bonus: Ingin melihat koper lain terbunuh oleh mobil? Saksikan videonya di sini.

source : www.skyscanner.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s