Istilah dalam Dunia Perminyakan (bag. 1)

Posted on Updated on

Istilah dalam dunia perminyakan

A.
Abandon
Menghentikan pengusahaan minyak atau gas dari suatu sumur dengan cara menyumbat formasi, baik yangmenghasilkan ataupun yang tidakmenghasilkan; peralatan yang dapat dicabut atau dilepas diambil kembali.
Abandoned oil
Minyak yang hilang terhambur dari tangki atau instalasi penampungan produksi lapangan dalam batas toleransi.
Abandoned well
Sumur yang ditinggalkan untuk selamanya karena berbagai alasan dengan menyumbatnya dengan semen.(lihat juga:abandon, to)
Abel tester
Alat uji baku yang digunakan di laboratorium untuk mengukur titik nyala minyak tanah (kerosin) dan fraksi minyak bumi lainnya yang titik nyalanya kurang dari 120 derajat Fahrenheit.
Abiogenic theory
Teori pembentukan hidrokarbon yang menyatakan bahwa gas bumi terbentuk dari proses anorganik, misalnya gas metana adalah produk proses termal dari minyak bumi yang terperangkap di bawah permukaan. (Lihat juga: biogenic theory)
Abiotic theory
Lihat: abiogenic theory
Abnormal (subsurface) pressure
Tekanan formasi pada kedalaman tertentu yang lebih tinggi atau lebih rendah dari tekanan normal; gradien tekanan normal adalah 0,465 psi per kaki kedalaman; tekanan normal pada kedalaman 10.000 kaki adalah 4650 psi
Abrasion platform
Permukaan pantai yang terbentuk akibat pengikisan oleh ombak, yang masih tetap berlangsung dan masih berada pada posisi semula, yaitu di sekitas garis pasang-surut.
Absolute Age (umur absolute)
Umur, dinyatakan dalam jumlah tahun, yang mengacu pada kejadian Geologi, dan ditentukan berdasarkan pengukuran laju peluruhan radioaktif, Rasio isotop, dan pembentukan mineral atau batuan.
Absolute Alcohol (alkohol absolute)
Alkohol berkadar 100%; umumnya diterapkan pada etil alkohol atau metal Alkohol.
Absolute Date (umur mutlak)
Waktu, dinyatakan dalam tahun yang dihitung dari suatu rujukan dengan Sistem yang terpercaya.
Absolute Permeability (permeabilitas absolut; ketelusan absolute)
Kemampuan batuan untuk melewatkan Satu jenis fluida (air, minyak atau gas) melalui sarangan (pori-pori).
Absolute Temperature (suhu absolut)
Suhu yang titik nolnya adalah keadaan tanpa kalor dan setara dengan -459,72 Derajat F atau -273,18 derajat C. Untuk mengubah suhu Fahrenheit atau Celsius ke suhu absolut, ditambahkan 459,72 pada suhu Fahrenheit atau 273,18 pada suhu Celsius.
Absolute Viscosity (viskositas absolut)
Ukuran kekentalan fluida yang menunjukkan gaya yang menggerakkan bidang dasar seluas 1 cm2 dengan kecepatan 1 cm per detik terhadap bidang datar yang sejajar yang Dipisahkan oleh lapisan fluida setebal 1 cm; dinyatakan dengan 1 dine detik Per cm2 yang juga disebut poise.
Absolute Zero (nol absolut)
Suhu hipotetis pada keadaan tanpa kalor.(lihat juga: absolute temperature)
Absorb, to
Memisahkan fraksi berat dan fraksi ringan yang terdapat di dalam campuran hidrokarbon (misalnya minyak bumi, gas bumi, gas kilang) dengan cara memanfaatkan perbedaan daya penetrasi fraksi-fraksi itu di dalam zat penyerap.
Absorber
Bejana silindris yang fungsinya memisahkan fraksi-fraksi berat dari campuran hidrokarbon yang terutama mengandung fraksi-fraksi ringan, dengan menggunakan prinsip penguapan.
Absorption
Proses menyerap suatu zat oleh lain. Contohnya spons yang menyerap air, minyak yang menyerap bensin dan gas-bumi basah.
Absorption coefficient
1.Volume gas, diukur pada suhu dan tekanan normal, yang dapat dilarutkan ke dalam satu satuan volume cairan pada tekanan satu atmosfer.
2. Rasio konsentrasi gas dalam fase cair terhadap konsentrasinya dalam fase gas.
Absorption gasoline
Bensin yang dihasilkan dari gas bumi atau gas kilang yang disentuhkan dengan sejenis minyak sehingga bensin larut di dalam minyak tersebut; selanjutnya bensin tersebut diperoleh kembali dengan distilasi.
Absorption oil
Jenis minyak yang digunakan untuk melarutkan/mengekstraksi bensin dari gas bumi.
Absorption plant
Pabrik untuk mendapatkan bagian gas bumi atau gas kilang yang mudah diembunkan dengan cara menyerapkannya ke dalam minyak penyerap lalu dipisahkan ke dalam fraksi-fraksi.
Absorption process (gasoline)
Metode pemisahan bensin yang terembunkan yang terdapat dalam gas bumi untuk menghasilkan bensin alam.
Absorption spectrometer
Alat pengukur energi penyinaran yang diserap suatu percontoh dengan cara mengukur trayek spektrum titik demi titik.
Absorption tower
(Lihat : absorber) kolom penyerap.
Abundance ratio
Perbandingan antara banyaknya atom satu jenis isotop dengan jumlah keseluruhan atom di dalam suatu campuran isotop.
Abyss
Daerah hidrosfer yang tak tertembus cahaya matahari, yang kedalamannya dapat mencapai 2000 meter atau lebih di lautan dan 300 meter atau lebih di danau.
Abyssal plains (marine)
Bagian dasar samudra yang datar dengan gradien kurang dari 1 m / 1 km dan kedalaman antara 3000 dan 6000 meter, umumnya ditempati oleh sedimen tidak padat.
Accelerator (akselerator)
1.Zat yang mempercepat reaksi, biasanya dengan berfungsi sebagai Katalis, seperti belerang dalam vulkanisasi karet.
2. Perlengkapan kendaraan bermotor untuk meningkatkan kecepatan sesuai dengan keinginan pengemudi; salah satu contoh ialah katup pengatur campuran bahan bakar/udara yang di dalam mobil digerakkan dengan pedal.
Accelerator Jet (jet akselerator)
Injektor untuk menyemprotkan bensin ke dalam udara di dalam karborator kendaraan bermotor guna meningkatkan daya secara cepat.
Acceptance test
Pengujian minyak lumas yang harus dilalui dengan berhasil baik, agar dapat memenuhi persyaratan spesifikasi militer AS.
Accretion
Pembentukan daratan secara bertahap dalam kurun waktu yang lama karena pengendapan sedimen oleh air dan/atau angin di pantai, alur sungai atau medan gumuk.
Accretionary Limestone
Batu gamping yang terbentuk akibat penumpukan sisa-sisa organisme, seperti koral atau kulit kerang secara perlahan-lahan.
Accumulator
Bejana atau tangki penerima dan penyimpan sementara suatu cairan yang dipakai dalam suatu proses yang bersinambung di suatu pabrik; misalnya, minyak serap dapat disimpan dalam bejana ini sebelum dimasukkan kembali ke dalam kolom penyerap; di unit pengeboran, bejana itu menyimpan cairan hidraulik dengan gas tekan nitrogen atau udara guna menutup pencegah semburan liar dalam keadaan darurat.
Acetone-benzol process
Proses pengawalilinan dengan menggunakan aseton dan benzol sebagai pelarut.
Acid clay
Lempung yang diaktifkan dengan asam dan dipergunakan terutama sebagai pengawawarna atau bahan pembersih, dan kadang-kadang sebagai pengabelerang, penggumpal atau katalis.
Acid fracturing
Proses membuka dan memperbesar retakan di dalam formasi karbonat produktif dengan menggunakan minyak dan disusul dengan asam pada tekanan tinggi.
Acid gas removal
Pembersihan gas dari gas-gas yang bersifat asam seperti sulfur dioksida dan karbon dioksida.
Acid heat test
Pengujian produk minyak bumi dengan jalan mengukur kenaikan suhu sebagai akibat ditambahkannya asam sulfat ke dalam minyak bumi itu dalam kondisi yang terkendali.
Acid number
Besaran yang menunjukkan tingkat keasaman organik dari produk minyak; biasanya dinyatakan dalam mg KOH/g.
Acid rain
Hujan yang bersifat korosif yang timbul akibat uap air di atrmosfer tercampur dengan oksida-oksida seperti oksida belerang (SO2) dan oksida nitrogen (NO) yang berasal dari gas limbah industri.
Acid rock
Batuan beku yang mengandung kadar silika yang tinggi; dibedakan dari batuan basa, karena mengandung lebih dari 60 persen silikon dioksida.
Acid sites
Bagian katalis yang bersifat asam, yang dapat bereaksi dengan basa seperti amonia atau piridina, dan berperan aktif dalam melancarkan reaksi kimia.
Acid Sludge (lumpur – minyak asam)
Zat kental hitam dan yang mengandung sisa asam dan kotoran; merupakan endapan (sisa) yang tertinggal setelah proses pemurnian minyak dengan asam sulfat untuk membuang kotoran minyak.
Acid treating
Proses membasuh hasil minyak seperti bensin, nafta, minyak tanah, minyak bakar, minyak diesel dan minyak lumas, dengan asam sulfat untuk memperbaiki warna dan baunya.
Acid value
Bilangan yang menunjukkan banyaknya asam lemak yang belum menjadi ester di dalam percontoh lemak atau minyak lemak sebagaimana ditentukan dengan cara titrasi.
Acidity
Banyaknya asam bebas yang terdapat di dalam suatu bahan.
Acidizing
Proses memasukkan asam ke dalam formasi gampingan yang mengandung minyak dan gas bumi untuk memperbaiki permeabilitas agar memudahkan pengaliran minyak dan gas bumi ke dalam lubang sumur.
Acoustic log
Rekaman perubahan kecepatan akustik terhadap kedalaman sumur.
Acoustic survey
Lihat: sonic logging
Acoustic transponder
Alat untuk memandu unit pengeboran agar bergeser ke posisi yang tepat; terdiri atas pemancar-penerima yang memancarkan sinyal bunyi dengan frekuensi tertentu bila menerima sinyal pemicu yang tepat.
Acoustical materials
Bahan yang karena sifat akustiknya digunakan sebagai alat bantu pendengaran atau peredam suara/kebisingan.
Acrylic fibers
Kelompok serat sintetik yang dihasilkan oleh reaksi akrilonitril dengan senyawa kimia lain; mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan dengan serat alam; banyak digunakan dalam pertekstilan.
Activated carbon
karbon amorf berbentuk serbuk, butiran, atau pelet yang berpori sangat banyak, sehingga luas permukaannya sangat besar untuk setiap satuan volume.
Activated sludge process
Proses perlakuan terhadap lumpur yang berasal dari endapan dasar tangki minyak atau sumber lain dengan mikroba yang memanfaatkan zat organik dalam lumpur sebagai nutrisi dan mengubahnya menjadi karbon dioksida, air, sel organik, dan energi.
Activation energy
Energi yang diperlukan untuk memulai berlangsungnya reaksi molekul.
Active matrix
Bahan dasar yang berperan aktif sebagai katalis. (lihat juga: active site)
Active site
Lokasi pada permukaan katalis tempat reaksi berlangsung. (lihat juga: acid sites)
Additive (aditif):
Zat atau senyawaan yang ditambahkan dalam jumlah kecil ke dalam zat lain untuk mengubah beberapa karakteristik zat lain tersebut supaya memiliki sifat-sifat yang diinginkan; pada industri minyak, digunakan antara lain untuk minyak lumas, bahan bakar minyak, produk petrokimia, lumpur pengeboran, bahan penyemenan, dan bahan pengasaman.
Additive level
Persentase keseluruhan aditif yang terkandung di dalam suatu bahan (lihat juga: additive)
Additive property
Sifat kimia atau fisika suatu campuran yang dapat dihitung dari rata-rata aritmetik sifat tiap komponen campuran atas dasar massa atau volume.
Adherence
Kontak yang tidak terhalang (misal oleh pelumas) antara dua permukaan benda padat yang mengalami gerak relatif terhadap satu sama lain.
Adhesion
Gaya tarik menarik antara dua permukaan yang bersinggungan.
Adhesion coefficient
Lihat: coeffision of adhesion
Adhesion, mechanical
Adhesi yang dihasilkan hanya oleh ketidakrataan dua permukaan yang bersinggungan.
Adhesive force
Lihat: adhesion
Adhesive wear
Kerusakan permukaan akibat perpindahan material antara dua permukaan yang mengalami gerakan relatif; disebabkan oleh proses pengelasan fase padat.
Adiabatic lapse rate
Laju perubahan temperatur terhadap ketinggian di atmosfer pada kondisi adiabatik.
ADO (Automotive Diesel Oil ((minyak) solar)
Jenis bahan bakar minyak untuk mesin diesel putaran tinggi.
Adsorption
Penempelan molekul gas atau zat yang terlarut pada permukaan benda padat yang menyebabkan terjadinya konsentrasi gas atau larutan yang relatif tinggi pada daerah kontak.
Aeration
Pencampuran udara atau gas lain ke dalam lumpur pengeboran untuk mengurangi tekanan hidrostatik lumpur.
Aeration tank
Tangki tempat menginjeksikan udara ke dalam air.
Aerosol (aerosol)
Partikel halus benda padat atau cair yang melayang dalam udara atau gas; contohnya, asap uap, atau kabut.
After-burner
Alat pembakar gas buang dari proses pembakaran, untuk membersihkan gas buang dari hasil pembakaran yang tidak sempurna seperti partikel karbon, karbon monoksida, hidrokarbon.
Afterburning
Pembakaran karbon monoksida atau pembakaran partikel kokas yang terbawa arus, atau keduanya, di dalam regenerator katalik.
Age
Suatu jangka waktu sejarah bumi yang dicirikan oleh bentuk kehidupan yang penting atau dominan, atau kejadian tertentu, misalnya zaman ikan, zaman mamalia,zaman es; dapat juga mengacu ke posisi dalam skala waktu geologi yang dinyatakan dalam tahun.
Age dating
Menetapkan umur absolut batuan secara radiometrik.(lihat juga: absolute age)
Agglomerate (geology)
Batuan piroklastik dengan ukuran butir lebih besar dari 32 mm, bersudut atau setengah bersudut; pada dasarnya adalah breksi volkanik yang dijumpai di dalam atau dekat lubang kepundan.
Aggradation (geology)
1. Penambahan tinggi permukaan laut karena pengendapan sedimen akibat pengisian alamiah dari muara anak sungai pada tempat-tempat berarus lemah.
2. Penimbunan sedimen akibatpengisian alamiah dari muara anak sungai pada tempat yang arusnya lemah.
Aggrade (geology)
Endapan sedimen pada dasar sungai atau dasar lembah.
Aggregate
Lumpur bor yang menyatu dan menjadi lebih padat karena ditambahi bahan penggumpal.
Agitator
Peralatan yang terdiri atas tangki, alat putar mekanis atau pancaran udara tekan untuk mengaduk komponen-komponen agar tercampur denga baik.
Air cutting
Tercampurnya udara ke dalam sistem fluida sumur.
Air gun
Alat pemancar pulsa udara tekan dengan frekuensi bunyi; digunakan dalam eksplorasi seismik dan perekaman akustik.
Air lock
Terhentinya aliran zat cair pada pemompaan karena kemasukan udara di bagian pengisapan.
Air pollution
Konsentrasi berlebihan bahan-bahan asing di udara yang menimbulkan gangguan terhadap kehidupan manusia, atau kerusakan terhadap lingkungan.
Air sweetening
Proses oksidasi senyawa belerang dengan meniupkan udara atau oksigen.
Air-blown asphalt
Aspal yang dihasilkan dengan meniupkan udara ke dalam minyak residu atau minyak mineral yang sejenis, pada suhu yang agak tinggi.
Algal limestone
Batu gamping yang sebagian besar terdiri atas kalsium karbonat dan lumut.
Aliphatic Hydrocarbon
Hidrokarbon dengan struktur rantai terbuka seperti etana, butana, oktana, butena, dan asetilena.
Alkali treatment
Lihat: causit wash
Alkylate
Hidrokarbon hasil proses alkilasi.
Alkylate bottoms
Residu yang tersisa pada proses fraksionasi alkilat; mendidih pada suhu lebih tinggi dari avgas (bensin pesawat terbang).
Alkylation
Proses penggabungan hidrokarbon isoparafin dengan hidrokarbon isoparafin lainnya secara kimia menjadi alkilat yang mempunyai nilai oktana tinggi; alkilat yang dicampur dengan bensin dan avgas memperbaiki nilai antiketuk bahan bakar.
Allochem
Sedimen laut yang terbentuk oleh pengendapan secara kimia atau biokimia, mencakup intraklas, fosil dan gentel.
Allochton
Massa batuan yang ditemukan di suatu tempat pada jarak tertentu dari tempat asalnya akibat sesar anjak atau longsor.
Allochtonous
Batuan yang komponen dominannya tidak terbentuk di tempat.
Allogenic
Sifat komponen batuan atau sedimen yang terbentuk pada waktu dan tempat berbeda, seperti kerakal dalam konglomerat.
Alluvial fan
1. Bagian dasar suatu delta, kumpulan jejak sedimentasi yang terjadi karena arus sedimen yang bergerak dari daerah yang curam ke daerah yang landai dan kehilangan daya angkutnya secara mendadak.
2. Bagian darat yang berbentuk kipas yang terbentuk karena pengendapan pada waktu air yang mengalir dari daerah yang tinggi mencapai daerah rendah dan datar.
Alluvium
Semua endapan detrital yang terbentuk karena aliran sungai yang membawa sedimen mengendapkannya di dasar sungai, dataran banjir, danau, kipas pada kaki dan lereng pengunungan, dan muara sungai; tidak kompak atau mempunyai ukuran butir yang berkisar dari lempung sampai kerikil, umumnya terpilah buruk dan mempunyai sifat fluviatal.
Alternative Fuel (bahan bakar alternatif (BBA)):
Bahan bakar pengganti bensin atau solar yang bukan berasal dari minyak bumi.
Aluminium oleate
Senyawaan menyerupai sabun hasil reaksi aluminium dan asam oleat yang dimasukkan ke dalam minyak lumas dan gemuk untuk meningkatkan kekentalannya.
Aluminium-base grease
Gemuk pelumas yang dibuat dari fraksi minyak bumi yang sesuai yang dikentalkan dengan aluminium stearat atau sabun aluminium lainnya.
Aluminum chloride treating
Proses perbaikan warna dan bau nafta hasil perengkahan uap dengan menggunakan katalis aluminum klorida(AlCl3)
Ambient noise
Kebisingan yang menjadi ciri di suatu lingkungan.
Ambient temperature
Suhu fluida tempat benda atau sistem berada.
API American Petroleum Institute (Institut Perminyakan Amerika):
Lembaga profesional nonpemerintah yang menyusun pedoman-pedoman teknis yang digunakan di industri migas.
American Society for Testing and Material
Himpunan profesional non-pemerintah yang mengkhususkan diri di bidang pengujian bahan, metode uji ASTM banyak digunakan di industri minyak sebagai metode baku.
Amplitude versus offset
Variasi amplitudo gelombang seismik refleksi terhadap jarak antara sumber dan penerima; merupakan salah satu metode yang digunakan sebagai indikator keberadaan gas.
Amygdaloidal basalts
Lava kehitaman berpori yang terisi oleh mineral lain, umumnya kuarsa, kalsit, dan zeolit.
Anaeorobic sediment
Sedimen berkadar organik tinggi, yang kaya akan hidrogen sulfida dan terbentuk tanpa oksigen bebas; merupakan ciri beberapa fyord dan cekungan laut yang tidak mengalamai sirkulasi atau pencampuran air dasar lautan.
Anaerobic bacteria
Miroba yang dapat hidup tanpa adanya oksigen bebas.
Anchor buoy
Satu diantara seperangkat pelampung yang menandai batas penjangkaran.
Anchor, deadline tiedown
Tambatan ujung kabel mati pada substruktur atau landasan menara.
Andesite line
Batas geografi-petrografi antara kelompok batuan bersifat basal dan kelompok batuan bersifat andesit di cekungan Pasifik.
Angle of attack
Sudut antara arah gerakan partikel padat atau cairan (misalnya pelumas) yang menumbuk suatu permukaan dan garis singgung permukaan itu pada titik tumbukan.
Angle of contact
Sudut antara bidang yang tegak lurus terhadap sumbu bantalan bola dan garis yang ditarik melalui titik-titik singgung bola dengan cincin dalam dan cicin luar bantalan itu.
Angle of incidence
Sudut antara arah gerakan partikel padat atau cairan (misalnya pelumas) yang menumbuk suatu permukaan dan bidang yang tegak lurus terhadap permukaan itu pada titik tumbuk.
Angle of reflection 1
Sudut yang terbentuk antara garis tegak lurus pada permukaan bidang pantul dan arah gelombang energi yang dipantulkan.
Angle of reflection 2
Sudut yang terbentuk antara garis tegak lurus pada permukaan bidang bias dan arah gelombang energi yang dibiaskan.
Angular unconformity
Ketakselarasan antara lapisan batuan berumur muda dan lapisan batuan berumur lebih tua dengan kemiringan yang berbeda; biasanya yang lebih tua lebih besar kemiringannya daripada yang lebih muda.
Angular-contact bearing
Bantalan bola jenis beralur yang dirancang sedemikian rupa agar pada saat tanpa beban, garis melalui jalur kontak-luar dan kontak-dalam bola itu membentuk sudut lancip dengan bidang yang tegak lurus terhadap sumbu bantalan.
Anhydrous
Keadaan bahan yang telah kehilangan kandungan airnya.
Annular bearing
Bantalan jenis gelinding, berbentuk silinder pendek, pendukung poros yang mengalami beban radial.
Annular pressure loss
Tekanan di dalam anulus yang diperlukan untuk memompakan fluida pengeboran dari dasar lubang sumur ke permukaan. (Lihat Juga: equivalent circulating density)
Annular space
Lihat: annulus
Annular velocity
Kecepatan fluida bergerak di dalam ruang anulus; biasanya dinyatakan dalam meter per menit.
Annulus
Ruang antara dua dinding silinder yang garis tengahnya berbeda.
Anomaly
Penyimpangan dari keseragaman sifat fisis suatu daerah, terutama untuk kepentingan eksplorasi; contohnya, anomali Bourguer.
