Akhirnya Garuda Muda menang lawan Harimau Muda Malaya

Posted on

Perhelatan SEA GAMES Myanmar 2013 kali ini, memasuki edisi XXVII. Sejak 2001 Timnas Garuda tidak pernah mengalahkan Harimau Malaya. Pertandingan kemarin malam, sangat menguras energi, adu taktik, skill dan mental tersaji sejak pluit menit pertama dibunyikan. Jauh hari coach RD sudah mewanti-wanti bahwa sebenarnya melawan Timnas Harimau Malaya adalah pertarungan mental. Timnas selalu kalah sebelum bertanding, sejarah pertemuan kedua tim pun ikut membuat mental timnas menjadi down.

Pertandingan pertama melawan Kamboja menjadi tolok ukur, Timnas bermain tanpa pola, kurang trengginas dibanding Timnas U19. Banyak yang maklumi karena ini pertandingan pertama, namun saat melawan Thailand dan Timor Leste pun permainan Timnas pun tidak berubah. Tak sedikit (temasuk saya) pesimis Timnas akan melaju ke semi final.

Coach RD pun melakukan perubahan dalam taktik tersebut, Andri Ibo yang berposisi sebagai Center Back duet bersama Manahati Lestusen digantikan oleh Syaefuddin, Ramdhani Lestaluhu dan Bayu Gatra diturunkan  secara bersamaan. Hasilnya, satu akselerasi Alfin Tuasalamony menghasilkan Pinalty Kick untuk Timnas. Eksekusi dingin yang diambil sendiri Alfin. Hasilnya goal buat Timnas. Hasil ini tidak berubah sampai pluit akhir dibunyikan. Berbarengan dengan itu, Timnas pun melenggang ke semi final. Beberapa jam kemudian, hasil pertandingan yang lain Harimau Malaya mengatasi Timnas Vietnam, mengantar mereka bertemu kembali Timnas Garuda.

Pada semi final kali ini, bursa taruhan lebih mengunggulkan Harimau Malaya dibanding Indonesia, selain rekor pertemuan mereka, dalam edisi terakhir Timnas Garuda juga takluk terhadap Harimau Malaya. Tidak ada perubahan dalam susunan pemain kecuali Egi Melgiansyah yang diturunkan sedari awal karena Dedi Kusnandar akumulasi kartu. Dalam 45 menit pertama permainan Timnas cukup menjanjikan, pada menit 33 berawal dari penetrasi Bayu Gatra, umpan satu dua dengan Fandi Eko Utomo (anak dari Eks Bintang Timnas Yusuf Ekodono) di dalam kotak 12, dengan mudah Bayu Gatra menceploskan si kulit bundar. Malaysia 0-1 Indonesia.

Pada babak kedua, lampu mati di kawasa Balikpapan Baru, adanya pemadaman PLN (lagi-lagi Perusahaan Lilin Negara berulah). Menit ke-85, berawal dari sepak pojok, Thamil menyamakan skor menjadi  1-1, hingga akhir babak II, skor tidak berubah. Perpanjangan waktu dilakukan, rupanya PLN masih belum mengalirkan listrik, hufff. Akhirnya adu tos-tosan terjadi untuk menentukan siapa yang layak masuk final, rupanya PLN masih padam, selain berita di detik saya pun meminta teman2 untuk update skor via BBM. Nah, sebenarnya di adu pinalty ini, Timnas tidak pernah menang melawan Malaysia. Skor 5-4 menjadi penutup manis sepakan keras Pahabol di  pojok kanan gawang mengantar Timnas Garuda ke final untuk berhadapan dengan Thailand.

Ada pameo dikalangan penikmat sepak bola bahwa “Timnas Garuda boleh kalah lawan tim manapun, asal jangan sampai kalah lawan Timnas Harimau Malaya”.

Indonesia : Kurnia Meiga, Afin, Manahati, Syaiffudin, Diego, Rizky Pellu, Egi (Alom 58), Bayu Gatra, Ramdani (Andik 77) (Pahabol 101), Fandi, Yandi

Malaysia : Izham, Fadhli, Zubir, Shahrul, Azrif, Saarvindran (Izzaq Faris 85), Irfan, Nasir (Faiz 65), Nazirul (Rozaimi 59), Ambumamee, Hazwan

Berikut Head-to-head Indonesia Vs Malaysia di SEA Games:
2011: Indonesia 1-1 (penalti 3-4) Malaysia (final)
Indonesia 0-1 Malaysia (fase grup)
2005: Indonesia 0-1 Malaysia (perebutan perunggu)
2001: Indonesia 1-2 Malaysia (fase grup)
1999: Indonesia 6-0 Malaysia (fase grup)
1997: Indonesia 4-0 Malaysia (fase grup)
1995: Indonesia 3-0 Malaysia (fase grup)
1991: Indonesia 2-0 Malaysia (fase grup)
1989: Indonesia 0-2 Malaysia (fase grup)
1987: Indonesia 1-0 Malaysia (final, extra time)
1985: Indonesia 0-1 Malaysia (perebutan perunggu)
1979: Indonesia 0-1 Malaysia (final)
Indonesia 0-0 Malaysia (fase grup)
1977: Indonesia 2-1 Malaysia (fase grup)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s