Anticlinal theory
Teori tentang akumulasi minyak, gas dan air pada lapisan cembung dalam tatanan tertentu (air paling bawah) asalkan strukturnya mengandung batuan reservoar, yang berhubungan dengan batuan induk, dan ditutupi batuan tudung.
Anticlinal trap
Lapisan dalam struktur antiklin tempat akumulasi hidrokarbon.
Anticline
Konfigurasi geologis yang lapisanlapisan batuan sedimennya terlipat dan membentuk struktur yang cembung.
Anticlinorium
Gugusan antiklin yang meliputi daerah yang sangat luas.
Anticorrosive additive
Aditif yang digunakan untuk mengurangi terjadinya korosi.
Antifoam Additive (aditif antibusa)
Aditif yang digunakan untuk mengurangi atau mencegah pembentukan busa.
Antifoaming agent
Zat yang mencegah menumpuknya gelembung di permukaan cairan dengan menurunkan tegangan permukaan; misalnya silikon, fosfat organik, dan alkohol.
Antifriction bearing
Bantalan yang berisi pelumas padat untuk mencegah gesekan.
Antifriction material
Bahan yang menpunyai gaya gesek rendah sehingga tidak memerlukan pelumasan tambahan; digunakan antara lain pada bantalan peluru swalumas.
Antiknock (antiketuk)
Hambatan terhadap terjadinya pembakaran tidak normal yang menyebabkan ketukan dalam motor bensin.
Antiknock Agent (aditif antiketuk)
Bahan yang dibubuhkan ke dalam bensin untuk menghalangi kecenderungan ketukan motor. (Lihat Juga: antiknock compound)
Antiknock Compound (senyawaan antiketuk)
Senyawaan kimia, misalanya timbel Tetraetil, yang apabila ditambahkan dalam Jumlah kecil pada bahan bakar motor, Cenderung menurunkan intensitas Ketukan (detonasi); senyawaan tersebut Secara efektif meningkatkan angka Oktana bahan bakar.
Antiknock fluid
Campuran senyawa kimia yang mengandung timbel tetraetil dan / atau timbel tetrametil sebagai bahan antiketuk dan etilena diklorida dan/ atau etilena dibromida sebagai bahan untuk menyapu bersih senyawa timbel yang terbentuk di dalam ruang bakar.
Antiknock index
Nilai rata-rata angka octana riset dan angka oktana motor; digunakan sebagai ukuran kualitas oktana bensin. (lihat juga: posted octane number)
Antiknock value
Lihat: octane number
Antiknocking agent
Lihat: antiknock compound
Antioxidant
Bahan kimia yang ditambahkan kepada bahan atau produk lain untuk menghambat berlangsungnya oksidasi.
Antiscuffing lubricant
Pelumas dengan formulasi khusus untuk mencegah terjadinya pelecetan.
Antistripping
Aditif yang ditambahkan pada aspal untuk meningkatkan daya lengketnya pada permukaan basah; ada yang mengubah tegangan antarmuka bitumen-batu atau bitumen-air, ada pula yang membentuk selaput antarmuka yang padat yang dapat mencegah terbentuknya sudut singgung kritis
Apex
Ujung hidrosiklon atau alat lain yang berbentuk kerucut.
Apex valve
Katup pada ujung kerucut suatu alat.
API (American Petroleum Institute)
Lihat: American Petroleum Institute
API engine service classification system (sistem klasifikasi minyak lumas API)
Klasifikasi dan penamaan minyak lumas motor otomotif menurut ketentuan API yang digunakan untuk penggologan minyak lumas sesuai dengan jenis mesin dan kondisi operasinya (misalnya:CD,CE, atau SE,SF,dan sebagainya).
API grafity APMS (berat jenis APIAgen Premium Minyak Solar)
Berat jenis minyak yang dinyatakan dalam satuan derajat API; hubungan antara derajat API dengan beras jenis pada 60 F/60 F dapat dinyatakan dengan rumus : API = 145/berat jenis 60 F/60 F – 131,5agen yang ditunjuk untuk memenuhi kebutuhan premium dan minyak solar untuk umum yang lokasinya tidak dapat dilalui oleh mobil tangki secara layak atau berada di seberang sungai/laut.
Appraisal well (sumur kajian)
Kelompok sumur pertama yang akan dibor setelah ditemukannya minyak dan gas bumi dengan tujuan menetapkan batas reservoir minyak dan gas bumi, produktivitas sumur, serta ciri minyak dan gas bumi di daerah tersebut.
Aquiclude
Badan batuan yang relatif impermeabel yang mampu menyerap air secara pelan, tetapi tidak dapat mengalirkannya cukup cepat untuk mencatu suatu sumur atau mata air. (lihat juga : aquifer)
Aquifer
Bagian reservoir yang mengandung air yang menjadi tenaga pendorong minyak.
Aquifer system
Badan batuan yang terdiri atas batuan permeabel berselang – seling dengan batuan yang kurang permeabel; berfungsi sebagai sumber air pada kawasan regional (lihat juga: aquifer)
Aquifuge
Badan batuan yang impermeabel karena pori-porinya tidak saling berhubungan sehingga tidak dapat menyerap atau mengalirkan air.
Aquitard
Lapisan pembendung yang memperlambat, tetapi tidak menghalangi aliran air antara dua akuifer yang berdampingan.
Arenaceous
Batuan yang mengandung pasir.
Argillaceous
Batuan yang mengandung banyak lempung.
Argillite
Batuan sedimen tak berbelahan, lebih keras dan lebih padat daripada serpih, yang menyerupai serpih baik dalam bentuk asal maupun dalam kandungan mineral dan penampilan umumnya.
Argon potassium method
Metode penarikhan umur dengan radiometri berdasarkan pengukuran peluruhan radioaktif kalium menjadi argon.
Arkose
Batu pasir berkomposisi mirip dengan granit dan berasal dari granit; sebagian besar terdiri atas felspar dan kuarsa, menyerupai granit apabila tersemen dengan baik.
Aromatic hydrocarbons
Golongan hidrokarbon siklik dari keluarga benzena, disebut aromatik karena turunannya banyak yang beraroma khas; mempunyai berat jenis relatif tinggi, dan mempunyai sifat antiketuk dan sifat pelarut yang baik.
Aromatics
Lihat : aromatic hydrocarbons
Aromatization
Pembentukan hidrokarbon aromatik dari hidrokarbon non-aromatik dengan mengubah susunan rantai atom karbon yang terbuka menjadi bentuk cincin dengan dehidrogenasi.
Articulated platform
Anjungan yang dijangkarkan ke dalam laut dan dilengkapi dengan sambungan universal sehingga dapat bergoyang mengikuti ombak dan arus laut.
Artificial drive
Cara memproduksi minyak dengan menginjeksikan gas atau air ke dalam reservoir setelah tekanan alami reservoir tidak efektif lagi.
Asphalt
Campuran antara bitumen dan zat mineral lembam yang terjadi secara alamiah atau buatan; di Indonesia dikenal aspal Buton, yakni aspal alam yang digali dan diproduksi di pulau Buton, Sulawesi Tenggara.
Asphalt Base Crude Oil (minyak-bumi aspal)
Minyak bumi yang kadar parafinnya rendah, tetapi kadar aspalnya tinggi, Jenis hidrokarbonnya terutama terdiri atas rangkaian naftenik.
Asphalt cement
Aspal padat atau aspal encer yang dengan kualitas dan konsistensi yang siap untuk digunakan pada pembuatan jalan.
Asphalt emulsion
Aspal cair yang diemulsikan dalam air dengan bantuan sedikit bahan pengemulsi untuk memudahkan pemakaian.
Asphalt flux
Jenis minyak yang dipergunakan untuk menurunkan sifat konsistensi aspal padat sampai batas kekentalan yang disyaratkan untuk bisa dipakai.
Asphalt primer
Aspal encer yang dipakai untuk melapisi permukaan guna meningkatkan ketahanan terhadap air dan sebagai dasar untuk pembangunan selanjutnya.
Asphaltene
Komponen bitumen di dalam minyak bumi, produk minyak, aspal jalan dan bitumen yang padat; dapat larut di dalam karbon disulfida tetapi tidak dapat larut di dalam nafta parafinik.
Asphaltic concrete
Lapisan permukaan jalan yang dibuat dari campuran kerikil berukuran tertentu dengan aspal; biasanya dipakai untuk pembuatan jalan.
Asphaltic road oil
Larutan aspal kental, yang dibuat dengan melarutkan aspal residu penyulingan minyak mentah.
Associated gas
Gas bumi yang terdapat bersama-sama dengan minyak bumi di dalam reservoir. (lihat juga: gas cap; dissolved gas) gas asosiasi
ASTM (American Society for Testing and Material)
Himpunan profesional non pemerintah yang mengkhususkan diri di bidang pengujian bahan; metode uji ASTM banyak digunakan di industri minyak sebagai metode baku.
ASTM distillation range
Garis kurva yang menggambarkan titik didih minyak pada setiap volume sepuluh persen yang disuling menurut metode ASTM mulai dari titik didih awal sampai titik didih akhir; menggambarkan sifat penguapan minyak yang selanjutnya mempengaruhi kesempurnaan pembakaran di dalam motor.
ASTM-CFR engine
Motor khusus yang dikembangkan oleh CFR dan ASTM sebagai motor baku untuk menentukan kecenderungan bahan bakar mengalami detonasi dalam motor bakar.
Attapulgite clay
Jenis lempung yang terdiri terutama atas magnesium-aluminium-silikathidro berstruktur lempung-lempung berbentuk jarum, yang umumnya digunakan pada lumpur pengeboran berdasar air laut untuk meningkatkan viskositas gesernya.

Attrition resistance
Tingkat kekerasan katalis, diukur berdasarkan kemampuannya untuk tidak terkikis bila difluidisasikan dalam aliran udara.
Auger stem
Bagian antara pahat dan soket pada rangkaian peralatan bor tumbuk untuk memberi berat yang diinginkan.
Authigenic
Hasil proses kimiawi dan biokimiawi yang terjadi di dalam endapan pada waktu peristiwa pengendapan atau setelahnya, sebelum peristiwa penimbunan dan pemadatan.
Autochton
Tubuh batuan yang ditemukan di tapak asalnya; merupakan kebalikan dari alokton.
Autogeosyncline
Parageosinklin yang tidak mempunyai bagian yang terangkat di sampingnya; kebanyakan berisi sedimen karbonat dan merupakan cekungan intrakratonis (lihat juga: parageosyncline)
Autoignition
Reaksi pembakaran spontan campuran bahan bakar dengan oksigen tanpa bantuan nyala api.
Autoignition temperature
Suhu yang menyebabkan uap bahan bakar yang tercampur udara menyala spontan tanpa dimulai oleh percikan atau lidah api.
Automatic drilling control unit
Jentera yang digunakan untuk mengendalikan beban pahat bor.
Automotive diesel oil
Lihat: diesel engine road vehicle fuel
Aviation Gasoline (Avgas) (avgas; bensin pesawat terbang):
Bensin khusus untuk motor torak pesawat terbang yang nilai oktananya tinggi, stabilitasnya tinggi, titik bekunya rendah, serta trayek sulingnya lebih datar. avgas; bensin pesawat terbang
Aviation Mix (bahan antiketuk avgas):
Cairan antiketuk yang digunakan khusus dalam bensin pesawat terbang, terdiri atas timbel tetraetil dan/ atau timbel tetrametil, etilena dibromida dan/ atau etilena diklorida, dan zat warna. bahan anti ketuk avgas
Aviation Turbine Fuel (Avtur) (avtur; bahan bakar pesawat jet):
Bahan bakar untuk pesawat terbang turbin gas; jenis kerosin yang trayek didihnya berkisar antara 150 derajat celcius-250 derajat celcius.
AVO (Amplitude Versus Offset)
Variasi amplitudo gelombang seismic refleksi terhadap jarak antara sumber dan penerima; merupakan salah satu metode yang digunakan sebagai indikator keberadaan gas.
Axle grease
Gemuk yang terbuat dari minyak rosin, kapur terhidrasi dan fraksi minyak bumi; digunakan untuk pelumasan gandar.
Azeotrope
Campuran dua jenis cairan atau lebih yang mendidih pada satu suhu tetap yang lebih tinggi atau lebih rendah dari titik didih masing-masing komponennya, sehingga tidak dapat dipisahkan dengan cara distilasi biasa.

B.
Back arc basin
Cekungan yang terletak di belakang busur volkanik berupa paparan kontinen, cekungan atau suatu jalur lipatan dan sesar anjak.
Back off, to
Pembukaan satu sambungan dari rangkaian pipa bor yang berada dalam keadaan terjepit di dalam sumur.
Back pressure
Tekanan yang melawan aliran pada peralatan atau sistem yang dialiri fluida.
Back reef
Endapan batu gamping, batu dolomit, dan evaporit yang terdapat di daerah laut dangkal di depan paparan laguna.
Back tank
Bagian dari pengayak serbuk bor yang menampung fluida pengeboran yang datang dari saluran pengalir. (Lihat Juga: mud box, possum belly)
Back-up line
Kabel kawat baja yang dipakai untuk memegang sepasang kunci ketika dua bagian pipa bor sedang disambung atau dibuka.
Back-up post
Tiang yang tetap, kolom atau tiang penyangga tempat ujung mati kabel kunci diikat dengan kuat.
Bail
Bagian perangkat pengeboran tempat menggantungkan swivel dari kerek bor.
Bailer
Pipa besar yang digunakan untuk menimba tahi pengeboran dari sumur;berkatup pada ujung bawah, yang membuka untuk membiarkan lumpur pengeboran masuk pada waktu alat ini turun dan menutup pada waktu alat itu naik.
Bailing
Pembersihan tahi pengeboran dan bahan lain dari dasar sumur bor dengan timba.
Balance-sheet financing
Cara konvensional untuk membiayai proyek dengan pinjaman berdasarkan kemampuan keuangan perusahaan dengan menjaminkan seluruh asetnya.
Baling
Pemampatan limbah padat dengan sistem tekan menjadi balok-balok, biasanya dibalut, sehingga memudahkan pembuangannya sebagai bahan urukan.
Ball and seat
Bagian dari katup kendali yang berfungsi mencegah aliran balik fluida yang dipompa. bola dan dudukan
Barite (barytes)
Mineral (barium sulfat, BaSO4) yang biasanya terdapat bersama dengan bijih timbel, dapat tak berwarna, berbintikbintik atau bergaris putih, tidak keras, sukar bereaksi dan bersifat tidak menggores; digunakan sebagai bahan pemberat lumpur pengeboran, dalam radiografi, dan sebagai pigmen dalam cat, tekstil dan kertas.
Barrel (Barel):
Satuan ukur volume cairan yang biasa dipakai dalam perminyakan; satu barel kira-kira 159 liter.
Barrel Oil Equivalent (BOE) (Setara Barrel Minyak (SBM)):
Satuan energi yang besarnya sama dengan kandungan energi dalam satu barel minyak bumi (biasanya diperhitungkan 6.0 – 6.3 juta BTU/ barel) setara barrel minyak (SBM)
Barrel Oil Per Day (BOPD) (Barel Minyak Per Hari (BMPH)):
Jumlah barel minyak per hari yang diproduksi oleh sumur, lapangan, atau perusahaan minyak. Barel minyak per hari (BMPH)
Barrel Per Calendar Day (BPCD) (Barel Per Hari Takwim (BPHT)):
Jumlah minyak yang diolah di unit pengilangan pada suatu periode waktudibagi dengan jumlah hari dalam periode waktu tersebut. barel per hari takwim (BPHT)
Barrel Per Stream Day (BPSD) (Barel Per Hari Operasi (BPHO)):
Jumlah barel minyak per hari yang diolah oleh sebuah satuan penyuling minyak yang beroperasi terus menerus
Barrel Water Per Day (BWPD) (Barel Air Per Hari (BAPH)):
Jumlah barel air per hari yang diproduksi oleh sumur.
Base stock
Minyak yang dapat digunakan secara langsung atau sebagai komponen utama dalam pembuatan minyak lumas.
Baseline
Garis batas bagian dalam landas kontinen suatu negara; biasanya garis sempadan air surut yang digunakan sebagai rujukan koordinat peta pada waktu melaksanakan survei.
Base-load
Beban terendah dalam siklus harian atau tahunan layanan gas atau listrik kepada pengguna, yang menggambarkan permintaaan minimum pengguna dalam satu tahun.
Basement rock
Batuan beku atau batuan metamorf yang melandasi batuan sedimen dan yang umumnya tidak mengandung minyak; pengeboran biasanya tidak dilanjutkan bila telah mencapai batuan tersebut.
Basic rock
Batuan beku yang mengandung mineral berkadar silika rendah dan kaya akan logam basa.
basic sediment and water (BS&W)
Bahan berat yang berkumpul di dasar tangki timbun, yang terdiri atas minyak, air dan endapan lain.
Basin (cekungan):
Daerah cekung yang luas yang terdiri atas batuan sedimen dan yang karena konfigurasinya dapat merupakan tempat tampungan minyak.
Basin and range
Topografi wilayah yang bercirikan barisan-barisan pegunungan yang terbentuk dari patahan miring dan terpisah oleh cekungan-cekungan yang lebar.
Basin framework
Endapan batuan sedimen yang berpotensi mengandung akumulasi hidrokarbon dalam kaitannya dengan batuan induk, batuan reservoir, jebakan, batuan tudung, umur, dan migrasi.
Basin range structure
Struktur geologi regional yang bercirikan barisan pegunungan yang dipisahkan oleh cekungan-cekungan yang lebar berisi aluvium.
Batch (Tumpak):
Jumlah tertentu minyak, lumpur, asam atau bahan lain.
Batch Oil (Minyak Goni):
Minyak diesel berat atau jenis minyak lumas encer, yang berwarna kekuning-kuningan yang dipakai oleh industri goni atau pemintalan untuk mempermudah pemintalan dengan cara melumasi benang.
Bath lubrication
Lihat: flood lubrication
Bathymetric survey
Pemetaan topografi dasar laut dan kedalamannya (laut) dengan bantuan alat ukur pantulan gelombang bunyi; digunakan dalam program eksplorasi hidrokarbon.
Battery (Banjar):
Serangkai peralatan penyulingan, ketel uap atau perengkah minyak yang beroperasi sebagai satu kesatuan.
Battery limits
Cakupan tanggung jawab kontraktor dalam memberikan jasa-jasa yang disepakati untuk membangun suatu banjar dalam suatu lingkungan kilang minyak.
Baume gravity BAZMA
Berat jenis cairan yang dinyatakan dalam satuan derajat Baume; untuk caiaran yang lebih ringan daripada air: berat jenis 60 derajat fahrenheit/60 derajat fahrenheit = 140»/130 + derajat Be dan untuk cairan yang lebih berat daripada air: berat jenis 6 derjat fahrenheit/60 derajat fahrenheit = 145/145-derajat BeBadan Amil Zakat Pertamina
B-b fraction
Fraksi butana dan butena yang dihasilkan dari penyulingan sebagai satu fraksi karena keduanya mempunyai titik didih yang hampir sama.produk-produk BBM yang memiliki spesifikasi khusus di mana penjualannya sudah murni berorientasi bisnis dan bukan atas penugasan Pemerintah Republik Indonesia. Produk-produk yang termasuk BBK adalah Pertamax, PertamaxPlus, Pertamina Dex, dan BioPertamax.

Beach
Bidang antara tempat cairan dan lubang pembuangan padatan pada pemisah sentrifugasi jenis pelimpah cairan atau hidrosiklon.
Beam well
Sumur yang menggunakan perangkat pompa dan batang-batang isap untuk menaikkan fluida.
Bean
Lihat : choke
Bearing
Penyangga atau pemandu unsur bergerak dalam mesin, yang memantapkan posisi atau mengatur gerakan unsur itu terhadap unsurunsur lain dalam mesin.
Bearing characteristic number
Bilangan tanpa dimensi yang digunakan dalam penilaian kondisi operasi bantalan luncur. (lihat juga: capacity number; Sommerfeld number).
bearing fraction
Rasio luas bantalan terhadap suatu panjang rujukan.
Bed Rock (Batuan Landas):
Batuan yang belum mengalami pelapukan dan yang ditutupi oleh lapukannya.
Bedding
Lapisan-lapisan batuan (umumnya batuan sedimen) yang terbentuk oleh batuan yang berbeda jenis dengan ketebalan satuan lebih dari satu sentimeter; apabila kurang dari satu sentimeter disebut laminasi.
Bell cap
Lihat : bubble cap
Bench scale
Pengujian pada skala kecil yang dapat dilaksanakan pada bangku kerja laboratorium.
Pengujian pada skala kecil yang dapat dilaksanakan pada bangku kerja laboratorium.
Uji skala bangku dalam pengujian minyak lumas atau bahan bakar yang merupakan uji antara sesudah uji laboratorium dan sebelum uji lapangan.
Bend (pipe)
Penyambung berupa pipa panjang melengkung yang jari-jari lengkungnya lebih panjang daripada jari-jari lengkungan pipa siku; pembelokannya dapat 45 derajat, 90 derajat atau 180 derajat.
Bentonite
Lempung yang komponen utamanya mineral montmorilonit yang jika kena air akan mengembang; digunakan terutama untuk lumpur pengeboran.
Benzene (Benzene):
Senyawa hidrokarbon berstruktur cincin aromatik; mempunyai titik didih 80 derajat celcius.
Benzene ring
Struktur molekul dasar senyawa hidrokarbon aromatik yang terdiri atas enam atom karbon dalam susunan rantai melingkar tidak jenuh.
Benzine
Lihat : gasoline
Benzol (Benzol):
Campuran benzena dengan hidrokarbon aromatik lain yang diperoleh dari gas batu bara atau ter batu bara; dapat dipakai sebagai bahan bakar motor, dan sebagai bahan baku industri.
BHA
Lihat: bottom hole assembly
Bingham model
Model matematika yang menghubungkan tegangan geser dengan laju geser secara linier dengan menggunakan dua konstanta, yaitu viskositas plastik dan titik luluh; sangat berguna dalam analisis karakterisktik lumpur pengeboran.
Biochemical oxygen demand
Banyaknya oksigen yang dibuthkan oleh mokroorganisme dalam air limbah untuk melakukan proses dekomposisi. (lihat juga: chemical oxygen demand)
Biocides
Aditif untuk menghambat pertumbuhan mikroba yang terdapat dalam lapisan air di dasar tangki timbun,terutama yang berisi distilat tengah.
Bioclastick rock
Batuan sedimen yang terdiri atas pecahan-pecahan akibat aktivitas sisa organisme; misalnya gamping yang terdiri atas pecahan kerang.
Biodegradation
Konversi karbon organik menjadi sel organik atau karbon dioksida melalui proses metabolisme mikroba; biasa digunakan untuk pengolahan lanjut air limbah.
Biogenic theory
Teori pembentukan hidrokarbon yang menyatakan bahwa gas bumi terbentuk semata-mata dari proses biologis, misalnya gas metana adalah produk dekomposisi bahan organik (tumbuhan dan hewan)
Biomass (Biomassa):
Kumpulan bahan organik terutama limbah pertanian, pakan ternak, perkayuan, atau sampah perkotaan yang biasanya digunakan sebagai bahan atau sumber energi.
Biostratigraphy
Stratigrafi yang berdasarkan paleontologi (lihat juga: stratigrafi, paleontologi)
Biotic theory
Lihat: biogenic theory
Bioturbation
Bercampurnya material endapan akibat kegiatan organisme yang menyebabkan struktur sedimen primer, seperti perlapisan silang siur dan sebagainya, menjadi rusak.
Bit (Pahat)
Ujung rangkaian bor yang memotong batuan untuk membuat lubang.
Bit balling
Penumpukan serbuk bor pada pahat sehingga mengganggu operasi pengeboran; lazim terjadi pada pengoboran lempung lunak.
Bit breaker
Lihat : breakout block
Bit sub
Alat yang dirancang untuk dipasang di antara soket berat dan pahat.
Bit trip time
Total waktu yang diperlukan untuk proses penggantian pahat dalam operasi pengeboran yang normal.
Bit weight
Gaya tekan yang diberikan oleh soket berat, pemantap bor dan bagian bawah rangkaian pipa bor terhadap pahat yang biasanya diukur dalam paun per inci diameter pahat.
Bitumen 1
Bagian bahan organik dalam batuan sedimen yang dapat larut dalam pelarut organik.
Bitumen 2
Bahan organik padat atau setengah padat yang berwarna hitam atau coklat tua yang diperoleh sebagai residu dari distilasi vakum minyak bumi; meleleh jika dipanasi dan dapat larut dalam pelarut organik.
Bituminous sand
Pasir yang mengandung bitumen yang dapat menghasilkan minyak dengan proses ekstraksi.
Bl method
Lihat: borderline method
Black Oil (Minyak Hitam):
Produk minyak bumi yang berwarna tua seperti minyak diesel, minyak bakar, atau beberapa jenis minyak lumas berat.
Black out
Putusnya aliran listrik ke suatu daerah atau unit operasi.
Black products
Lihat : black oil
Black smoke
Asap yang terdiri atas partikel padat, yang keluar dari sistem gas buang motor diesel yang berjalan dengan beban berat.
Blank liner
Pipa yang dindingnya tidak berlubanglubang untuk melapisi dinding formasi.
Blank ram
Pelantak berujung rata yang dipasang di dalam pencegah semburan liar.
Blanket steam
Lihat : top steam
Bleed down
Lihat: bleed off
Bleed off
Mengeluarkan gas atau minyak dengan perlahan dari dalam bejana untuk mengurangi tekanannya.
Bleeder
Katup atau pipa pembuangan untuk mengurangi tekanan fluida.
Bleeding
Keluarnya minyak, oleh pengaruh gravitasi atau gaya sentrifugal, dari percontoh gemuk yang ditempatkan di atas penyaring standar; merupakan petunjuk derajat ketidakstabilan gemuk. (lihat juga:pour point).
Bleeding
Terpisahnya minyak atau fluida yang lain dari gemuk.
Blended Fuel Oil (Minyak Bakar Campur):
Minyak bakar yang terbuat dari campuran residu dan sulingan.
Blending (Pencampuran):
Proses penggabungan dua jenis minyak atau lebih untuk memperoleh campuran homogeny dengan sifat yang diinginkan; misalnya beberapa jenis minyak lumas dicampur untuk memperoleh kekentalan yang diinginkan, nafta dan bensin dicampur untuk memenuhi syarat-syarat distilasi dan angka oktana yang diperlukan.
Blending Naphtha (Nafta Pengencer):
Nafta yang dipakai untuk mengencerkan umpan agar memudahkan pengolahan, misalnya untuk mengencerkan minyak lumas dalam proses pengawalilinan.
Blending octane number
Angka oktana efektif suatu bahan dalam campuran bahan bakar; angka ini biasanya lebih tinggi daripada angka oktana bahan dalam keadaan murni.
Blending value (antiknock)
Bilangan yang menyatakan sifat dari bahan antiketuk yang digunakan untuk meningkatkan angka oktana bensin dasar.
Blending value (hydrocarbon)
Nilai hipotetis angka oktana suatu hidrokarbon yang dihitung dari hasil pengukuran angka oktana campuran hidrokarbon itu dengan isooktana dan n-heptana dan mengekstrapolasikannya ke 100 persen hidrokarbon tersebut.
Blind ram
Lihat: blank ram
Block (Blok):
Bagian dari wilayah atau konsesi pertambangan minyak dan gas bumi. 2. Perangkat roda katrol pada menara bor yang digunakan untuk mengangkat rangkaian pipa.
Block line
Lihat : driling line
Bloom
Kemilau minyak lumas karena pantulancahaya.
Blow down
Pengosongan bejana dengan membuka katup untuk mengalirkan isinya ke bejana lain atau ke udara.
Blow Out (Semburan Liar):
Semburan gas, minyak, atau fluida lain secara tak terkendali dari dalam sumur ke udara.
Blow Out Preventer (BOP) (Pencegah Semburan Liar (PSL)):
Peralatan yang dipasang di kepala sumur untuk tujuan pengendalian tekanan di anulus antara pipa selubung dan pipa bor, atau di lubang terbuka sewaktu operasi pengeboran atau penyelesaian sumur supaya tidak terjadi semburan liar.
Blow out simulator
Fasilitas pelatihan yang menirukan sumur yang mengalami semburan liar dan memungkinkan peserta latihan melakukan tindakan pengendalian dan mematikan semburan.
Blow-by
Gas bakaran yang bocor melalui cincin torak.
Gas bakaran yang bocor melalui cincin torak.
Bejana pemasak untuk pembuatan aspal tiup atau aspal oksidasi.
Blue green algae
Kelompok ganggang yang termasuk filum sianofita yang mengandung klorofil dan pigmen c-fikosianin.
BODBOD
Lihat: biochemical oxygen demand)Board of Director
Barrel Oil Equivalent (BOE) (Setara Barrel Minyak (SBM)):
Satuan energi yang besarnya sama dengan kandungan energi dalam satu barel minyak bumi (biasanya diperhitungkan 6.0 – 6.3 juta BTU/ barel)
Boiler Fuels (Bahan Bakar Ketel):
Bahan bakar untuk menghasilkan uap atau air panas pada industri atau pembangkit listrik, misalnya gas alam, minyak residu, atau batu bara.
Boiling Point (Titik Didih):
Suhu pada saat suatu zat mendidih atau berubah menjadi uap dengan membentuk gelembung-gelembung uap di dalam zat cair, tinggi rendahnya titik didih tergantung pada tekanan di atas permukaan zat cair itu.
Barrel Oil Per Day (BOPD) (Barel Minyak Per Hari (BMPH)):
Jumlah barel minyak per hari yang diproduksi oleh sumur, lapangan, atau perusahaan minyak.
Boiling range
Jangkauan suhu pendidihan atau penyulingan minyak dari awal sampai akhir yang ditentukan pada tekanan atmosfer di dalam alat laboratorium yang standar.
Boilup rate
Volume umpan yang diuapkan per satuan waktu. (lihat juga : throughput)
Boll weevil
Pekerja pengeboran atau lapangan minyak yang tidak berpengalaman.
Bonded film lubricant
Lihat: bonded solid lubricant
Bonded solid lubricant
Serbuk pelumas padat yang disebar merata pada matriks pengikat dengan pengisian kekasaran permukaan sampai tercapai permukaan yang diratakan dengan tekanan tinggi, atau dilekatkan dengan bahan adhesif pada permukaan bantalan melalui ikatan kimiawi pada substrat logam keras.
Boom
Lengan yang terbuat dari pipa atau batang baja yang dapat digerakkan dan digunakan pada beberapa jenis derek untuk menyangga kabel yang membawa beban.
Boom dog
Peranti berupa roda bergigi searah pada satu derek, yang bila difungsikan dapat mencegah turunnya derek, tetapi masih memungkinkan lengan beban dinaikkan.
Boom stop
Tonjolan baja pada derek, yang menahan lengan jika dinaikkan terlalu tinggi atau diturunkan terlalu rendah.
Boomer
1. Pekerja lapangan minyak yang biasanya berpindah dari satu pusat aktivitas ke pusat aktivitas lain.
2. Alat pengencang rantai atau kabel pengikat muatan (pipa-pipa) yang terdiri atas kait dan tuas.
Booms
Pembatas yang terbuat dari bahan lentur dan tahan cuaca, yang diapungkan di perairan untuk mencegah penyebaran tumpahan minyak.
Booster platform
Anjungan pemompaan yang ditempatkan pada jalur pipa minyak atau gas untuk membantu mengalirkan produksi ke stasiun pengumpul.
Booster station
Fasilitas untuk meningkatkan tekanan fluida dengan pompa atau kompresor sehingga dapat mengalir sampai ke ujung pipa saluran.
BOP
Lihat: blow out preventer
Borderline method
Metode uji untuk menentukan mutu bensin yang dinyatakan dengan lima angka oktana jalan raya; pengujian dilakukan pada satu mobil yang mempunyai perbandingan kompresi tertentu dan diukur pada lima kecepatan mesin (750-2500 rpm).
Bore hole
Lubang yang dibuat dengan melakukan pengeboran.
Bottled gas
Lihat : liquefied petroleum gas
Bottom hole assembly (BHA)
Ujung bawah rangkaian pipa bor yang meliputi pahat bor, soket berat, pipa bor kaliber berat, dan peralatan tambahan
Bottom hole choke
Penjepit yang dipasang pada pipa sembur di dasar sumur untuk membatasi aliran fluida dan mengatur tekanan dasar.
Bottom hole pressure gauge
Sensor yang dipasang dalam pipa sembur di dasar sumur untuk mengukur tekanan.
Bottom pull
Metode pemasangan pipa melintasi sungai dengan mengerek pipa-pipa yang telah dilas dan diikatkan pada sebuah perahu melintas dasar sungai.
Bottom sampler
Mesin pengintibatuan untuk mengambil percontoh batuan berupa lumpur sampai batu pasir dari dasar laut.
Bottom settling and water
Lihat : basic sediment and water
Bottom water
Air yang berada di bawah minyak atau gas dalam formasi yang sama; dapat berfungsi sebagai tenaga pendorong minyak atau gas di dalam reservoir.
Bottom-hole pressure
Tekanan dalam sumur pada suatu titik yang berhadapan dengan formasi produktif; pencatatannya dilakukan dengan alat pengukur tekanan yang diturunkan ke dalam sumur dengan menggunakan kawat.
Bottom-hole samples
Percontoh fluida yang diambil dari reservoir gas-kondensat untuk mempelajari sistem hidrokarbon pada kondisi reservoir dan memperkirakan jumlah hidrokarbon di tempat.
Bottoms up
Saat fluida pengeboran telah sampai kembali ke permukaan setelah mengalir ke bawah melalui pipa pengeboran dan berbalik ke atas melalui anulus.
Bouguer annomaly (geophysics)
Perbedaan antara nilai gravitasi teoretis dan nilai hasil pengamatan yang telah dikoreksi terhadap muka laut dengan memperhitungkan ketinggian, titik pengamatan, dan batuan yang terdapat di antara titik pengamatan dan muka laut.
Boundary lubrication
Kondisi pelumasan yang tidak sepenuhnya hidrodinamik dan juga tidak sepenuhnya kontak padat dengan padat; keduanya dapat terjadi bersamasama dalam berbagai perbandingan.
Box connection
Sambungan pipa yang berulir di sebelah dalam.
BPCDBPKBPS (Barrel Per Calender Day)Badan Pemeriksa Keuangan Biro Pusat Statistik):
Jumlah minyak yang diolah di unit pengilangan pada suatu periode waktu dibagi dengan jumlah hari dalam periode waktu tersebut.
Barrel Per Streamday (BPSD) (Barel Per Hari Operasi (BPHO)):
Jumlah barel minyak per hari yang diolah oleh sebuah satuan penyuling minyak yang beroperasi terus menerus.
Brackish
Air yang mempunyai salinitas antara air laut dan air tawar. (lihat juga: salinity)
Break circulation
Pengembalian sirkulasi lumpur pengeboran dengan tekanan pompa yang tinggi akibat mengentalnya lumpur selama periode tanpa sirkulasi.
Break out
Pengenduran ikatan sebagian rangkaian pipa dari bagian lainnya, terutama pada pipa pengeboran pada waktu pemcabutannya dari lubang sumur; pengenduran dilakukan dengan kunci buaya.
Breakout block
Pelat tebal yang tepat masuknya ke meja putar, dan memegang erat pahat pengebor pada waktu pahat dilepas dari setang berat.
Breakout cathead
Lihat: cathead
Breakout tongs
Kunci untuk melonggarkan atau mengencangkan ikatan sebagian rangkaian pipa dengan bagian lainnya (lihat juga: breakout)
Breather pipe
Pipa yang dihubungkan dengan lubang angin tangki.
Breathing
Keluar masuknya gas (uap minyak atau udara) pada lubang angin tangki timbun akibat turun naiknya suhu udara disekitarnya.
Breathing losses
Kehilangan fraksi ringan yang disebabkan oleh gerakan gas (uap minyak atau udara) keluar masuk pipa ventilasi tangki timbun akibat pemanasan dan pengdinginan yang berganti-ganti.
Bridge
Perintang di dalam lubang bor yang biasanya terjadi akibat adanya runtuhan pada dinding lubang atau gangguan batu besar.
Bridge plug
Peralatan di dalam sumur, terutama terdiri atas sepatu, mandrel sumbat dan unsur penyumbat dari karet, yang dimasukkan dan dipasang di dalam selubung untuk memisahkan zona sebelah bawah pada waktu menguji bagian atasnya.
Bridging material
Bahan berserat, berlapis-lapis atau berbutir kecil yang ditambahkan pada lumpur pengeboran atau bubur semen dengan tujuan mencegah penyusutan sirkulasi.
Bright stock
Minyak dasar pelumas kental yang dihasilkan dari bahan dasar minyak silinder melalui proses pemurnian seperti ekstraksi dengan pelarut, pengawalilinan, pengasaman, atau gabungan dari proses tersebut.
Brine (Air Garam):
Air yang jenuh atau mengandung konsentrasi tinggi natrium klorida dan garam-garam lain.
Bring in a well
Proses menyelesaikan sumur sehingga menjadi sumur produksi.
British Thermal Unit (BTU)
Satuan panas yang besarnya 1/180 dari panas yang diperlukan untuk menaikkan suhu satu poun (0,4536 kg) air dari 32 derajat fahrenheit (100 derajat Celcius) menjadi 212 derajat fahrenheit (100 derajat Celcius) pada ketinggian permukaan laut; biasanya dianggap sama dengan jumlah panas yang diperlukan untuk menaikkan suhu satu poun air dari 63 derajat fahrenheit (17,2 derajat celcius) menjadi 64 derajat fahrenheit (17,8 derajat celcius).
Broken circulation
Kegiatan sirkulasi lumpur pengeboran di dalam lubang bor yang dihentikan sementara.
Bromine number
Jumlah gram brom yang diserap oleh 100 gram minyak; menunjukkan persentase ikatan rangkap atau derajat kejenuhan minyak.
Bronsted acid site
Inti asam dari katalis yang keasamannya terjadi karena adanya atom hidrogen terionisasi; dinamakan sesuai dengan nama ahli kimia fisika J.N. Bronsted.
Brown algae
Kelompok ganggang yang termasuk filum faeofita, berwarna dari kuning kehijauan sampai coklat tua karena kandungan karoten dan xantofil yang lebih tinggi daripada klorofil.
BS & WBTP
Lihat: basic sedimen and water)Breakthrough Project
Btx Reformer (Pereformasi BTX):
Unit reformasi katalitik yang tujuan utamanya menghasilkan benzena, toluena dan xilena sebagai bahan petrokimia.
Bubble cap
Mangkuk yang dipasang terbalik dengan tepi yang berlubang untuk menyebarkan uap dalam bentuk gelembung kecil di bawah permukaan cairan pada piringan kolom distilasi.
Bubble point
Suhu dan/atau tekanan pada awal terjadinya gelembung uap zat cair yang terdapat di dalam campuran zat cair lain; sesuai dengan kesetimbangan 0% penguapan atau 100% pengembunan.
Bubble tower
Menara fraksionasi yang terdiri atas susunan talam sungkup gelembung.
Bubble tray
Pelat bundar berlubang-lubang, berdiameter sama dengan diameter menara distilasi, dipasang di dalam menara tersebut pada jarak tertentu.
Buffer (Buffer):
Zat atau campuran zat yang bila dilarutkan di dalam air membentuk larutan yang mencegah perubahan konsentrasi ion hidrogen bila ke dalam larutan itu ditambahkan asam atau basa.
Bullet perforator
Alat pelubang yang menembakkan peluru menembus selubung agar cairan dapat masuk ke dalam sumur.(lihat : gun perforating)
Bullnose
Sumbat berbentuk peluru yang dipasang pada ujung saluran pengalir dalam sistem produksi bawah laut untuk menyambungkan saluran itu ke lubang berbentuk lonceng pada selar kepala sumur.(lihat juga: cellar)
Bullport
Pasangan penyambung pada pipa saluran sumur bawah permukaan laut yang berbentuk seperti mulut terbuka sehingga mudah untuk dimasuki pasangan lawannya.
Bund
Dinding yang berbuat dari beton, tanah, atau bahan lain yang dirancang untuk membatasi tumpahan minyak.
Bunker Fuel (Minyak Bunker):
Minyak bakar atau minyak diesel yang digunakan sebagai bahan bakar kapal.
Burning oil
Minyak untuk penerangan, seperti minyak tanah dan minyak suar yang cocok untuk bahan bakar lampu yang bersumbu.
Burning point
Lihat: free point
Butadiene
Bivinil, dengan rumus CH2:CH.CH.: CH2; sangat aktif banyak digunakan dalam sintesis kimia antara lain berpolimerisasi menjadi bahan plastik.
Butane (Butane):
Zat-antara penting dalam sintesis organik, sebagai bahan pendingin propelan aerosol, dan bahan bakar rumah tangga dan industri; terdapat dalam bentuk isomer n-butana [CH3(CH2)2.CH3] dan iso butana, [2-metil propana,(CH3)2CHCH3]; berupa gas tanpa warna.
Butane dehydrogenation
Proses untuk melepaskan hidrogen dari senyawa butana.
Proses untuk melepaskan hidrogen dari senyawa butana.
Proses untuk isomerisasi nbutana menjadi iso-butana dengan memakai katalis aluminium klorida berpenyangga alumina butiran dan menggunakan hidrogen klorida sebagai promotor.
Butane-butene fraction
Lihat:b-b fraction
Butylene (Butilena):
Butena (C4H8),ialah gas tanpa warna dengan bau tidak sedap, terdapat dalam tiga bentuk isomer, antara lain butena-1 atau butilena (CH3CH: CHCH3), butena atau iso-butilena [CH3C(CH3):CH
Buy back crudeBW
Bagian produksi minyak yang menjadi hak pemerintah yang dijual kembali kepada perusahaan minyak.Business Warehouse
BWPD
Lihat: barrel water per day
Byproduct coke gas
Gas yang kaya bahan bakar yang dihasilkan sebagai hasil samping proses pengokasan batu bara.
C.
C1,C2,C3,C4,C5 Fractions:
Fraksi yang mempunyai kandungan hidrokarbon yang terutama beratom karbon 1,2,3,4 atau 5, tanpa mempersoalkan struktur molekulnya.
Cable tool drilling
Metode pengeboran dengan memakai alat pahat berat untuk membuat lubang dengan cara menumbukkannya.
Calcium base grease
Gemuk pelumas yang terbuat dari minyak mineral yang dikentalkan dengan sabun kalsium.
Calender day
Waktu selama 24 jam dimulai pukul 00.00 sampai pukul 24.00
Caliper
Diameter atau ukuran lubang bor; diukur dengan jari-jari berpegas yang diturunkan ke dasar lubang bor dan ditarik perlahan-lahan sementara jarijari menekan dinding lubang bor.
Caliper logCall Sheet
Rekaman variasi diameter lubang bor pada setiap kedalamanLaporan hasil kunjungan Sales Representatif kepada setiap konsumen sebagai catatan untuk mengetahui kondisi dan tingkat kebutuhan konsumen akan BBM.
Calorie (Kalori):
Energi yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu 1 gram air sebanyak 1 derajat Celsius dari 14,5 derajat Celsius menjadi 15,5 derajat Celsius.
Calorific value
Lihat : heating value
Calorimeter
Bejana yang menggunakan cairan untuk mengukur panas.
Candlepower
Satuan intensistas cahaya yang pada masa lalu digunakan di industri gas, yang besarnya sama dengan 1,02 kandela.
Cap (Batuan Tudung):
Formasi (lapisan batuan) yang berada langsung di atas batuan reservoir dan sifatnya kedap fluida.
Capacity number
Hasil perkalian angka Sommerfeld dengan pangkat dua dari rasio panjang terhadap-diameter suatu bantalan luncur.
Carbon black
Butiran karbon yang halus dan lunak, yang timbul sebagai akibat pembakaran tidak sempurna dari gas atau cairan hidrokarbon.
Carbon burning rate
Banyaknya karbon yang terbakar dari katalis perengkahan di dalam regenerator; dinyatakan dalam berat per satuan waktu.
Carbon dioxide injection
Metode perolehan minyak tahap kedua dengan menginjeksikan karbon dioxida di bawah tekanan misibilitasnya.
Carbon knock
Ketukan mesin yang diakibatkan oleh endapan karbon di ruang bakar motor bensin.
Carbon residue
Bahan yang bersifat karbon yang tersisa setelah penguapan dan pirolisis minyak dengan metode uji baku Conradson dan Ramsbottom.
Carbon-14 dating
Penentuan umur batuan berdasarkan separuh waktu peluruhan C-14 radioaktif yang besarnya 5730 tahun; digunakan untuk batuan berumur antara 100 dan 100.000 tahun.
Carbonate rock
Batuan yang terutama terdiri atas kalsium karbonat (batu gamping) atau kalsium magnesium karbonat (dolomit); kadang-kadang membentuk reservoir minyak.
Carbonization (Karbonisasi):
Perubahan senyawaan organik, misalnya minyak, menjadi arang atau kokas akibat pemanasan tanpa udara.
Carbureted water gas
Gas batu bara yang dibuat melalui reaksi uap air dengan batu bara pijar dan diperkaya dengan gasifikasi fraksi minyak bumi.
Carry over
Material halus, padat atau cair, yang terbawa oleh gas yang keluar dari alat seperti kolom fraksionasi, penyerap, bejana reaksi; atau peralatan lain.
Carbon Dioxide Injection (Injeksi Karbon):
Metode perolehan minyak tahap kedua dengan menginjeksikan karbon dioxide di bawah tekanan misibilitasnya.
Carbon Knock (Ketukan Karbon):
Ketukan mesin yang diakibatkan oleh endapan karbon di ruang bakar motor bensin.
Carbon Residue (Residu Karbon):
Bahan yang bersifat karbon yang tersisa setelah penguapan dan pirolisis minyak dengan metode uji baku Conradson dan Ramsbottom.
Cascade
Susunan sekat bertingkat dari tempat masuk ke tempat keluar untuk memisahkan uap dan cairan dalam pemisah gas/minyak atau kolom praksionasi.
Casing ((Pipa) Selubung):
Pipa baja yang dipasang di dinding sumur minyak atau gas, untuk menahan runtuhnya dinding lubang, dan menjadi saluran pengaliran minyak pada sumur produktif.
Casing adapter
Pipa pendek yang ujung atasnya mekar, biasanya berbentuk kerucut terpancung, yang dipasang pada bagian atas rangkaian pipa yang ada di dalam sumur.
Casing cementing
Pengisian anulus antara pipa selubung dan dinding lubang bor dengan bubur semen.
Casing centralizer
Alat yang dipasang pada pipa selubung untuk menempatkan pipa selubung pada posisi di tengah lubang bor pada saat penyemenan, agar terbentuk lapisan semen yang merata di sekitar pipa.
Casing clamp
Kalung penahan yang dipasangkan di sekeliling selubung sebagai mengaman untuk menjaga agar selubung tidak jatuh.
Casing coupling
Pipa pendek yang berulir di bagian dalamnya dan dipergunakan untuk menghubungkan dua pipa selubung.
Casing cutter
Alat berbentuk silinder yang dilengkapi dengan seperangkat pisau; digunakan untuk memotong bagian-bagian pipa dalam sumur.
Casing hanger
Penyangga siku yang terpasang di dalam kepala sumur, di bawah cerobong pencegah semburan liar, untuk menyangkutkan rangkaian selubung.
Casing head
Perangkai tetap yang dipasang atau dilas di bagian atas sumur; berfungsi sebagai tempat kedudukan silang sembur, juga dapat merupakan saluran keluar untuk gas ikutan.
Casing head gas
Gas yang terlarut dan dihasilkan bersama-sama dengan minyak bumi dari instalasi perminyakan.
Casing head gasoline
Hidrokarbon cair yang dipisahkan dari gas ikutan.
Casing mill
Perkakas untuk meratakan pipa selubung.
Casing pressure
Tekanan gas yang terdapat di antara pipa selubung dan pipa produksi.
Casing protectors
Penutup pendek yang berulir yang dipasangkan pada ujung pipa selubung untuk melindungi ulir pipa tersebut dari kerusakan dan pengotoran.
Casing shoe
Alat dari baja, pendek dan berat, permukaan dalam silindris berbentuk kerucut terpancung di bagian luar, yang ditempatkan pada ujung rangkaian pipa selubung; dipakai sebagai alat bantu untuk memudahkan masuknya pipa selubung ke dalam lubang sumur dan mencegah aliran balik semen.
Casing spear
Alat pemancing bermata tombak yang diturunkan ke dalam selubung dan mencengkeramnya dari dalam agar selubung itu dapat diangkat dari lubang sumur; biasanya dilakukan setelah selubung itu dipotong dengan pemotong selubung.
Casing string
Keseluruhan pipa selubung yang masing-masing dibuat dengan panjang kira-kira 30 kaki dan disambung satu sama lain pada waktu dimasukkan ke dalam sumur.
Casing swage
Benda padat silindris yang runcing bagian bawahnya dan pada bagian atasnya terpasang penyambung yang dapat dihubungkan dengan penyentak, digunakan untuk memperbaiki selubung yang penyok karena runtuhan.
Casing tong
Kunci pipa besar yang gunanya untuk mengencangkan atau membuka pipa selubung.
Cast
Lihat : bloom
Cat cracker
Unit kilang minyak untuk memecahkan molekul hidrokarbon besar pada distilat berat dengan menggunakan katalis untuk menjadi molekul hidrokarbon yang lebih kecil.
Cat forming
Lihat : catalytic reforming
Cat reformer
Lihat : catalytic reforming
Cat walk 1
Titian yang menghubungkan bagian atas tangki-tangki timbun.
Cat walk 2
Jalur menanjak pada sisi perangkat pengeboran tempat meletakkan pipa sebelum diangkat ke lantai derek dengan bantuan tali bulan.
Catalysis
Proses yang memanfaatkan prinsip mengendalikan reaksi kimia melalui kontak dengan zat lain yang dinamakan katalis
Catalyst (Katalis; Katalisator):
Zat yang mempengaruhi, menimbulkan, atau mengubah kecepatan reaksi kimia tanpa mengalami perubahan sendiri.
Catalyst activity
Perbandingan kecepatan ruang antara katalis yang diuji dengan kecepatan ruang suatu katalis standar untuk memperoleh tingkat konversi yang sama; dalam pelaporan angka ini biasanya dikalikan dengan faktor 100.
Catalyst attrition
Tingkat abrasi dan benturan antarbutir katalis atau antara katalis dengan dinding pengantar sewaktu katalis dialirkan, atau dalam reaktor, atau dalam regenerator.
Catalyst carrier
Bagian katalis yang berfungsi sebagai tapak yang mengikat katalis aktif; bagian ini dapat memiliki aktivitas sebagai katalis.
Catalyst poison
Molekul-molekul yang terisap pada permukaan katalis dan mencegah kontak antara katalis dengan zat yang harus bereaksi sehingga efektivitas katalis berkurang atau hilang.
Catalyst poisoning
Gejala berkurangnya reaksi katalisis yang disebabkan oleh tertutupnya permukaan katalis oleh zat nonreaktan.
Catalyst promoter
Zat yang ditambahkan kepada katalis untuk meningkatkan aktivitas katalis itu.
Catalyst selectivity
Aktivitas relatif katalis terhadap suatu senyawaan khusus di dalam campuran, atau kecepatan reaksi relatif reaktan tertentu dengan menggunakan katalis tersebut.
Catalyst stability
Ukuran kepampuan katalis untuk mempertahankan aktivitas dan selektivitas dalam jangka waktu yang lama.
Catalyst stripping
Pelucutan kotoran yang melekat pada katalis dengan menggunakan fluida tertentu.
Catalyst support
Bahan berpori tempat meletakan bahan aktif katalis merupakan pendukung yang tidak terlibat dalam reaksi katalitik.
Catalyst/oil ratio
Berat katalis yang disirkulasikan ke dalam reaktor unit perengkahan katalitik unggun-alir dibandingkan dengan berat hidrokarbon yang diumpankan dalam periode yang sama.
Catalytic activity
Lihat : catalyst activity
Catalytic converter
Peranti yang dipasangkan pada saluran gas buang kendaraan bermotor, berisikan katalis yang dapat melancarkan reaksi kimia untuk mengubah senyawa-senyawa pencemar udara menjadi gas yang tidak berbahaya.
Catalytic Cracking (Perengkahan Katalitik):
Proses pemecahan molekul hidrokarbon besar pada distilat berat dengan menggunakan katalis untuk menjadi molekul hidrokarbon yang lebih kecil.
Catalytic cycle stock
Bagian efluen reaktor perengkah katalitik yang tidak berubah menjadi nafta atau produk ringan, yang dikembalikan ke dalam reaktor umumnya bertitik didih 340 oF+ (170oC+).
Bagian efluen reaktor perengkah katalitik yang tidak berubah menjadi nafta atau produk ringan, yang dikembalikan ke dalam reaktor umumnya bertitik didih 340 oF+ (170oC+).
Proses yang melibatkan katalisis dalam pengilangan minyak atau gas bumi.
Catalytic Reforming (Reformasi Katalitik):
Proses perengkahan katalitik untuk memperbaiki kualitas antiketuk dari nafta yang bermutu rendah dan bensin hasil penyulingan langsung dengan mengubah jenis naftena, seperti sikloheksana, dan alkana menjadi senyawaan aromatik beroktana tinggi seperti benzena, toluena, dan xilena.
Cathead
Gelendong yang dipasang pada poros mesin bor yang dapat menimbulkan gaya tarik tali yang dililitkan pada batang pipa bor dan pipa selubung untuk memutarnya pada waktu menyambung atau melepas.
Cathodic protection
Pencegahan korosi dengan membuat logam berfungsi sebagai katode di dalam medium yang mengalirkan arus listrik searah.
Catline
Tali manila yang dengan balok derek digunakan untuk mengerek bermacam-macam barang.
Caustic wash
Proses pembersihan produk dengan menggunakan larutan soda kaustik.
CavingCCTV
Gugurnya dinding lubang bor atau jatuhnya material sekitar lubang bor. Closed-circuit television
CDP (CommonDepth Point)
Titik tempat terpantulnya beberapa gelombang seismik yang terletak di tengah-tengah antara sumber dan penerima.
Cellar
Lubang persegi, yang digali sebelum pengeboran sumur dimulai.
Cellar deck
Lantai bawah pada anjungan pengeboran lepas pantai berlantai dua.
Cement additives
Bahan kimia yang ditambahkan ke bubur semen untuk mengubah sifatsifatnya, agar dapat mempercepat atau memperlambat pengerasan semen.
Cement chanelling (n)
Naiknya bubur semen secara tidak merata di dalam anulus pada waktu penyemenan sehingga terdapat bagianbagian yang tidak terisi semen.
Cementation (geology)
Proses presipitasi mineral pengikat seperti kuarsa, kalsit atau dolomit diantara matriks di dalam batuan.
Cementing materials (n)
Bubur semen yang terdiri atas campuran semen portland dan air, yang dibubuhi berbagai aditif sehingga mempunyai sifat-sifat yang sesuai dengan tujuan penggunaannya.
Cementing of wells
Lihat : casing cementing
Cenozoic
Masa utama yang ketiga dalam skala waktu geologi, yaitu sesudah Paleozoikum dan Mesozoikum, kirakira 70 juta tahun yang lalu.
Centipoise (cp)
Satuan viskositas yang sama dengan 0,01 poise; 1 poise setara dengan 1 dyne detik/cm2. (Lihat Juga: poise)
Ceresin
Lilin keras dan rapuh yang diperoleh dari pemurnian ozokerit (lihat juga: ozokerite)
Cetane Index(Indeks Setana):
Perkiraan angka setana berdasarkan hubungan empirisnya dengan parameter-parameter densiti dan volatilitas (suhu-suhu uji distilasi).
Cetane Number (Angka Setana):
Angka ukuran kualitas pembakaran bahan bakar solar yang menunjukkan mudah tidaknya bahan bakar tersebut menyala jika disemprotkan ke dalam ruang bakar motor diesel.
Cetane number improver
Bahan yang dibubuhkan pada bahan bakar diesel untuk meningkatkan angka setana, misalnya berbagai nitro alkana, nitrat, nitro karbonat dan peroksida.
CFPP
Lihat: cold filter plugging point
CFR
Panitia (komite) yang beranggotakan tenaga ahli teknik pengilangan, pembuat motor, konsumen minyak,juga tenaga ahli teknik dari universitas dan pemerintah Amerika Serikat yang mengawasi pengujian dan penelitian bahan bakar motor untuk Coordinating Research Council (CRC) secara terkoordinasi. (lihat juga: CRC methof)
CFR engine
Lihat: Cooperative Fuels Research engine)
CFR research test method
Lihat: research method
Chain stopper
Bahan yang menghentikan reaksi berantai antara oksigen dan hidrokarbon untuk menghalangi pembentukan asam dan lumpur yang terjadi karena oksidasi.
Chain tongs
Alat untuk memutar pipa atau tampuk pipa yang sukar diputar dengan kunci biasa.
Channel point
Suhu rendah di bawah titik tuang yang menyebabkan minyak lumas mulai mengeras sedemikian rupa sehingga permukaannya tidak bertaut lagi bila digores dengan jari.
Channel process
Proses pembuatan jelaga dengan membakar umpan dan mengendapkan jelaga yang terbentuk pada susunan balok besi kanal.
Channeling
Aliran fluida yang tidak terdistribusi secara merata malalui unggun katalis, yang mengakibatkan sebagian fluida tidak bersentuhan dengan katalis.
Characterization factor
Faktor yang menunjukkan karakter kearomatisan/keparafinisan fraksi minyak bumi yang dihitung dari akar pangkat-tiga titik-didih molal rata-rata TB dalam derajat Rankin (derajat F + 460) dibagi dengan berat jenis fraksi itu; berkisar dari 10.0 untuk fraksi yang sangat aromatis sampai 12.5 untuk fraksi yang parafinis; disebut juga faktor K faktor UOP, atau faktor Watson.
Characterization factor
Indek mutu minyak bumi yang memberi gambaran tentang risio karbon hidrogen; dihitung sebagai akar pangkat tiga titik didih rata-rata dalam derajat Rankine dibagi dengan berat jenis.
Characterization factor
Nilai hasil hitung yang biasa digunakan sebagai parameter mengkorelasi sifatsifat fisika/kimia minyak bumi atau hasil olahannya (Lihat: K factor)
Chassis dynamoter
Alat pengukur beban dan daya poros motor pada roda pendorong, dengan kendaraan dalam keadaan diam, tetapi pada kondisi kecepatan dan beban yang menirukan keadaan yang berlaku di jalan.
Cheater
Lihat: nipple
Check valve
Katup otomatik yang membuat zat cair mengalir ke satu arah dan akan menutup bila zat cair mengalir ke arah yang berlawanan.
Cheese box still
Tangki pemasak vertikal tipe kuno yang bagian atasnya berkubah.
Chemical Octane Number (Angka Oktana Kimiawi):
Peningkatan angka oktana sebagai hasil proses pengolahan di kilang ataupun pembubuhan bahan peningkat angka oktana seperti timbel tetraetil.
Chemical oxygen demand
Banyaknya oksigen yang dibutuhkan untuk mengoksidasi zat organik dan anorganik di dalam air limbah. (lihat juga: biological oxygen demand)
Chemical treatment
Penambahan senyawaan kimia (seperti soda kaustik, pengencer, atau pengental) ke dalam fluida pengeboran untuk mendapatkan sifat-sifat fluida pengeboran yang diinginkan.
Chemisorption
Adsorpsi molekul-molekul ke permukaan oleh gaya valensi yang serupa dengan gaya yang mengikat atom-atom di dalam molekul.
Chert
Batuan sedimen kuarsa yang diendapkan di laut dalam, yang kekerasannya sama dengan atau lebih besar daripada batu api (flint).
Chiller
Peralatan untuk mendingingkan distilat parafin sebelum disaring untuk memisahkan lilin padat.
Chisel tongs
Kunci pipa yang mencengkeram pipa dengan alat mirip pahat yang disisipkan dalam rahang kuncinya.
Chlorinated lubricant
Pelumas yang mempunyai kandungan senyawaan klor yang dapat bereaksi dengan logam permukaan bantalan pada temperatur tinggi dan melindunginya dari kerusakan akibat gelincir.
Choke (Penjepit):
Sumbat berlubang yang dipasang di kepala sumur untuk membatasi aliran dengan tujuan mengatur tingkat produksi.
Choke line
Saluran pengendali fluida yang merupakan sambungan pencegah semburan liar.
Christmas tree
Rangkaian katup pada kepala sumur untuk mengendalikan tekanan di dalam sumur dan kecepatan aliran fluida ke permukaan.
Chromatographic adsorption
Penjerapan secara selektif pada permukaan bahan (seperti karbon aktif, alumina, atau gel silika) untuk memisahkan campuran senyawa hidrokarbon cair atau hidrokarbon gas menjadi komponen-komponen yang lebih murni.
Chromatography
Metode pemisahan senyawaan yang susunan kimianya berdekatan, dengan menggunakan suatu larutan, dengan cara membiarkannya meresap melalui zat penjerap (adsorben), sehingga setiap senyawaan terjerap dalam lapisan yang terpisah.
Circulating reflux
Cairan yang dikeluarkan dari kolom fraksionasi dalam keadaan panas atau dingin, dan yang dipompakan kembali ke dalamnya.
Circulation
Gerakan lumpur pengeboran mulai dari bak isap melalui pompa, pipa bor, anulus, di dalam lubang bor, sampai kembali ke bak isap.
City gate
Titik penyerahan gas dari pihak perusahaan penyalur gas ke perusahaan distributor, yang biasanya berlokasi di daerah pasar gas.
Clabbered
Penggumpalan tingkat sedang sampai berat pada lumpur pengeboran karena kontaminasi.
Clarified oil
Minyak berat yang dikeluarkan dari dasar bejana fraksionasi pada proses perengkahan katalitik, setelah bersih dari sisa-sisa katalis yang terkandung di dalamnya.
Clastic rock
Batuan sedimen yang terdiri atas fragmen-fragmen batuan yang berasal dari batuan-batuan yang sudah ada sebelumnya, misalnya batuan pasir.
Clay (Lempung):
Batuan yang terutama terdiri atas butir halus silikat alumina berair sebagai hasil dekomposisi batuan feldspar dan batuan silikat alumina lain.
Clay contact process
Lihat: contact filtration
Clay refining
Proses perlakuan dengan melewatkan uap bensin atau produk minyak ringan lainnya melalui unggun lempung butiran sebagai penjerap.
Clay regeneration
Proses pembersihan lempung penjerap agar dapat digunakan kembali.
Clay treating
Proses perlakuan dengan menggunakan lempung unggun tetap agar bahan pembentuk getah (diolefin) yang terdapat di dalam bensin hasil rengkahan termal terpolimerisasi.
Clean air act
Undang-undang tentang kualitas udara di Amerika Serikat, yang menentukan batas kandungan zat pencemar yang diizinkan; di USA (undang-undang ini memungkinkan negara bagian mempunyai ketentuan yang lebih ketat, tetapi tidak boleh lebih longgar dari batasan yang ditentukan untuk keseluruhan negara).
Clean oil vessel
Kapal khusus untuk mengangkut produk minyak bumi tertentu , yaitu bensin pesawat terbang, bahan bakar jet, bensin, dan minyak diesel.
Clean out
Operasi di dalam sumur minyak yang terdiri atas pembuangan pasir, kerak, dan endapan lain dari sumur yang masih berproduksi untuk memulihkan kemampuan atau meningkatkan produksi.
Clean sand
Batuan reservoar klastik yang tidak terkotori oleh mineral lempung (lihat juga: dirty sand)
Clear gasoline
Bensin yang tidak mengandung aditif antiketuk, seperti timbel tetraetil (TEL).
Clear octane
Angka oktana dari bensin, sebelum bensin ditambah dengan aditif antiketuk.
Clearability
Sifat gemuk pelumas yang mempermudah terjadinya ruang gerak bagi peluru di dalam bantalannya tanpa mengalami penceceran dan kenaikan suhu yang berarti.
Clearing
Perpindahan gemuk secara terus menerus dari bagian yang bergerak ke bagian yang tidak terganggu gerakan, sampai tersisa hanya sejumlah kecil genuk saja yang tergilas dan tergeser.
Clearing process
Proses perpindahan gemuk dari ruang gerak peluru di dalam bantalan supaya gemuk itu tidak teraduk terus; untuk gemuk yang baik perpindahan berlangsung dengan cepat sehingga suhu tetap rendah dan stabil.
Cleveland open cup
Alat/metode penentuan titik nyala dan/atau titik bakar produk minyak bumi selain minyak bakar yang titik nyalanya lebih dari 80 derajat Celsius (175 derajat Fahrenheit).
Clip
Baut U atau peranti sejenis yang digunakan untuk mempertautkan dua bagian kabel kawat baja dengan kukuh.
Close in (well)
Lihat: shut-in
Close nipple
Sepotong pipa pendek yang berulir pada keseluruhan panjangnya, untuk menyambungkan dua pipa dengan rapat.
Closure
Batas maksimal reservoir yang dapat diisi oleh cairan, yang ditentukan oleh adanya titik limpah.
Cloud point
Suhu saat permulaan terbentuknya kristal lilin di dalam minyak bakar yang mengakibatkan minyak itu tampak keruh.
CLR
Singkatan dari Coordinating Lubricant and Equipment Research Committee yaitu kelompok yang didirikan pada tahun 1950 oleh CRC (Coordinating Research Council) di Amerika Serikat untuk meneliti pengujian minyak motor agar dapat ditetapkan metode pengujian yang tepat.
CLR (LABECO) engine
Motor uji yang khusus digunakan oleh CLR dan dibuat oleh LABECO (Laboratory Equipment Corporation), digunakan untuk pengujian minyak lumas (uji akseptasi).
CNG
Lihat: compressed natural gas
Coagulation
Keadaan hilangnya stabilitas koloida dan terjadinya pernggumpalan akibat pengaruh bahan yang ditambahkan; misalnya pemisahan zat padat dari air limbah dengan bantuan zat kimia.
Coal Gas(Gas Batu Bara):
Gas yang dihasilkan dari gasifikasi batu bara.
Coal Gasification(Gasifikasi (Batu Bara):
Konversi batu bara menjadi gas hidrokarbon yang lebih bersih dan lebih mudah diangkut dan disalurkan.
Coal Oil (Minyak Batu Bara):
Minyak yang dihasil dari penyulingan destruktif batu bara.
Coalescence
Penggambungan butiran cairan terdispersi di dalam emulsi karena gaya tarik molekul pada permukaan butiran itu.
Cobalt molybdate desulfurizationCOCO
Proses pengawabelerangan dengan menggunakan katalis kobalt molibdat. (lihat juga: unifining)Company Owned Company Operated
CODCODOCOE
Lihat: chemical oxygen demand)Company Owned Dealer Operated.Central of Excellence
Coefficient of adhesion
Perbandingan antara gaya normal yang (tegak lurus) yang diperlakukan untuk memisahkan dua benda atau beban normal yang digunakan untuk melekatkan keduanya.
Cofferdam
Dinding mampu-apung yang digunakan untuk melindungi dek kerja yang dapat diisi air bila hendak memindahkan anjungan.
Coke 1 (Kokas):
Arang dan bahan berkarbon yang tersisa dari minyak bumi terengkah atau tersuling sampai kering; dapat dibuat dalam drum kokas.
Coke 2 (Arang):
Bahan bekarbon yang terbentuk sebagai bahan yang tidak diinginkan pada permukaan katalis, dinding pipa tungku atau dinding ruang bakar motor.
Coke drum
Bejana tempat pembentukan kokasdalam rangkaian proses pengkokasan minyak bumi; dapat dipisahkan dari proses untuk pembersihan/pengosongannya.
Coke knocker
Alat mekanis untuk melepaskan kokas dari drum atau menara tempat terbentuknya.
Coke number
Bilangan yang menyatakan hasil pengujian sisa arang menurut cara Ramsbottom.
Coke-oven gas fuel
Lihat: by-product coke gas
Coker
Unit pengolahan tempat berlangsungnya pengokasan.
Coking 1
Akumulasi endapan arang yang tidak diinginkan dalam kilang atau dalam motor bakar.
Coking still
Bejana pemasak tempat berlangsungnya pengokasan.
Cold filter plugging point
Ukuran kemampuan bahan bakar diesel untuk beroperasi dengan memuaskan pada kondisi cuaca dingin; diukur dengan menentukan temperatur tertinggi saat kristal lilin percontoh menghentikan atau sangat menghambat aliran bahan bakar melalui filter baku pada kondisi uji baku.
Cold pressing
Proses pemisahan lilin dari minyak yang diawali dengan pendinginan untuk pembentukan kristal disusul dengan penyaringan tekan.
Cold settling
Proses pemisahan lilin dari fraksi yang berkekentalan tinggi; dalam proses ini larutan minyak berlilin didinginkan dan lilin keluar dari larutan berupa kristal. nafta didinginkan dan lilin keluar dari larutan berupa kristal.
Cold starting
Menghidupkan motor sewaktu motor dalam keadaan dingin.

Cold test
Penyambung pipa yang berulir di dalamnya untuk menyambungkan dua pipa yang ukurannya sama.
Colloid
Cairan yang mengandung partikelpartikel halus berukuran kurang dari 2 mikron yang mengambang di dalamnya.
Colloidal solids
Padatan halus berukuran kurang dari 2 mikron yang mengambang di dalam cairan.
Color stability
Ketahanan warna minyak terhadap pengaruh sinar, lama penyimpanan, dan sebagainya.
Colorimeter
Alat untuk menentukan warna produk minyak bumi dengan mengukur persentase sinar monokromatik yang diteruskan melalui produk minyak itu.
Combination string
Rangkaian selubung yang dirancang untuk dipergunakan pada kedalaman tertentu dalam sebuah sumur.
Combination trap
Perangkap hidrokarbon di bawah permukaan tanah yang merupakan gabungan jebakan struktural dan jebakan stratigrafik.
Combustion (Pembakaran):
Oksidasi bahan bakar yang terjadi secara cepat pada suhu tinggi.
Combustion Knock (Ketukan Diesel):
Bunyi yang timbul karena meningginya tekanan secara tiba-tiba akibat terbakarnya bahan bakar minyak yang terkumpul dalam jumlah besar di dalam ruang bakar silinder mesin diesel, sebagai akibat periode tunda nyala yang panjang.
Combustion Shock(Kejutan Pembakaran):
Pembakaran abnormal dalam motor bakar; terjadi dalam motor bensin, sebagai akibat pranyala atau detonasi dari campuran bahan bakar dan udara, atau dalam motor diesel sebagai akibat tunda nyala dan terakumulasinya bahan bakar sebelum terbakar.
Combustion Turbine (CT)
Lihat: gas turbine
Common depth point
Titik tempat terpantulnya beberapa gelombang seismik yang terletak di tengah-tengah antara sumber dan penerima
Completion
Pemasangan perlengkapan sumur untuk tujuan produksi.
Compressed Natural Gas (CNG) (Gas Bumi Mampat):
Gas bumi yang dimampatkan dalam bejana baja pada tekanan tinggi tanpa pencairan gas, sehingga dapat ditransportasikan tanpa pipa, dan dimanfaatkan terutama untuk kendaraan bermotor.
Compression ignition
Cara pencetusan awal pembakaran dalam motor diesel; udara yang ditekan dengan cepat menjadi panas sehingga suhunya cukup tinggi untuk menyalakan bahan bakar yang disemprotkan ke dalamnya.
Compression process
Proses kompresi
Compression ratio
Perbandingan antara volume silinder (termasuk ruang bakar) pada waktu piston berada pada titik-mati bawah dan volume silinder (termasuk ruang bakar) pada waktu piston berada pada titik-mati atas.
Compressional duplex
Zona sesar dupleks yang terbentuk akibat gaya kompresi, berupa struktur bunga positif.
Compressional fault system
Sistem yang terbentuk akibat gaya kompresi yang menghasilkan lipatan, sesar naik, dan sesar mendatar.
Con carbon
karbon Conradson
Concession
konsesi
Condensate
kondensat
Condensation (Kondensasi):
1. Proses berubahnya fase uap menjadi fase cair.
2. Penggabungan secara kimia molekul-molekul kecil menjadi molekul yang lebih besar, misalnya pada proses polimerisasi atau alkilasi.
Condensed deposit
Lapisan sedimen tipis hasil pengendapan yang berlangsung sangat lambat tanpa numpang waktu.
Condenser
kondensor; pengembun
Condenser box
peti kondensor; peti pengembun
Conductance
Permeabilitas pengayak serbuk bor per satuan keteblan pengayak itu, dinyatakan dalam kilodarcy per milimeter sewaktu pengayak pada keadaan stasioner.
Conductor pipe
selubung hantar
Confining bed
Lapisan batuan impermeabel yang secara stratigrafi berbatasan dengan satu atau dua lapisan akuifer.
Conglomerate
konglomerat
Congulation
Pengendapan partikel halus dari larutan atau suspensi menjadi gumpalan atau padatan.
Coning
runjungan
Connate water
air konat; air purwa
Consistency (grease)
konsistensi (gemuk)
Consistometer
Alat untuk mengukur waktu yang diperlukan oleh lumpur pengeboran atau semen untuk mencapai konsistensi tertentu.
Contact filtration
filtrasi kontak
Contact time
waktu kontak
Contactor
kontaktor
Containment boom
pengempang minyak
Continental shelf
Dasar laut dan lapisan tanah di bawahnya yang berbatasan dengan pantai tetapi berada di luar daerah laut teritorial sampai sedalam 200 meter atau daerah yang lebih dalam lagi yang kedalaman airnya memungkinkan eksploitasi sumber alam dari daerah tersebut.
Continuous catalyst regeneration
Pengaktifan kembali katalis secara berkesinambungan, dengan mengeluarkan sebagian katalis dari reaktor, mengaktifkannya di bagian pengaktifan dan mengembalikan langsung ke dalam reaktor.
Continuous contact coking
Proses perengkahan termal untuk pembuatan kokas yang menggunakan prinsip aliran massa untuk memberikan sirkulasi kokas yang sinambung; butir-butir kokas yang basah dengan minyak bergerak ke bawah ke dalam reaktor tempat terjadinya perengkahan, pengok asan, dan pengeringan.
Contract Depth (Kedalaman Kontrak):
Kedalaman lubang sumur yang memenuhi syarat kontrak pengeboran
Contract of work
Persetujuan tertulis yang menetapkan bahwa pihak yang satu yakni kontraktor, mengikat diri menyelenggarakan pekerjaan dalam suatu bidang usaha pertambangan bagi pihak lain yakni pihak Perusahaan Negara, dengan menerima bagian keuntungan yang telah yang telah ditentukan.
Contractional (compressional) duplex
Zona sesar dupleks yang terbentuk akibat gaya kompresi, berupa struktur bunga positif (lihat juga: strike slip duplex system).
Convension
Perubahan distribusi titik didih umpan sesudah melalui pengolahan; biasanya menjadi fraksi-fraksi yang bertitik didih lebih rendah.
Conventional gas
Gas yang diproduksi dengan teknologi yang ada pada biaya tidak lebih tinggi daripada harga pasar.
Conventional process
Proses pengolahan minyak bumi berdasarkan pemisahan secara fisika, misalnya destilasi, ekstraksi, absorpsi dan lain-lain.
Conversion process
Proses pengolahan minyak bumi berdasarkan perubahan secara kimia misalnya perengkahan, polimerisasi, hidrogenasi, isomerasasi dan lain-lain.
Cooler
Alat pengalih panas yang terutama berfungsi untuk menurunkan suhu salah satu fluida yang melawati alat tersebut.
Cooperative Fuel Research Engine
Mesin yang bersilinder tunggal, dengan katup atas, dan rasio kompresi yang dapat diubah-ubah, digunakan untuk mengukur angka oktan bensin atau angka oktan solar.
Coordinating Lubricant And Equipment Research Committee
Kelompok yang didirikan pada tahun 1950 oleh CRC (Coordinating Research Council) di Amerika Serikat untuk meneliti pengujian minyak motor agar dapat diteapkan metode pengujian yang tepat.
Coorperative Fuel Research
Panitia (komite) yang beranggotakan tenaga ahli teknik pengilangan, pembuat motor, konsumen minyak, juga tenaga ahli teknik dari universitas dan Pemerintah Amerika Serikat yang mengawasi pengujian dan penelitian bahan bakar motor untuk Coordinating Research Council (CRC) secara terkoordinasi.
Copolymer
Hasil penggabungan dua molekul atau lebih yang berbeda untuk membentuk molekul tanggal; contohnya adalah Buna S yaitu hasil penggabungan butediena dengan stirena.
Copolymerization
Reaksi penggabungan dua atau lebih molekul yang berbeda untuk membentuk molekul tunggal yang disebut kopolimer yang mengandung unsur-unsur yang sama dan dengan perbandingan dan struktur yang sama pula seperti dalam molekul-molekul asalnya. (lihat juga : polimerization)
Copper disk gum
Kandungan getah dalam bensin dinyatakan dalam miligram per 100 ml bensin, yang didapatkan apabila bensin diuapkan pada kondisi terkontrol di dalam pinggan tembaga licin; menunjukkan kadar getah potensial di dalam bensin.
Copper number
Kandungan sulfur merkaptan dalam bensin dinyatakan malam miligram per 100 ml percontoh.
Copper strip corrosion (test)
Metode kualitatif untuk menentukan sifat korosi suatu produk dengan mengukur efek korosi itu terhadap lempengan kecil tembaga mengkilap yang dicelupkan ke dalam produk itu.
Copper sweetening
Proses pengoksidasian merkaptan menjadi disulfida dengan menggunakan klorida tembaga; yang berbentuk bubur lempung, larutan dalam air, atau endapan pada dasar berpori.
Core
Percontoh batuan berbentuk silinder yang dipotong dengan mata bor khusus untuk mempelajari formasi tempat batuan itu diambil.
Core analysis
Studi yang mempelajari sifat batu inti yang dilakukan di dalam laboratorium untuk menentukan sifat-sifat formasi tempat batu inti diambil seperti porositas, permeabilitas, dan kelarutan asam.
Core barrel
Tabung pipa khusus yang dilengkapi dengan sepatu pemotong atau yang dapat disambungkan dengan pahat inti intan; panjang pipa dapat mencapai 10 meter.
Core catcher
Bumbung yang digunakan untuk mengambil percontoh batuan dalam suatu pengeboran.
Core Oil (Minyak Cor):
Minyak yang mempunyai sifat khusus yang cocok dipergunakan sebagai perekat pasir dalam pembuatan inti cetakan cor.
Core Barrel (Tabung Batu Inti; Tabung Teras):
Tabung pipa khusus yang dilengkapi dengan sepatu pemotong atau yang dapat disambungkan dengan pahat inti intan; panjang pipa dapat mencapai 10 meter.
Core Catcher (Pemegang Batu Ini; Pemegang Teras):
Bumbung yang digunakan untuk mengambil percontoh batuan dalam suatu pengeboran.
Corrosion (Korosi):
Proses rusaknya logam karena mengalami reaksi kimia dengan lingkungannya.
Coring
Mengambil percontoh batuan dari formasi yang sedang dibor dengan mata bor khusus untuk keperluan informasi geologi.
Correlation index (CI)
Faktor yang digunakan untuk mengevaluasi sifat masing-masing fraksi minyak dengan berdasarkan nilai nol untuk hidrokarbon rantai lurus dan nilai seratus untuk benzena; memberi gambaran tentang rasio hidrogen karbon.
Corrosion inhibitorCP 500-000
Aditif yang ditambahkan kepada bahan bakar atau cairan lain untuk melindungi permukaan logam yang bersentuhan dengan bahan bakar atau cairan itu dari serangan korosi.call center pelanggan yang menghubungkan antara Pertamina dengan pelanggan BBM Retail. Melalui CP 500-000 pelanggan dapat memperoleh informasi seputar produk dan layanan BBM Retail, perijinan, kelauhan, masukkan, dll
Crack a valve
Membuka keran sedikit agar terjadi aliran yang kecil.
Cracked Naphtha (Nafta Rengkahan):
Nafta hasil proses perengkahan seperti perengkahan termal, perengkahan katalitik, perengkahan viskositas, dan pengkokasan yang memecah molekul hidrokarbon; biasanya mengandung banyak olefin.
Cracker
Lihat : cracking still
Cracking
Proses di dalam reaktor kilang yang memecahkan molekul hidrokarbon besar (dalam bahan); lewat pemanasan, peningkatan tekanan, atau penggunaan katalis sehingga menjadi molekul hidrokarbon yang lebih kecil yang bertitik didih lebih rendah dan stabil.
Cracking activity
Lihat : catalytic activity
Cracking chamber
Lihat : reaction chamber
Cracking coil
Alat yang digunakan dalam pengilangan untuk merengkah minyak fraksi beras, terdiri atas lilitan pipa berat yang melewati tanur, sehingga dengan demikian minyak yang melalui pipa itu terkena suhu tinggi.
Cracking still
Perangkat tungku, ruang reaksi, dan fraksionator untuk mengubah fraksi berat menjadi bensin dengan cara konversi termal. pemasak-rengkah;
Crankcase (oil) dilution
Pengenceran minyak lumas yang terjadi karena komponen terberat dari bensin masuk ke dalam karter.
Crater
Lubang besar berbentuk corong pada bagian atas lubang bor akibat terjadinya semburan liar atau kadangkadang akibat runtuh.
Craton
bagian kulit bumi yang telah stabil dan sudah lama tidak mengalami deformasi lagi.
CRC method
Prosedur pengujian yang ditentukan oleh Coordinating Research Council di Amerika Serikat.
Creaming curve
Kurva yang menggambarkan kecenderungan penemuan lapangan minyak disuatu kawasan minyak, yang menunjukkan bahwa lapangan yang terbesar ditemukan lebih dahulu, diikuti oleh penemuan lapanganlapangan yang lebih kecil.
Created fractures
Rekahan yang dibuat dengan memberikan tekanan hidraulis dengan fluida perekah atau tekanan melalui rangkaian pipa pengeboran terhadap reservoir.
Cretaceous system
Sistem batuan yang berbentuk menjelang akhir masa Mesozoikum, didahului oleh sistem Jura dan diikuti oleh batuan-batuan yang pertama dari sistem Tersier.
Critical solution temperature (CST)
Suhu pembatas yang di atasnya dua cairan saling melarut sempurna dan di bawahnya hanya melarut sebagian.
Crossover joint
Sepotong pipa selubung yang mempunyai ulir berbeda pada kedua ujungnya, yang digunakan untuk menyambungkan dua pipa yang berbeda ukuran ulirnya.
Crown block
Kerekan beroda banyak yang dipasang di atas derek atau menara untuk mengangkat dan menurunkan perlengkapan seperti pipa bor, pipa selubung, pipa sembur, dan batang isap.
Crude Assay (Pemeriksaan Minyak Bumi):
Penentuan sifat-sifat distilasi umum dan kualitas lain dari jenis minyak bumi.
Crude Distillation (Distilasi Minyak):
Pemisahan minyak bumi menjadi fraksi-fraksi dengan trayek didih tertentu melalui proses penguapan dan pengembunan di dalam menara suling.
Crude Distillation Unit (CDU) (Distilasi Minyak Mentah):
Peralatan distilasi untuk memasak minyak bumi sehingga dapat dipisahkan menjadi berbagai produk.
Crude Oil (Minyak Bumi):
Campuran berbagai hidrokarbon yang terdapat dalam fase cair dalam reservoir di bawah permukaan tanah dan yang tetap cair pada tekanan atmosfer setelah melalui fasilitas pemisah di atas permukaan.
Crude scale wax
Lilin padat yang dihasilkan dari proses penetesan awal lilin lunak dan dapat diteteskan lagi untuk menghasilkan lilin padat yang mempunyai titik leleh lebih tinggi.
Crude still
Peralatan distilasi untuk memasak minyak bumi sehingga dapat dipisahkan menjadi berbagai produk.
Crude yellow scale
Lilin parafin bermutu rendah; umumnya berwarna kuning.
Cryogenik tank CSR
Tangki yang dipergunakan untuk mengangkut jenis gas hanya dapat dicairkan pada suhu sangat rendah. Corporate Social Responsibility
CST
Lihat: critical solution temperature
CT
Lihat: combustion tubine
CumeneCustomer GatheringCustomer Loyalty IndexCustomer Satistfaction IndexCustomer Satisfaction Survey
Nama lain dari isopropil benzena, suatu cairan tidak berwarna yang dibuat melalui alkilasi benzena dan propilena, digunakan sebagai bahan pencampur bensin pesawat terbang, (avgas) pelarut, dan dalam pembuatan lak dan bahan kimia, juga dalam produksi fenol dan aseton.Suatu kegiatan temu pelanggan untuk mempererat hubungan antara konsumen sebagai catatan untuk mengetahui kondisi dan tingkat kebutuhan konsumen akan BBMSuatu angka yang diperoleh dari Customer Loyalty Survey yang menunjukkan tingkat loyalitas pelanggan terhadap produk dan pelayanan yang diberikan oleh BBM RetailSuatu angka yang diperoleh dari hasil customer satisfaction survey yang menunjukkan tingkat kepuasan pelanggan atas produk dan pelayanan yang diberikan oleh BBM RetailSuatu jenis kegiatan survei yang diperuntukkan menilai/ mengukur tingkat kepuasan pelanggan dengan indikator-indikator yang telah ditetapkan
Cut
Berbagai senyawaan hidrokarbon dalam campuran minyak bumi yang dapat dipisah-pisahkan menurut trayek didihnya.
Cut oil
Minyak yang mengandung air dalam bentuk emulsi.
Cut Point (Titik Pisah):
Suhu didih sebagai pemisah fraksifraksi minyak bumi atau bahan baku lain yang dipakai sebagai umpan.
Cutback
Pencampuran minyak berat dengan minyak yang lebih ringan agar minyak berat tersebut memenuhi spesifikasi yang diinginkan.
Cutback asphalt
Aspal yang dicairkan dengan penambahan zat cair yang mudah menguap, seperti naftah atau koresin; menjadi padat kembali bila terbuka ke udara karena zat cairnya menguap.
Cutting
Kepingan batuan yang terjadi karena gerusan mata bor pada batuan formasi pada waktu pengeboran.
Cutting fluid
Cairan yang umumnya berupa emulsi minyak dalam air atau minyak bubut tanpa aditif yang digunakan dalam operasi pemotongan logam untuk melumasi dan mendinginkan mata perkakas dan juga untuk membersihkan bahan yang dikerjakan dari serpihan logam.
Cutting oil
Jenis hasil pengilangan minyak bumi atau minyak hewani yang dipergunakan dalam proses pembubutan logam; kadang-kadang mengandung aditif seperti senyawaan belerang, klor atau fosfor.
Compressed natural gas (CNG):
gas bumi yang dimampatkan dalam bejana baja pada tekanan tinggi, tanpa pencairan gas, sehingga dapat di transportasikan tanpa pipa, dan dapat dimanfaatkan terutama untuk kendaraan bermotor.
Cycle time, drilling fluid
Waktu yang diperlukan untuk memompakan lumpur pengeboran dari bak lumpur ke dasar lubang bor dan kembali ke bak lumpur.
Cyclohexane
C6H12, zat cair tanpa warna, digunakan sebagai pelarut untuk turunan selulosa, lilin, resin karet, dan salut permukaan, zat antara dalam pembuatan nilon.
Cycloversion (desulfurization)
Proses pengawabelerangan nafta dengan reformasi sedang; dikomersilkan oleh Phillips.
Cylinder oil
Minyak kental yang digunakan untuk pelumasan silinder dan katup mesin uap.
Cylinder stock
Minyak lumas residu berwarna tua yang sangat kental dan yang digunakan sebagai bahan dasar untuk minyak lumas silinder mesin uap.
D.
D and a (drill and abandon)
Sumur yang setelah dibor langsung ditinggalkan untuk selamanya. (lihat juga : abandoned well)
Damper
Peranti pengatur aliran gas bakar melalui lubang-lubang tungku.
Dangerous atmosphere
Udara yang mengandung gas atau uap dengan konsentrasi yang mudah tersulut. (lihat juga: toxic atmosphere).
Danian system
Sistem batuan yang terbentuk pada zaman Tertier di Denmark dan kawasan sekitarnya; dilapangan Ekofisk (Laut Utara) mengandung minyak.
Darcy
Satuan ukuran permeabilitas suatu batuan yang meluluskan cairan yang viskositasnya 1 sentipoise pada beda tekanan 1 atmosfer per sentimeter dengan kecepatan 1 sentimeter per detik.
Darcy’s law
Hubungan matematis antara benyaknya fluida yang keluar dari reservoir, permeabilitas batuan reservoir, kemiringan reservoir, dan luas penampang reservoir; sangat penting untuk perhitungan aliran fluida dalam media berpori, misalnya minyak di ddalam reservoir. (lihat juga: darcy)
Dark smoke
Asap yang tingkat kehitamannya 2 skala Rangelmann atau lebih.
Data buoy
Stasiun hidrografis tidak berawak yang dapat mengukur dan mengirimkan data suhu dan tekanan udara, arah dan kecepatan angin, suhu dan salinitas air, kecepatan suara dalam air, arah dan kecepatan arus, dan radiasi matahari.
Data logger
Peranti pencatat kondisi suatu tempat sebagai fungsi dari ruang dan waktu; digunakan bila banyak parameter yang perlu diukur, dihitung, dianalisis, atau ditayangkan, misalnya tekanan, suhu, laju alir, kecepatan, kerapatan, komposis.
Datum
Referensi hipotesis yang umum dipakai untuk interpretasi data geofisika atau data pemboran sumur, misalnya permukaan laut.
Deactivation
Penurunan aktivitas katalis karena bagian aktif partikelnya tertutup oleh pengotor, atau karena perubahan struktur partikel katalis itu.
Dead line
Kabel bor dari kumpulan kerek puncak ke penambat.
Dead man
Jangkar yang tertanam dan berfungsi sebagai penambat labrang untuk memperkuat tegaknya menara pengebor.
Dead oil
Minyak bumi yang pada dasarnya tidak mengandung gas lagi.
Dead weight ton (DWT)
Berat air dalam ukuran ton yang dipindahkan oleh bagian badan kapal yang tercelup di dalam air dalam keadaan muatan penuh dikurangi berat kapal.
Dead well
Sumur yang tidak berproduksi.
Dealkylation
Proses melepaskan gugus alkil dari suatu molekul, misalnya dalam pembuatan benzena dari alkil benzena. (Lihat Juga: Alkylation)
Deasphalted oil
Minyak yang kandungan aspalnya telah disingkirkan. (lihat juga: propana deasphalting)
Deasphalting
Proses pengilangan dengan zat pelarut propana cair untuk memisahkan unsur aspal dari residu minyak dengan cara pengendapan.
Debutanizer
Kolom fraksionasi pada proses pengolahan seperti pada instalasi bensin alam yang memisahkan butana dan komponen lain yang lebih ringan yang keluar lewat bagian atasnya.
Decanted oil
Aliran dasar menara distilasi dari unit perengkahan katalitik alir setelah dipisahkan dari katalis.
Decarbonizing
Proses konversi termal untuk mendapatkan sebanyak mungkin minyak disol dan sedikit mungkin kokas dan bensin; pada dasarnya sama dengan proses pengokasan tunda, tetapi pada suhu dan tekanan yang lebih rendah.
Decoking
Pembersihan kokas minyak bumi dari peralatan seperti drum pengokas.
Decolorizing
Proses penyingkiran aromakotoran yang berupa suspensi, koloida, yang terlarut dalam produk minyak.
Deep rig
Perangkat pengeboran yang dirancang untuk mengebor sumur dalam (lebih dari 9.000 m).
Deep well
Sumur yang paling dalam yang pernah di bor di industri minyak hingga dewasa ini, yaitu sekitar 9.000 meter.
Deethanizer
Kolom fraksionasi pada instalasi bensin alam yang memisahkan etana dari komponen yang lebih ringan yang keluar lewat bagian atasnya.
Degree API
Lihat : API gravity
Dehydrocyclization
Proses yang terjadi dalam reformasi katalitik yang melepaskan hidrogen dari parafin dan membentuk naftena.
Dehydrogenation
Penyingkiran hidrogen dari molekul hidrokarbon.
Delayed coking
Proses termal semimalar untuk mengubah fraksi berat menjadi kokas, gas bensin, dan minyak disol dengan memanaskan umpan dan membiarkannya di dalam drum kokas selama beberapa waktu sehingga mengalami perengkahan yang dikehendaki.
Delayed knock
Lihat : diesel knock
Delineation well
Lihat : appraisal well
Delta (temperature)
Perbedaan antara suhu masuk dan suhu keluar pada suatu alat. misalnya: pada reaktor, dan alat pertukaran panas.
Demerit rating
Skala numerik yang peningkatan angkanya menunjukkan keadaan yang lebih buruk; digunakan misalnya sebagai ukuran pengotoran bagianbagian mesin kendaraan bermotor.
Demethylation
Proses dealkilasi yang melepaskan gugus metil saja
Demethylation
Proses dealkilasi yang melepaskan gugus metil saja. Lihat juga: dealkylation
Demulsiifier
Aditif yang digunakan untuk memisahkan minyak dan air dari emulsinya.
Demurrage 1
Penahanan kapal oleh pemuat barang yang melebihi waktu yang diizinkan untuk pemuatan atau pembongkaran barang.
Demurrage 2
Biaya yang dibebankan pada pemuat barang karena menahan kapal melebihi waktu yang diizinkan.
Density
Berat zat setiap satuan volume; contohnya, kerapatan lumpur pengeboran dapat dinyatakan sebagai 10 paun (lb) per galon atau 75 paun per kaki kubik.
Deoiling
Pengurangan jumlah minyak cair yang terkandung di dalam lilin padat melalui proses pemanasan perlahan-lahan sehingga menetes keluar seakan-akan «berkeringat» atau dapat juga dengan penggunaan pelarut yang cocok (lihat juga: sweating)
Depentanizer
Kolom fraksionasi untuk menyingkirkan pentana dan fraksi yang lebih ringan dari campuran hidrokarbon.
Depletion allowance
Pengurangan pajak bagi produsen mineral sebagai kompensasi atas habisnya modal yang tak terkembalikan.
Depositional sequence
Runtunan sedimen yang saling berkaitan secara genetik, terbentuk pada suatu masa pengendapan, dan dibatasi oleh bidang-bidang ketakselarasan atau bidang-bidang terusan keselarasan korelatifnya. (lihat juga: correlative conformity)
Depropanization
Distilasi untuk memisahkan propana dan komponen lain yang lebih ringan dari fraksi C4 dan yang lebih berat.
Depropanizer
Kolom praksionasi pada instalasi bensin alam yang memisahkan propana dan komponen lain yang lebih ringan dari fraksi C4 dan yang lebih berat lewat bagian atas kolom.
Depthometer
Peranti yang bekerja berdasarkan prinsip gelombang bunyi yang dipantulkan dan digunakan untuk menentukan permukaan statik cairan dalam sumur, yaitu jarak permukaan itu dari permukaan tanah (atas).
Deresining, solvent
Lihat:solvent deasphalting
Derrick
Bangunan konstruksi baja yang dibangun di tapak sumur dengan tujuan menyangga posisi katrol, sebagai penahan rangkaian pipa bor, dan untuk pemasangan pipa selubung atau pipa sembur.
Derrick floor
Pelataran kerja tempat awak pengeboran melakukan pekerjaan cabut-masuk dan penyambungan pipa.
Derrickman
Anggota regu kerja yang tugasnya di menara bor bagian atas pada waktu rangkaian pipa (bor/selubung) dicabut atau dimasukkan ke sumur.
DERV (diesel engine road vehicle) fuel
Jenis bahan bakar minyak untuk mesin diesel putaran tinggi.
Desalting
Pengambilan garam mineral (terutama garam klorida) dari minyak bumi.
Desander
Alat dalam sistem sirkulasi fluida pengeboran yang berfungsi sebagai pembuang pasir; bekerja dengan prinsip memisahkan pasir dengan gaya sentrifugal di dalam suatu siklon tempat fluida berputar.
Desorptio
Proses penyingkiran bahan terjerap dari bahan penjerap (kebalikan dari proses penjerapan); juga digunakan untuk kebalikan proses penyerapan.
Destructive distillation
Proses penyulingan senyawaan organik pada suhu tinggi yang dapat menguraikan senyawaan itu.
Desulfurization
penyingkiran belerang atau senyawaan belerang dari bahan baku proses.
Detergent
Zat pembersih yang cair atau padat.
Detergent additive
Senyawaan kimia yang, jika dicampurdengan minyak lumas, manjaga agarhasil oksidasi dari bahan bakar danpelumas yang padat dan setengahpadat tetap dalam suspensi; mencegahpembentukan endapan yang dapatmenyebabkan melengketnya cicintorak.
Detergent oil
Minyak lumas yang digunakan dalam beberapa motor bakar, yang mempunyai sifat-sifat dapat menahan partikel-partikel lumpur dalam suspensi sehingga dengan demikian menunjang kebersihan mesin; biasanya karena minyak ini dibubuhi aditif tertentu.
Detergent, synthetic
Bahan yang mempunyai daya pembersih seperti sabun tetapi bukan berasal dari asam lemak; digunakan dalam cairan pembersih dan serbuk pembersih, juga sebagai aditif minyak lumas.
Detonation
Peristiwa yang berlangsung pada motor bensin bila bagian terakhir dari campuran bahan bakar dan udara yang cukup banyak terbakar dengan serentak karena mencapai titik swanyala; letusan yang terjadi dikenal sebagai ketukan motor bensin.
Development well
Sumur yang dibor di daerah yang telah terbukti mengandung minyak atau gas dengan tujuan mendapatkan produksi yang diinginkan
Deviation
Penyimpangan arah lubang bor dari garis vertikal, yang dinyatakan dalam derajat dan diukur pada beberapa kedalaman.
Dew point
Suhu saat uap mulai mengembun dan berubah kembali menjadi fase cair.
Dewaxed oil
Minyak lumas yang sebagian kandungan lilinnya telah disingkirkan.
Dewaxing
Proses penyingkiran lilin dari minyak lumas dengan cara pendinginan dan penyaringan, ekstraksi dengan pelarut, atau dengan penghidrorengkahan selektif. (lihat juga: dewaxing oil)
DI
Lihat: direct injection
Diachronous
Satuan litologi yang terlihat seperti lapisan menerus, tetapi pada kenyataannya merupakan perkembangan fasies yang sama pada tempat dan waktu yang berbeda.
Diagnesis
Segala proses ubahan fisika dan kimia pada sedimen yang telah diendapkan, yang terjadi sebelum selesainya transisi menjadi batuan sedimen, meliputi kompaksi, sementasi, rekristalisasi, penggantian dan autigenesis.
Diamond bit
Pahat yang dilengkapi dengan intan industri untuk pengeboran formasi batuan keras. (lihat juga: bit)
Diamond core drill bit
Mata bor yang dilengkapi dengan intan industri dan digunakan pada operasi pemercontohan teras.
Diapir
Kubah atau antiklin yang terbentuk karena bahan-bahan intinya yang bersifat plastis terangkat dan kadangkadang sampai menembus lapisanlapisan di atasnya.
Die collar
Soket baja yang dirancang untuk memancing pipa yang tertinggal di dalam lubang sumur. (lihat juga: tapered tap)
Diesel engine road vehicle fuel
Jenis bahan bakar minyak untuk mesin diesel putaran tinggi.
Diesel fuel
Minyak yang digunakan sebagai bahan bakar mesin diesel dan jenis mesin industri (mesin kapal) yang mempunyai kecepatan putar rendah atau sedang.
Diesel index
Nilai yang dihitung dari titik anilin dan berat jenis minyak diesel yang digunakan sebagai petunjuk kualitas penyalaan minyak diesel.
Diesel knock
Bunyi yang timbul karena meningginya tekanan secara tiba-tiba akibat terbakarnya bahan bakar minyak yang terkumpul dalam jumlah besar di dalam ruang bakar silinder mesin diesel, sebagai akibat periode tunda nyala yang panjang.
Differential fill-up collar
Peranti yang dipasang di atas sepatu selubung untuk mengatur banyaknya lumpur yang masuk dari anulus ke dalam selubung sehingga selubung tidak mengapung pada waktu pemasangan.
Differential fill-up shoe
Peranti seperti soket diferensial, tetapi ditempatkan di bagian bawah pipa selubung dan tergabung dengan sepatu pemandu.
Differential pressure
Perbedaan tekanan antara dua titik; misalnya perbedaan tekanan pada suatu titik yang diketahui di dalam sumur antara tekanan hidrostatik kolom fluida pengeboran dan tekanan formasi.
Dilution (crankcase oil)
Tercampurnya bensin dengan pelumas di dalam karter akibat cara penyalaan dan perlakuan mesin yang ceroboh; sangat dipengaruhi oleh mutu bahan bakar, terutama titik 90% distilasi. (lihat : crankcase (oil) dilution)
Dilution (drilling mud)
Peningkatan kadar cairan pada fluida pengeboran dengan menambahkan air atau minyak.
Dilution factor
Perbandingan antara volume lumpur pengeboran yang sebenarnya dibutuhkan untuk mengebor panjang interval tertentu dengan menggunakan sistem penyingkiran padatan, terhadap hasil perhitungan dari volume lumpur pengeboran yang diperlukan untuk mempertahankan fraksi padatan yang sama didalam lumpur pengeboran dalam panjang interval yang sama tanpa sistem penyingkiran padatan.
Dilution rate
Laju penambahan cairan dalam galon per menit atau barel per jam, ke dalam sistem sirkulasi guna pengelolaan padatan dalam lumpur pengeboran.
Dilution ratio
Perbandingan volume cairan pengencer terhadap volume lumpur pengeboran sebelum diencerkan yang diumpankan ke dalam pemisah cairanpadatan.
Dilution waterDinas Metrologi
Air yang dipakai untuk mengencerkan lumpur pengeboran.Badan pemerintah yang memiliki tanggung jawab serta kompetensi dalam melakukan kalibrasi alat ukur BBM
Diolefin
Hidrokarbon rantai terbuka yang mempunyai dua ikatan rangkap dalam satu molekul dengan formula empiris CnH(2n-2); contohnya butadiena yang dipakai untuk membuat karet sintetik.
Diolefin hydrogenation
Proses untuk hidrogenasi fraksi diolefin C4 dan C5 menjadi monoolefin.
Dip
Sudut yang dibentuk oleh perlapisan batuan terhadap bidang horizontal.
Directional drilling
Pengeboran miring yang direncanakan menuju satu titik sasaran.
Directional sidetractk (drilling)
Pengeboran lubang baru dengan sudut dan arah tertentu untuk mencapai titik sasaran baru pada sumur yang sama.
Dirty sand
Batuan reservoir pasir yang mengandung sejumlah mineral lempung.
Disconformity
Jenis ketidakselarasan dengan lapisan di atas dan di bawah bidang ketidakselarasan itu sejajar. (lihat juga: unconformity)
Discovery well
Sumur eksplorasi yang terbukti mampu menghasilkan hidrokarbon secara komersial.
Dispersant additive
Senyawaan yang jika ditambahkan kepada minyak lumas, menjaga agar hasil oksidasi bahan bakar menyebar dalam keadaan halus dan karena itu mengurangi pembentukan kotoran dan pembuntuan saringan, terutama pada motor bensin yang bekerja pada kondisi dingin.
Displacement (nautical)
Bobot air laut dalam ikuran ton (35 kaki kubik) yang dipindahkan oleh bagian kapal yang ada di dalam air.
Disposal well
Sumur tempat menyalurkan kembali air (umumnya air asin) ke dalam formasi.
Dissolved gas drive
Gas terlarut yang mendorong minyak ke lubang sumur. (lihat juga:solution gas drive)
Distillate
Bagian cairan yang teruapkan dan kemudian diembunkan selama proses penyulingan.
Distillate fuel oil
Fraksi minyak bumi yang dihasilkan dengan proses penyulingan konvensional; biasanya menjadi komponen campuran minyak pemanas ringan, minyak diesel, dan solar.
Distillation
Proses pemisahan minyak bumi atau cairan lain menjadi fraksi-fraksinya berdasarkan perbedaan titik didih melalui penguapan dalam bejana tertutup dan kondensasi uapnya menjadi cairan.
Distillation column
Bejana tinggi berbentuk silinder di kilang minyak untuk memisahmisahkan umpan hidrokarbon menjadi fraksi-fraksi komponen, gas, dan produk cair dalam urutan titik didih yang meningkat.
Distillation curve
Kurva yang memetakan persentase distilat terhadap suhu.
Distillation loss
Bahan yang hilang dalam uji suling distilasi dilaboratorium yang dinyatakan sebagai selisih antara banyaknya umpan yang dimasukkan ke dalam labu distilasi dan jumlah residu serta distilat yang diperoleh.
Distillation range
Garis kurva yang menggambarkan titik didih minyak pada setiap volume pengukuran yang didistilasi mulai dari titik didih permulaan sampai titik didih akhir.
Distillation stripping
Operasi distilasi fraksional yang dilaksanakan pada masing-masing produk aliran samping, langsung setelah keluar dari menara distilasi utama untuk memisahkan komponenkomponen yang lebih mudah menguap dan oleh sebab itu menurunkan titik nyala dari produk aliran-samping tersebut; disusun satu di atas yang lain dalam satu menara , tetapi masingmasingnya beroperasi sebagai unit tersendiri.
Distillation testDistribution Cost
Prosedur baku untuk menentukan titik didih awal, tengah, dan akhir dalam trayek didih suatu minyak tertentu. Biaya yang dibebankan sebagai jasa angkut BBM
distribution octane number (DON)
Angka oktana dari bagian-bagian bensin menurut potongan-potongan trayek didih tertentu; yang terpenting di antaranya adalah bagian yang menguap 10% menurut uji distilasi ASTM, yang sangat menentukan dalam penyalaan awal mesin.
Disulfide oil
Minyak yang diperoleh sebagai hasil oksidasi merkaptan yang dihasilkan dari ekstraksi fraksi minyak ringan.
Diurnal losses
Kehilangan bahan bakar karena panas matahari telah menyebabkan pengembangan uap di dalam tangki bahan bakar.
Doctor solution
Larutan natrium plumbit yang digunakan dalam pemurnian doctor yaitu suatu proses untuk menyingkirkan senyawaan merkaptan dari bensin atau distilat ringan minyak bumi; terbuat dari timbel oksida dan natrium hidroksida.
Doctor sweetening
Proses pemurnian bau dan warna bensin, zat pelarut, dan kerosin, yang mengubah senyawaan merkaptan menjadi disulfida dengan menggunakan natrium plumbit dan belerang.
Doctor testDODO
Cara untuk menentukan ada tidaknya senyawaan merkaptan dalam distilat minyak bumi guna menentukan apakah minyak tersebut minyak atsiri atau minyak kasren.Dealer Owned Dealer Operated
Dog leg
Belokan pada pipa, selokan atau sumur yang disebabkan oleh perubahan arah yang tajam.
Doghouse
Bangunan kecil yang ditempatkan di dekat lantai pengeboran atau tempat kerja yang dipakai sebagai kantor juru bor dan sebagai tempat penyimpanan barang-barang kecil.
Dolostone
Batuan sedimen yang sebagian besar atau seluruhnya terdiri atas mineral dolomit.
Dome
Struktur geologis yang menyerupai mangkok terbalik; suatu antiklin pendek yang sisi-sisinya menghujam ke semua arah.
DON
Lihat: distribution octane number
Donkey pump
Pompa kecil yang digunakan untuk berbagai jenis operasi pemompaan kecil-kecilan dan bersifat sementara.
dope 1
Gemuk atau bitumen pelapis untuk mengolesi ulir pipa di lapangan minyak sebagai pencegah kebocoran.
dope 2
Lihat: additive
Double-solvent extraction
Proses yang memakai dua pelarut untuk sekaligus melakukan pengawaaspalan dan perlakuan terhadap bahan pelumas.
Doughnut
Cincin berbaji-baji atau cincin berulir menirus untuk menahan rangkaian pipa.
Down comer
Alat untuk mengalirkan cairan dari sebuah piringan ke piringan yang ada di bawahnya di dalam kolom fraksionasi.
Down time 1
Periode berhenti berkerja, misalnya karena tidak cocoknya suatu alat untuk pemakaian karena perbaikan besar, atau karena cuaca buruk.
Down time 2
Waktu yang terpakai oleh lumpur pengeboran untuk mengalir dari lantai kerja sampai ke pahat.
Downstream
Semua kegiatan yang berlangsung sesudah minyak mentah diproduksikan mulai dari transportasi pengolahan, sampai pemasaran.
Drag bitDPKP
Pahat yang dipergunakan untuk pengeboran formasi lunak. (lihat juga: bit)Dewan Pembinaan Karier Pekerja
Drag reducing agent
Jarak terjauh rata-rata di sekeliling sumur yang dapat dikuras oleh sumur itu.
Drainage radius
Jarak terjauh rata-rata di sekeliling sumur yang dapat dikuras oleh rumus itu.
Draw down (pressure)
Selisih antara tekanan statik dan tekanan alir dasar sumur.
Drawoff
Pipa sambungan untuk mengalirkan cairan dari sisi atau dasar bejana.
Drawworks
Peralatan untuk menaikturunkan pipa dan menggerakkan meja putar.
Dresser sleeve
Soket yang digunakan untuk menyambung pipa berujung rata.
Drift 1
Jarak mendatar dalam sumur miring yang diukur dari titik vertikal di bawah mulut sumur pada kedalaman tertentu (dalam pengeboran).
Drift 2
Air yang terbuang dari menara air pendingin berupa titik-titik cairan karena terbawa oleh udara buang.
Drift, to 1
Mengukur diameter dalam pipa untuk menjamin agar alat-alat, pompa dan sebagainya dapat lewat.
Drift, to 2
Menggeser perlahan-lahan dari garis arah yang betul, menjauhi pusat atau sasarannya yang semestinya. menyimpang;
Drill bit
Lihat : bit
Drill collar
Batang pipa bor yang berat untuk memperbesar tekanan pahat; dibuat dari baja campuran yang kuat, berllubang, dengan panjang 30 kaki dan berat mencapai 1/2 sampat 2 ton.
Drill pipe
Pipa baja yang berfungsi sebagai bumbung pengeboran di dalam sistem pengeboran.
Drill pipe clamp
Kalung jepit untuk memegang pipa bor supaya tidak terjatuh (sewaktu cabut masuk)
Drill pipe cutter
Alat untuk pemotong pipa yang terjepit di dalam lubang sumur agar potongan pipa dapat ditarik kepermukaan.
Drill stem
Lihat: drill string
Drill stem test (DST)
Metode uji untuk menentukan kandungan formasi yang dapat diproduksikan dari suatu lapisan; dilakukan di dalam lubang berpipsa selubung ataupun terbuka.
Drill string
Rangkaian yang terdiri atas soket putar, pipa bor, penyambung pipa, pipa kemudi/leher bor dan pahat bor; bersambung dengan kepala putar di dalam menara bor dan diputar oleh meja putar.
Drilled solid
Padatan formasi yang masuk ke dalam sistem lumpur pengeboran, baik serbuk yang dihasilkan oleh pahat maupun padatan yang berasal dari dinding lubang sumur. (Lihat Juga: cutting)
Drilled solids removal system
Semua peralatan dan proses yang digunakan dalam pengeboran sumur untuk menyingkirkan padatan yang berasal dari dalam sumur dan terbawa oleh lumpur pengeboran (misalnya, pengendapan, pengayakan, penyingkiran pasir, penyingkiran lanau, sentrifugasi; dan pembuangan.
Driller
Kepala kelompok pekerja bor yang mengambil semua keputusan dan memberikan instruksi dalam melaksanakan kegiatan pengeboran.
Driller’s report
Catatan yang harus selalu berada di lokasi pengeboran, yang diisi oleh juru bor selama giliran tugas, yang menunjukkan kedalaman yang dibor, pemeriksaan lumpur pengeboran, catatan pahat, serta semua kejadian penting lainnya.
Drilling
Kegiatan pembuatan lubang sumur dengan alat bor untuk mencari, mengeluarkan, atau memasukkan fluida formasi.
Drilling block
Sebidang tanah atau lebih yang berdampingan yang luasnya dinilai cukup untuk secara ekonomis melakukan pengeboran sumur taruhan.
Drilling cable
Lihat : drilling line
Drilling crew
Regu kerja yang terdiri atas juru bor, pekerja atas dan beberapa pembantu untuk melaksanakan operasi pengeboran atau kerja ulang.
Drilling fluid
Lihat: drilling mud
Drilling fluid additive
Zat yang ditambahkan ke dalam lumpur pengeboran untuk menghasilkan efek atau sifat tertentu.
Drilling fluid analysis
Pemeriksaan dan pengujian lumpur pengeboran untuk menentukan sifat fisika dan kimia serta kemampuan fungsionalnya.
Drilling fluid cycle time
Waktu yang diperlukan untuk memindahkan fluida dari selongsong selang putar ke saluran pengalir pada lubang bor; siklus tersebut setara dengan jumlah barel fluida pengeboran di dalam lubang dikurangi dengan perpindahan pipa dibagi dengan laju sirkulasi dalam barel per menit.
Drilling foreman
Pemimpin regu kerja pada operasi pengeboran atau kerja ulang.
Drilling in
Proses pengeboran ke atau di dalam lapisan produktif atau lapisan yang berpotensi untuk berproduksi.
Drilling line
Kabel baja yang terpasang antara mesin kerek katrol puncak dan kerekan bor yang dipergunakan untuk menurunnaikkan rangkaian pipa bor atau pipa selubung dalam sumur.
Drilling mud
Campuran yang terdiri atas air dan bahan berupa sebuk seperti lempung khusus, serpih dan barit yang diperlukan untuk mengangkut serbuk bor dari dasar lubang, membantu mendinginkan dan melumasi mata bor.
Drilling out
Pengeboran semen di selubung agar dapat mengebor lebih lanjut atau pengeboran semen sebelum menyelesaikan sumur.
Drilling platform
Bangunan tetap penyangga perangkat pengeboran lepas pantai yang memungkinkan pengeboran beberapa sumur.
Drilling rate
Kecepatan pahat menembus formasi yang sedang di bor.
Drilling rig
Unit pengeboran yang terdiri atas derek dan peralatan permukaan.
Drilling spool
Potongan pipa pada pencegah semburan liar (PSL) tempat menyambungkan saluran pemati dan pipa jepit.
Drilling under pressure
Pelaksanaan operasi pengeboran dengan membiarkan perapat terpasang pada puncak lubang sumur untuk mencegah fluida sumur menyembur keluar.
Drip 1
Minyak yang menetes ke dalam palung penampung setelah melewati kainpengempa ketika pengempaan lilin.
Drip 2
Alat yang fungsinya untuk menghilangkan sejumlah kecil cairan dari aliran gas.
Drive bushing
Lihat: kelly bushing, selongsong setang putar
Driveability
Kinerja kendaraan bermotor dalam pengendaraan yang ditunjukkan oleh kemulusan operasi, kemudahan dihidupkan pada kondisi panas atau dingin, kemulusan pada waktu percepatan, dan tidak adanya gejolakgejolak yang tidak dikehendaki.
Drive-in unit
Perangkat perawatan sumur yang dapat dipindah-pindahkan dengan tenaga dari mesin pengangkatnya; ruang kemudi dan roda kendalinya berada pada ujung yang sama dengan penahan tiang, sehingga alat ini dapat digunakan untuk menjangkau kepala sumur.
Dropping point
Suhu pada saat gemuk berubah bentuk dari padat lembek menjadi cair dalam kondisi seperti yang disyaratkan dalam metode uji tertentu.
Drum 1
Bejana baja tipis berbentuk selinder berukuran sekitar 200 liter; banyak digunakan dalam pengemasan produk minyak untuk transportasi dan penyimpanan.
Drum 2
Selubung untuk menggulung kabel, misalnya pada pusat penggerak untuk menaikturunkan pipa bor.
Dry gas
Gas yang tidak mengandung fraksi yang mudah mengembun pada kondisi standar.
Dry hole
Sumur eksplorasi atau sumur pengembangan yang ternyata tidak dapat memproduksi minyak atau gas dalam jumlah yang ekonomis.
Dry lubricant
Bahan padat berupa serbuk atau lapisan tipis yang digunakan sebagai pelindung pada permukaan logam untuk mencegah terjadinya kerusakan akibat gerakan relatif dan untuk mengurangi gesekan dan keausan.
Dry point
Suhu butir cairan terakhir yang meninggalkan labu pada saat minyak didistilasi dengan metode laboratorium yang standar.
Dryer (drilling fluid)
Pengayak serbuk bor dengan ayak halus yang menyingkirkan kelebihan cairan dan padatan halus dari bahan buangan pengayak serbuk bor sebelumnya dan hidrasiklon; digunakan untuk mengurangi limbah cair dan lumpur pengeboran agar lebih sedikit volume yang terbuang. (Lihat Juga: mud cleaner)
Dry-film lubrication
Pelumasan yang melibatkan lapisan tipis pelumas padat yang digunakan pada salah satu atau kedua permukaan logam bersentuhan.
DST
Lihat: drill stem test
Dual completion
Sumur yang memproduksi dari dua formasi secara serempak; masing-masing lapisan dipisahkan dengan cara memasang dua rangkaian pipa sembur dengan penyekat-penyekat atau memasang satu rangkaian pipa sembur dengan sebuah penyekat dan memproduksi lapisan satunya melalui anulus.
Dual-function catalyst
Katalis yang mempunyai dua fungsi katalitik yang sangat berbeda seperti perengkahan dan hidrogenasi, misalnya katalis platina untuk reformasi dan penghidrorengkahan.
Duplex fault zone
Struktur kompleks yang terdiri atas anjak atap di atas dan anjak lantai di bawah yang di antara keduanya itu terdapat sesar anjak bertumpuk yang menghujam tajam serta menebalkan dan memendekkan panel batuan yang menyela.
Duplex pump
Pompa berpiston dua; umum digunakan untuk memompakan lumpur.
DWT
Lihat: dead weight ton
dynamic correction
(lihat : normal moveout correction) koreksi dinamik
Dynamic positioning
Medote melabuhkan kapal di suatu lokasi tanpa menggunakan jangkar, melainkan dengan menggunakan baling-baling pendorong yang dikendalikan oleh komputer.
E.
Ear Muffeconomic depletion EDC
Penurunan nilai tambang atau reservoir minyak bumi akibat pengambilan isinya. Electronic Data Capture
Echosounder:
Device used to calculate the distance of an obstacle based on the time a soundwave takes to travel to the obstacle and back.
Edeleanu process
Proses pemurnian minyak dengan sulfur dioksida (SO2) cair atau dengan SO2 dan benzena cair pada suhu rendah; dengan modifikasi dapat diterapkan untuk mengambil kandungan aromatik dari nafta, ataupun kandungan aromatik dari distilat minyak yang lebih berat.
Edge water
Lapisan air yang terletak di bawah batuan tudung, di sisi-sisi hidrokarbon dalam antiklin dan dapat berfungsi sebagai tenaga pendorong.
Effective porosity
Persentase volume pori yang saling berhubungan dan dapat dilalui fluida terhadap volume batuan keseluruhan.
Effeluent refrigeration alkylation
Proses alkilasi dengan asam sulfat yang menggunakan efluen reaktor sebagai bahan pendingin untuk mengendalikan suhu reaksi.
Effluent:
Mixture of oil, gas, water and sand discharged from a well.
EGR
Lihat: exhaust gas recirculation
Elastomer
Karet sintesis yang biasa digunakan pada sistem bahan bakar kendaraan bermotor.
Elbow
Pipa bengkok pendek dengan sudut kurang dari 180 derajat, biasanya 90 derajat, yang digunakan untuk menyambung dua pipa.
Electric desalting
Proses kontinu untuk menyingkirkan garam anorganik dan pengotor lainn dari minyak bumi dengan melewatkannya melalui medan elektrostatik.
Electric loging
Lihat: electric well log
Electric well log
Rekaman sifat-sifat listrik dari informasi sepanjang lubang sumur; dipakai untuk interprestasi mengenai formasi dan fluida yang dikandungnya.
Electrical drilling
Lihat : electro drilling
Electrical well log survey
Survei bagian sumur yang tidak berselubung untuk memperoleh rekaman sifat-sifat listrik formasi.
Electro drilling
Pengeboran dengan menggunakan motor listrik yang ditempatkan di ujung rangkaian pipa bor untuk memutar mata bor.
Electron:
An elementary particle carrying a negative electric charge. An electron’s mass is negligible compared with that of protons and neutrons.
Electrolytic mercaptan process
Proses penyingkiran merkaptan dari fraksi minyak bumi dengan memakai larutan soda; pelarut dipulihkan kembali secara elektrolitik.
Electrostatic precipitator
Unit pemisah partikel debu dan kabut dari aliran udara tercemar, dengan menggunakan medan listrik elektrostatis yang berasal dari tegangan tinggi (40-100 kilovolt).
Elevator
Pemegang rangkaian pipa produksi, pipa bor, atau batang-isap, didalam lubang bor agar bisa diturunnaikkan.
Emulsible oil
Minyak yang mudah membentuk emulsi atau suspensi koloid stabil di dalam air.
Minyak yang mudah membentuk emulsi atau suspensi koloid stabil di dalam air.
Pembentukan despersi suatu cairan dalam cairan lain yang tidak saling melarutkan, misalnya minyak dalam air.
Emulsifier
Bahan yang digunakan untuk membaurkan dua cairan yang tidak saling melarutkan atau untuk mendapatkan campuran yang stabil bila diaduk satu sama lain; ada yang bersifat ion ada yang tidak; yang bersifat ion dibeda-bedakan menjadi jenis-jenis anion, kation, dan amfoter, sesuai dengan sifat ionnya. emulsifikator, pengemulsi
Emulsion
Dua cairan yang terbaur satu dengan lainnya, yang butiran-butiran salah satu cairan itu melayang di dalam cairan lainnya.
End gas
Bagian campuran bahan bakar dan udara yang belum terbakar oleh nyala normal pada akhir pembakaran, yang bila suhunya mencapai titik swanyala, akan terbakar secara serentak dan menimbulkan ketukan motor bensin.
End point
Titik yang menunjukkan berakhirnya suatu operasi atau saat terjadi suatu perubahan yang nyata; dalam titrasi, ini merupakan perubahan warna indikator yang ada di dalam larutan, sedangkan dalam percobaan distilasi, titik ini merupakan suhu tertinggi yang diperlihatkan oleh termometer dalam tabung distilasi.
Endothermic reaction
Reaksi kimia yang berlangsung dengan pemasukan panas untuk menjaga agar bahan pereaksi dan produk tetap berada pada temperatur konstan.
Engine oil
Minyak yang digunakan untuk pelumasan motor bakar dan bagianbagiannya.
Engine sludge
Jenis emulsi dalam minyak motor di dalam karter, akibatan pengotoran dan adanya air yang antara lain berasal dari gas pembakaran yang bocor melalui cincin torak ke dalam karter.
Enhanced recovery:
Recovery techniques designed to extract more hydrocarbons from a reservoir by physical, chemical or thermal means.
Environmental Protection Agency
Instansi pemerintah Amerika Serikat yang ditugasi untuk menyiapkan standar dan melaksanakan pengawasan atas pencemaran di negara tersebut.
EOR
Lihat: enhanced oil recovery
EP additive
Aditif untuk memperbaiki kemampuan pelumas, agar dapat mencegah kontak logam dengan logam pada pasangan permukaan yang dilumasi, pada pembebanan dengan tekanan dan kecepatan geser tinggi.
EP lubricant
Minyak lumas atau gemuk yang mengandung aditif tekanan ekstrem sebagai pencegah kontak logam dengan logam, misalnya dalam operasi roda gigi berbeban tinggi.
EPA
Lihat: Environmental Protection Agency
Epeirogeny
Diastrofisme skala besar yang menghasilkan ciri umum kontinen dan samudera, seperti dataran dan cekungan; berbeda dari proses orogenesis yang menghasilkan pegunungan.
Equipping (a well):
Installing instrumentation to monitor events in a producing well.
Equity crude
Bagian produksi minyak bumi yang menjadi hak perusahaan minyak dalam hal konsesi yang dimiliki bersama oleh pemerintah dan perusahaan minyak; dalam sistem bagi hasil, bagian produksi minyak sesudah dikurangi dengan biaya produksi yang akan dibagi antara pemerintah dan perusahaan minyak.
Escape line
Kabel baja yang dipasang miring untuk meluncurkan kereta penyelamat dari atas rak anjungan derek atau menara ke sebuah penyangga di tanah.
ETBE
Lihat: ethyl tertiary butyl ether
Ethane
Hidrokarbon ringan yang terkandung dalam gas bumi dengan rumus kimia C2H6; berwujud gas pada kondisi atmosferik dan merupakan komponen ringan dalam gas bumi.
Ethyl tertiary butyl ether
Senyawaan oksigenat etil tersier butil eter yang dicampurkan ke dalam bensin untuk meningkatkan angka oktana dan mereduksi emisi karbon monoksida; dibuat dengan mereaksikan etanol dengan isobutilena.
Ethylene
Gas tidak berwarna dengan rumus molekul C2H4; digunakan untuk bahan baku petrokimia.
Eustatic curve
Kurva yang menunjukkan perubahan muka laut global.
Evaporite
Batuan sedimen yang berasal dari larutan garam anorganik pekat yang telah mengalami penguapan; misalnya anhidrit, gipsum dan batu garam.
Existent gum
Residu penguapan bahan bakar pesawat terbang atau residu akibat penguapan bensin yang tidak larut dalam heptana.
Exothermic reaction
Reaksi kimia yang berlangsung dengan mengeluarkan panas, seperti reaksi-reaksi alkilasi, polimerisasi, dan hidrogenasi.
Exotic fuels
Bahan bakar padat dan cair berenergi tinggi yang berasal dari minyak bumi, bahan kimia, atau campurannya; digunakan sebagai propelan roket, peluru kendali, dan satelit antariksa.
Expanded perlite
Batuan vulkanis silikaan yang digerus sampai halus dandipanaskan pada temperatur tinggi di dalam oven sehingga menggembung dan melepaskan air yang terikat di dalamnya dan menjadi partikel-partikel yang gembung dan berpori; digunakan dalam semen untuk menambah volume semen tanpa mengubah sifatsifatnya.
Expansion loop
Lengkungan dalam bagian rangkaian pipa untuk menampung ekspansi dan kontraksi sistem pipa.
Exploitation
Exploitation
Exploitation well
Lihat:development well
Exploration:
Penyelidikan dan penjajakan daerah yang diperkirakan mengandung mineral berharga dengan jalan survei geologi, survei geofisik, atau pengeboran dengan tujuan menemukan deposit dan mengetahui luas wilayahnya.
Explosive limits
Batas maksimum dan minimum komposisi campuran gas dan udara yang masih bisa meledak bila terkena percikan api; dinyatakan dalam persentase gas yang mudah menyala dalam campuran itu.
Ex-situ regeneration
Cara pengaktifan kembali katalis dengan mengirimkannya ke pabrik atau perusahaan yang khusus membidangi hal itu.
Ex-situ regeneration
Cara pengaktifan kembali katalis dengan mengirimkannya ke pabrik atau perusahaan yang khusus membidangi hal itu.
Extentional duplex
Zona sesar dupleks yang terbentuk akibat gaya tarikan, berupa struktur bunga negatif (lihat juga: strike slip duplex system)
Extentional fault system
Sistem sesar yang terbentuk akibat gaya tarikan berupa sistem sesar turun.
Extract
Bagian minyak yang terlarut dalam pelarut selektif, setelah dipisahkan lagi dari pelarut tersebut.
Extractive distillation
Proses distilasi yang memisahkan berbagai komponen yang mempunyai tekanan uap yang sama dengan mengalirkan pelarut yang selektif ke dalam kolom distilasi selagi operasi berjalan; uap komponen yang tidak larut keluar melalui bagian atas kolom sedangkan komponen yang mudah larut tetap berada di dalam pelarut dan turun ke dasar kolom, kemudian dikeluarkan untuk dipisahkan lebih lanjut.
Extreme pressure lubricant
Aditif yang bila ditambahlan pada fluida pengeboran memberikan sifat pelumasan terhadap beban yang mendapat tekanan tinggi
F.
F-1 method
lihat: Research Method
Facies (singular and plural)
Sifat yang dimiliki oleh satuan batuan yang dicirikan oleh kesamaan litologi (litofasies), biologi (biofasies) dan lingkungannya (fasies endapatan),sehingga dapat dibedakan dari satu tempat ke tempat yang lain.
Facies trap
Jebakan stratigrafi yang batuan-batuannya beragam sehingga permeabilitasnya bervariasi.
Fast line
Kabel yang digulung pada pusat penggerak yang kecepatannya lebih besar daripada kabel lainnya.
Fault
Lapisan batuan yang terputus dan bergeser dari posisi semula ke atas, ke bawah atau ke samping.
Feed
Campuran dari zat padat dan zat cair (termasuk zat yang dicairkan) yang dimasukkan kedalam alat pemisah zat padat cair.
Feed
Bahan baku yang dimasukkan ke dalam suatu alat untuk diolah.
Feed capacity
Laju alir bahan maksimum yang dirancangkan untuk suatu alat agar dapat beroperasi dengan baik.
Laju alir bahan maksimum yang dirancangkan untuk suatu alat agar dapat beroperasi dengan baik.
Laju alir bahan maksimum yang dirancangkan untuk suatu alat agar dapat beroperasi dengan baik.
Feed inlet
Tempat masuknya umpan ke dalam suatu alat.
Feed preparation unit
Unit distilasi di kilang minyak yang tujuan utamanya adalah penyiapan satu fraksi atau lebih yang titik didihnya berdekatan dan yang akan digunakan sebagai umpan untuk proses selanjutnya.
Feed pressure
Tekanan yang dibaca pada alat ukur yang ditempatkan sedekat mungkin di hulu lubang umpan.
Feed slurry
Lihat: feed
Feedstock
Bahan utama yang dimasukkan ke dalam pabrik untuk diolah lebih lanjut.
Female connection
lihat : box connection
Fence diagramFGD
Diagram yang menggambarkan paling sedikit tiga penampang geologi dalam perspektif tiga dimensi; disusun untuk memperlihatkan korelasi antara sumur-sumur dan formasi di bawah permukaan.Forum Group Discussion
FIA hydrocarbon analysis
Metode uji penentuan kadar hidrokarbon aromatik, olefin dan hidrokarbon jenuh yang terdapat dalam campuran, berdasarkan adsorbsi indikator fluoresensi (FIA).
Fiber grease
Gemuk lumas dengan pengental berstruktur serat.
Field
Daerah tempat terdapatnya sejumlah sumur yang memproduksi minyak dan gas bumi.
Field development
Rangkaian operasi lapangan yang dilaksanakan setelah penemuan cadangan untuk menyiapkan lapangan itu untuk berproduksi; kegiatan ini meliputi pengeboran, penyelesaian sumur, serta pemasangan fasilitas produksi. Lapangan migas melalui teknik produksi yang optimum sampai pada tahap produksi, biasanya dengan tahapan pemboran, komplesi sumur produksi, pembangunan fasilitas permukaan termasuk alat separasi dan stasiun pengumpul.
Filling the hole
Pengisian fluida ke dalam lubang bor pada waktu menarik pipa bor keluar sehingga lubang bor selalu terisi penuh dengan fluida dan mencegah terjadinya semburan liar dan runtuhnya dinding lubang bor.
Filter cake
Zat padat dalam cairan yang mengendap pada media berpori selama proses penapisan.
Filter press 1
Alat uji untuk menentukan sifat penapisan lumpur dan adonan semen, terdiri atas bejana lumpur, sumber tekanan, penyaring, dan silinder pengukur yang berskala.
Filter press 2
Alat untuk memisahkan lilin dari minyak dalam sulingan lilin parafin; terdiri atas sederetan pelat-pelat tertutup kanvas yang dipisahkan oleh cincin-cincin, sehingga minyak dapat merembes melalui kanvas penutup pelat dan menetes ke dalam palung di bawah pengempa, sedangkan lilin tertinggal di dalam pelat.
Filtration
Pemisahan zat padat yang terdapat dalam cairan dengan mengalirkannya melalui penyaring.
Final boiling point
lihat: end point
Final depth
lihat: total depth
Finger board
Rak yang ditempatkan di dalam menara bor untuk menyandarkan rangkaian pipa, biasanya berangkai dua atau tiga, sewaktu disusun tegak di dalam menara.
Fire wall
lihat : penyalaan di tempat
Fire point
Suhu yang menyebabkan bahan bakar cair menguap cukup banyak untuk dapat mendukung pembakaran yang bersinambung; umumnya 11 derajat Celcius di atas titik nyala.
Fire wall
Penghalang untuk mencegah menyalanya api.
Fish
Benda yang terjatuh atau tertinggal dalam sumur pada waktu pengeboran atau kerja ulang yang harus diambil atau dikeluarkan sebelum pekerjaan dapat dilanjutkan.
Fisher-Tropsch process
Proses sintesis dalam pembuatan hidrokarbon dan bahan kimia beroksigen dari campuran hidrogen dan karbon monoksida.
Fishing
Pekerjaan mengambil kembali benda yang terjatuh atau tertinggal dari dalam sumur pada waktu pengeboran atau kerja ulang.
Fishing tools
Alat khusus guna mengambil peralatan yang jatuh atau tertinggal di dalam sumur.
Fission
Pecahnya inti atom unsur radioaktif menjadi beberapa partikel subatom; berlangsung dengan kecepatan tetap.
Fission track dating
Pentarikhan absolut yang berdasarkan kecepatan konstan dari pembelahan atom untuk menentukan umur suatu kristal dengan menghitung jejak belahan yang tertinggal pada bagian tertentu kristal itu (lihat juga: fission)
Fission tracks
Bekas-bekas yang tertinggal di dalam kisi-kisi kristal mineral oleh partikelpartikel sub-atom yang dilepas pada waktu terjadinya pembelahan atom unsur radioaktif yang terdapat di dalam kristal itu.
Fixed bed hydroforming
Proses reformasi yang menggunakan katalis yang terpasang tetap dalam reaktor dengan memanfaatkan gas hidrogen untuk mengendalikan reaksi; katalisnya terdiri atas molibdenum dan aluminium yang dapat diregenerasi.
Fixed bed operation
Operasi katalitik yang katalisnya tetap di satu tempat di dalam reaktor; katalis tersebut dapat diregenerasikan setempat secara berkala.
Fixed carbon
Bahan organik yang terdapat dalam kokas yang dihasilkan dari distilasi kering batu bara setelah produk-produk hidrokarbonnya dibebaskan.
Flame arrestor
Susunan pelat-pelat berlubang-lubang di dalam kotak dan dipasang pada lubang penapasan dari tangki timbun minyak bumi.
Flame front
Bidang antara daerah gas yang bercahaya dan daerah gas yang gelap, yang terdapat dalam reaksi pembakaran yang berlangsung dalam fase gas.
Flame propagation
Perambatan nyala api dari satu titik di dalam bahan yang terbakar.
Flammable liquids
Cairan yang menimbulkan uap yang mudah terbakar.
Flange
Penyambung pipa yang bulat dan datar yang dapat dipasang dengan baut dan mur pada bibir pipa; memungkinkan penyambungan dengan pipa berdiameter lebih kecil, dengan sumbat, atau dengan fiting yang lainnya.
Flange up
Penyelesaian suatu pekerjaan, khususnya penyambungan akhir dalam sistem pemipaan, seperti jika kepala sumur dipersiapkan untuk pemasangan silang sembur.
Flare
Alat pembuangan minyak dan/atau gas secara aman dengan jalan pembakaran karena tidak bisa disimpan.
Flared gas
Gas terproduksi yang terpaksa dibakar karena tidak dapat ditangani oleh fasilitas lapangan pengolahan yang tersedia.
Flash point
Suhu terendah yang memungkinkan minyak mengeluarkan cukup uap untuk membentuk campuran dengan udara sehingga dapat terbakar oleh nyala api menurut prosedur pengujian tertentu.
Flash tower
Bejana yang digunakan untuk pemisahan fraksi minyak dalam proses distilasi kilat.
Flip-flop process(open surface flotation)
Cara penambangan minyak berat dengan menggunakan air garam panas dengan larutan surfaktan untuk menurunkan viskositas, sehingga minyak mengalir ke atas dan keluar, sementara air garam dialirkan ke bawah ke dalam formasi; posisi air garam dan minyak di dalam formasi saling berganti.
Float collar
Soket yang dipasangkan pada pipa selubung, satu dua sambungan pipa dari ujung bawah rangkaian pipa selubung dan mempunyai katup searah yang memungkinkan fluida mengalir ke bawah; gunanya untuk mencegah lumpur bor masuk ke dalam selubung ketika diturunkan sehingga selubung mengapung dan mengurangi beban menara bor, juga untuk mencegah aliran balik semen.
Float shoe
Batangan baja pendek yang berbentuk silinder dengan dasar bulat, yang terpasang di dasar rangkaian selubung; mempunyai katup searah seperti pada soket apung dan berperan sebagai pemandu selubung.
Floating roof
Atap tangki khusus yang mengapung di atas permukaan zat cair di dalam tangki bahan bakar, sehingga meniadakan ruangan di atas permukaan zat cair; dimaksudkan untuk mengurangi kerugian karena penguapan fraksi ringan serta mengurangi pencemaran bahan bakar oleh debu dan kelembapan udara.
Floc point
Suhu pada saat lilin atau bahan padat lainnya terlihat sebagai gumpalan lunak yang terpisah dari larutan.
Floor block
Kerekan beroda satu yang dipasang di permukaan atau diatas lantai.
Floorman
Anggota regu pengebor yang tugasnya di lantai pengeboran
Flow bean
Sumbat yang mempunyai lubang kecil, ditempatkan pada pipa alir di kepala sumur untuk mengurangi aliran.
Flow by heads
Sumur yang mengalirkan minyak pada jangka waktu yang tidak teratur.
Flow line
Jalur pipa yang menghubungkan sumur minyak dengan tangki timbun di lapangan.
Flow tank
Tangki tempat menampung minyak hasil produksi sumur-sumur minyak.
Flow treater
Peralatan berupa unit tunggal berfungsi sebagai pemisah minyak dari gas, sebagai pemanas minyak, dan juga sebagai pemisah air dari minyak.
Flowing well
Gas yang berasal dari pembakaran dan dibuang melalui cerobong asap setelah sebagian besar nilai kalornya terpakai.
Fluid bed operation
Operasi katalitik yang menggunakan katalais alir yang mengalir melalui pipa dan katup dari bejana yang satu ke bejana yang lainnya.
Fluid catalyst
Katalis yang halus sekali sehingga bersifat seperti fluida dalam suatu proses unggun alir.
Fluid catalytic cracking
fluid catalytic cracking
Fluid coking
Proses termal yang menggunakan teknik pengaliran zat padat yang bertujuan mengubah minyak berat bermutu rendah menjadi kokas produk ringan.
Fluid hydroforming
Proses hidroformasi dengan menggunakan katalis alir ; umumnya bertujuan untuk meningkatkan nilai oktana suatu bensin.
Fluid injection
Injeksi gas atau cairan ke dalam reservoir untuk mendorong minyak ke dalam sumur produksi.
Fluid level
Jarak antara kepala sumur dan permukaan cairan di dalam sumur.
Fluid pound
Pengaruh torak pompa penghisap terhadap cairan bila pompa beroperasi dengan sebagian silinder dalam keadaan vakum karena terperangkapnya gas atau turunnya permukaan cairan di bawah katup isap.
Flush joint casing
Selubung yang diameter luar sambungannya sama dengan diameterluar pipa selubung itu sendiri dan/atau yang diameter dalam sambungannya sama dengan diameter dalam selubung itu sendiri.
Flush production
1. Arus minyak yang keluar dengan deras dari sumur segera setelah dibor dan berguna untuk membilas sumur dari kotoran pengeboran. 2. Produksi tertinggi pada periode awal produksi dari suatu sumur sembur alam.
Flushing oil
Minyak untuk membersihkan saluran pelumasan dan bagian-bagian yang bergerak dalam motor yang dilalui sistem jaringan pelumasan.
Flux oil
lihat: asphalt flux
Foam
Kumpulan gelembung gas yang terpisah satu sama lain oleh selaput cairan tipis, terbentuk misalnya pada penggunaan pelumas yang kurang baik.
Foam
Sistem dua fase, serupa dengan emulsi, dengan gas atau udara sebagai fase yang tersebar.
Foam depressant
Aditif yang digunakan untuk mengurangi pembentukan busa dalam minyak atau mengurangi stabilitas busa atau kedua-duanya.
Foam formation
Penyekapan gas (udara) oleh minyak lumas dalam bentuk gelembunggelembung yang dibatasai oleh selaput minyak yang sangat tipis.
Foaming agent
Bahan yang dapat menghasilkan busa yang cukup stabil pada antarmuka udara cairan akibat pengocokan, aerasi, ebulisi; pada pengeboran dengan udara atau gas, bahan ini ditambahkan untuk mengubah aliran air masuk menjadi busa.
Foaming problems
Kesukaran yang terutama dialami oleh motor torak pesawat, akibat timbulanya busa dalam minyak lumas, yang menyebabkan sumbatan gas dalam sistem pompa atau menyebabkan tumpahnya pelumas melalui lubang napas karter.
Foaming tendency
Sifat minyak lumas yang kurang baik yang mudah membentuk busa pada waktu digunakan.
Sifat minyak lumas yang kurang baik yang mudah membentuk busa pada waktu digunakan.
lihat: fuel oil equivalent
Fold
Struktur geologi berbentuk lengkung yang terdiri atas batuan sedimen.
Foots oil
Minyak yang menetes dari lilin lunak.
Foraminifera
Sejenis protozoa yang cangkangnya dibentuk oleh kalsit dan silika yang fosilnya di dalam batuan sedimen biasa digunakan untuk menentukan umur geologi dan lingkungan pengendapan.
Fore arc basin
Cekungan yang terletak di antara busur vulkanik dan parit di tepi lempeng keras yang konvergen.
Fore reef
Material rombakan batu gamping terumbu yang diendapkan ke arah laut.
Form oil
Minyak atau emulsi yang dipakai untuk mengurangi daya lekat antara beton dan cetakan.
Formation
Perlapisan batuan yang lapisanlapisannya sebagian besar memiliki ciri-ciri yang sama, baik dilihat dari kandungan mineral maupun dari kandungan fosil; penamaannya pada umumnya berdasarkan daerah tempat perlapisan itu ditemukan atau berdasarkan fosil yang terkandung di dalam lapisan itu.
Formation damage
Kerusakan pada lapisan produktif yang mengakibatkan berkurangnya pengaliran hidrokarbon ke dalam sumur; dapat terjadi jika filtrat lumpur pengeboran masuk ke dalam formasi.
Formation pressure
Tekanan pada suatu formasi yang diukur pada waktu sumur ditutup; sama dengan tekanan statis reservoir.
Formation sensitivity
Kecenderungan suatu formasi produktif untuk mengalami kerusakan akibat intraksi antara fluida pengeboran dan batuan formasi pada proses pengboran atau penyelesaian sumur.
Formation testing
Pengujian suatu formasi untuk mengetahui produktivitasnya.
Formation volume factor
1. Rasio antara volume minyak beserta gas pada kondisi reservoir dan volume minyak tersebut dalam keadaan bebas gas pada kondisi standar.
2. Rasio antara volume gas bebas pada kondisi reservoir dan volume gas tersebut pada kondisi standar.
Formation water
Air yang terdapat di dalam formasi batuan.
For-way drag bit
Pahat keruk dengan empat mata pahat
Fossil fuel
Bahan bakar yang berasal dari tumbuhan atau biota purba, misalnya batu bara, minyak bumi, dan gas bumi.
Fouling factor
Bilangan yang digunakan untuk menggambarkan berkurangnya perpindahan panas melalui suatu dinding (pipa) yang disebabkan oleh karat, kotoran atau kasarnya permukaan pipa.
Founder point
Nilai beban pahat (berat atau kecepatan putar) yang menyebabkan pahat bor mengebor menghancurkan serbuk yang sudah pecah dari formasi.
fraction
lihat:cut
Fractional condensation
Pemisahan komponen uap minyak yang terjadi selama distilasi dengan cara mengembunkan uap dalam beberapa tahap.
Fractional distillation
Pemisahan komponen-komponen suatu campuran cairan dengan cara menguapkan campuran itu dan mengumpulkan fraksi-fraksinya yang mengembun pada trayek suhu yang berbeda-beda.
Fractionating column
lihat:fractionating tower
Fractionating tower
Menara yang berbentuk silinder di kilang minyak yang memisahkan minyak bumi menjadi berbagai fraksi.
Fractionation
Pemisahan fraksi-fraksi secara berturut-turut dengan jalan pengendapan atau kristalisasi atau penyulingan dan sebagainya.
Fracture
Diskontinuitas pada badan batuan disebabkan oleh retak atau pecah karena tegangan geser atau tarik.
Fracturing
Penerapan tekanan hidraulik pada formasi untuk menciptakan retakanretakan sehingga minyak dan gas dapat mengalir ke dalam sumur.
Free radical
Gugus atom yang mempunyai elektron bebas, bersifat sangat reaktif dan bereaksi cepat dengan zat lain seperti oksigen; contohnya radikal metil (CH3).
Front end volatility
Kemampuan menguap fraksi ringan suatu bensin; menunjukkan kemudahan menghidupkan motor bensin pada kondisi dingin.
Frost (up)
Terlapisnya peralatan oleh es akibat pendinginan, karena gas yang mengembang.
Frozen (up)
Tidak berfungsinya suatu peralatan, karena ada komponen yang rusak.
Fuel cell
Sel elektrokimia yang bekerja dengan menggunakan energi reaksi kimia spontan.
Fuel cell
Peranti yang mampu mengkonversikan energi kimia gas alam, hidrokarbon atau bahan bakar gas langsung menjadi energi listrik dalam proses elektrokimia, tanpa susut energi yang terkait dengan panas pembakaran, gesekan dan getaran peralatan mekanik.
Fuel injector
Alat untuk menginjeksikan bahan bakar ke dalam ruang bakar motor bakar torak; digunakan pada semua motor diesel dan beberapa motr bensin yang tidak menggunakan karburator.
Fuel oil
Sulingan berat, residu atau campuran keduanya yang dipergunakan sebagai bahan bakar untuk menghasilkan panas atau tenaga.
Fuel oil equivalent
Nilai panas satu barel minyak bakar yaitu 6,05 juta BTU digunakan dalam menyatakan nilai panas gas kering atau gas bakar kilang.
Fuel sensitivity
Perbedaan angka oktana riset dan angka oktana motor suatu bensin; perbedaan yang rendah menunjukkan kemampuan bensin untuk tidak mengalami ketukan dalam motor pada kecepatan tinggi tidak jauh berbeda dari kecepatan rendah.
Fuel to air ratio
Perbandingan berat bahan bakar dan udara yang masuk ke dalam motor selama beroperasi.
Full gauge bit
Pahat bor yang diameternya masih seperti semula.
Full gauge hole
Sumur yang dibor dengan pahat utuh.
Furfural extraction
Proses penyingkiran senyawa-senyawa aromatik naftenik, olefin dan senyawa hidrokarbon yang tak stabil dari bahan dasar minyak pelumas dengan menggunakan furfural sebagai pelarut untuk memperbaiki sifat-sifat indeks viskositas dan stabilitasnya.
Furnace black
lihat:carbon black
Furnace oil
Minyak sulingan yang terutama digunakan untuk peralatan pemanas ruangan.
G.
Gaging nipple
Sepotong pipa pendek di atap tangki tempat memasukkan alat pengukur tinggi permukaan isi tangki.
Galena
Mineral yang mengandung senyawa timbel sulfida (Pbs, dengan berat jenis sekitar 7,0) dengan Sg = 7.0, digunakan untuk meningkatkan densitas fluida pengeboran pada pencegahan semburan liat.
Gallon
Satuan ukuran isi yang besarnya sama dengan 231 inci kubik atau 3,785 liter.
Garbet, garbot, or garbutt rod
Batang pendek di bagian bawah torak pompa sumur minyak; dihubungkan dengan katup tegak digunakan untuk mencabut katup dari dudukannya bila memerlukan perbaikan.
Gas aggregators
Perusahaan yang mengumpulkan gas dari berbagai sumber untuk dipasarkan dalam paket-paket tertentu kepada distributor atau pengguna akhir.
Gas bearing
Bantalan luncur atau bantalan aksial yang menggunakan gas sebagai bahan pelumas
Gas black
lihat: carbon black
Gas cap
Gas bebas yang berada di atas minyak dalam reservoir.
Gas cap drive
Tekanan tudung gas yang mendorong minyak masuk ke dalam sumur melalui pori-pori batuan.
Gas cut mud
Lumpur yang terkontaminasi gas formasi sehingga menjadi berbusa dan densitasnya berkurang.
Gas cutting
Tidak memisahnya gas yang terbawa oleh lumpur pengeboran sebelum lumpur disirkulasikan kembali ke dalam sumur, sehingga lumpur itu masih mengandung gas dan menyebabkan tekanan hidrostatik kolom lumpur berkurang.
Gas gathering
Pengaliran gas dari berbagai sumur melalui pipa berdiameter kecil ke lokasi pengumpulan/pengolahan lapangan atau kepipa transmisi.
Gas injection
Gas alam yang dimasukkan ke dalam reservoir melalui sumur injeksi agar tekanan reservoir tersebut dapat dipertahankan.
Gas lift
Pengangkatan minyak dengan jalan menginjeksikan gas bertekanan tinggi ke dalam anulus sumur produksi dan mencapurkannya dengan fluida sumur agar laju arus minyak meningkat.
Gas oil
Distilat yang mempunyai kekentalan dan trayek suling di anatara kerosin dan minyak lumas ringan.
Gas oil contact (GOC)
Bidang batas antara lapisan minyak dengan lapisan gas dalam reservoir.
Gas oil ratio (GOR)
Perbandingan antara jumlah gas dan minyak yang diukur di dalam suatu takar standar (m3/m3, ft3/bbl).
Gas plant products
Cairan gas bumi yang dihasilkan oleh instalasi pemroses gas, atau oleh fasilitas lapangan.
Gas processing plant
1. Sarana yang dibangun untuk memperoleh cairan gas bumi dari aliran gas bumi, yang sudah atau belum diproses, di separator dan fasilitas lapangan
2. Sarana untuk mengendalikan mutu gas bumi yang akan dijual.
Gas recycling
Memompakan gas yang diproduksikan kembali ke dalam reservoir untuk meningkatkan perolehan minyak.
Gas recycling
Penginjeksian kembali gas yang diproduksikan ke dalam reservoir untuk pemeliharaan.
Gas reserves
Banyaknya gas yang menurut perhitungan dapat diproduksi secara ekonomis dari batuan reservoir.
Gas sand
Lapisan pasir atau batu pasir berpori yang mengandung gas bumi.
Gas show
Adanya gas dalam lumpur pengeboran yang keluar dari sumur; menunjukkan bahwa pengeboran telah menembus lapisan yang mengandung gas.
Gas turbine
Motor dengan pembakaran internal yang memanfaatkan gas hasil pembakaran sebagai fluida kerja untuk menggerakkan rotor turbin.
Gas well
Sumur yang produk utamanya adalah gas bumi.
Gasohol
Campuran bensin dan etanol (90% bensin, 10% etanol) yang digunakan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor.
Gasoline
Hasil pengilangan minyak yang mempunyai trayek didih 30 derajat Celsius- 220 derajat Celsius yang cocok untuk digunakan sebagai bahan bakar motor berbusi (motor bensin).
Gasoline engine
Motor bakar yang menggunakan campuran bensin dan udara yang dinyalakan dengan busi.
Gasoline pool
Konsep perencanaan yang menyediakan bensin dari berbagai kualitas untuk dicampur manjadi suatu bensi yang memenuhi persyaratan spesifikasi yang ditentukan.
Gathering lines
Pipa yang mengalirkan minyak dari beberapa sumur ke deretan tangki.
Gathering system GCG
Lihat: gathering linesGood Corporate Governance
Gear oil
Pelumas untuk roda gigi transmisi, umumnya roda gigi diferensial dan roda gigi dalam kotak.
Gel
Semen yang mengandung bentonit dalam kadar rendah sampai sedang untuk mengurangi berat jenis bubur semen.
Gel strength
f
f
Ukuran kemampuan dispersi koloidal untuk mempertahankan bentuk gel; ukuran tersebut pada lumpur pengeboran menentukan kemampuan menahan zat padat dalam keadaan suspensi.
Geochemical exploration
Pencarian minyak dan gas bumi dengan menerapkan prinsip-prinsip dan prosedur kimia terhadap batuan,fluida, dan zat organik yang dikandung batuan tersebut.
Geochemical survey
Analisis kimia atas sedimen dekat permukaan yang diambil dengan cara pengintian; merupakan salah satu cara bagi ahli geologi untuk menemukan adanya minyak yang merembes ke lapisan paling atas.
Geologic assurance
Tingkat kelengkapan data geologi tentang batuan reservoir, batuan induk dan kondisi perangkap yang dapat menunjukkan tingkat keyakinan keberadaan migas.
Geologic time scale
Skala waktu yang dipergunakan dalam geologi; terdiri atas beberapa masa yang terbagi menjadi beberapa zaman dan selanjutnya terbagi lagi menjadi kala.
Geological survey
Penyelidikan rinci atas struktur fisik batuan yang membangun lapisan paling atas kerak bumi; merupakan tahap pendahuluan dalam proses pencarian minyak, dan satu-satunya cara praktis selain pengeboran dalam penentuan bentuk dan luasnya struktur batuan bawah permukaan yang mungkin mengandung hidrokarbon.
Geologist
Ilmuwan yang mempelajari dan menafsirkan struktur, asal mula, sejarah, dan pekermbangan bumi dan kandungannya.
Geolograph
Alat yang mencatat secara otomatis kecepatan dan tingkat kedalaman penembusan selama operasi pengeboran.
Geology
Ilmu yang mengkaji struktur, asal mula, sejarah, dan perkembangan bumi, dan kandungannya sebagaimana yang dapat diketahui dari penyelidikan batuan, fosil dan tata susunnnya.
Geophone
Alat deteksi yang digunakan pada survei seismik untuk menangkap gelombang suara yang dipantulkan oleh lapisan bawah permukaan.
Geophysical exploration
Penjajakan struktur geologi (yang cocok bagi terkumpulnya minyak dan gas bumi) dengan menggunakan peralatan geofisika seperti gravimeter; magnetometer, dan seismometer.
Geophysical survey
Geophysical survey
Geophysicist
Ilmuwan yang mempelajari ciri fisis bumi dengan metode fisika kuantitatif (lihat juga: geophysics
Geophysics
Ilmu yang mempelajari ciri fisis bumi dengan metode fisika kuantitatif, khususnya metode seismik refleksi, refraksi, gaya berat, magnet, listrik, dan radiasi.
Geopressurized brines
Air formasi dalam reservoir yang bertekanan tinggi karena kondisi dan kedalaman pemendaman batuan yang mengandungnya; adakalanya kaya dengan larutan metana seperti yang terdapat di daratan dan perairan pesisir Teluk Meksiko.
Geostatistics
Ilmu statistik yang diterapkan pada geologi; penerapan metode statistika atau pengumpulan data statistik untuk digunakan dalam geologi.
Geosyncline
Gugus cekungan yang luas tempat diendapkannya batuan sedimen yang tebal yang proses pengendapannya berlangsung dalam jangka waktu yang sangat panjang.
Geothermal gradient
Peningkatan temperatur bumi per satuan kedalaman; berbeda dari tempat ke tempat bergantung pada aliran panas dan daya hantar panas batuan di tempat itu, rata-rata untuk kulit bumi adalah sekitar 25 derajat Celsius per kilometer kedalaman.
Geothermal heat flow
Banyaknya energi panas yang keluar dari bumi diukur dalam kalori per Cm2 per detik; rata-rata untuk bumi adalah sekitar 1,5 – 0,15 mikrokal/Cm2 det. atau 1,5 – 0,15 satuan aliran panas bumi.
Geothermometry
Ilmu yang mempelajari panas bumi, termasuk temperatur bumi, pengaruh temperatur pada proses fisika dan kimia bumi, sumber panas bumi dan kegunungapian
GHN
lihat: gross heating value
Gin pole truck
Truk yang diperlengkapi dengan sepasang galah dan alat angkat untuk mengangkat barang-barang berat.
Girbotol process GISGKMGM
Proses girbotolInformasi sistim geografik GKM General Manager Proses penyingkiran hidrogen sulfida, karbon dioksida, dan kotoran-kotoran asam lainnya dari gas alam, gas kilang dan lain-lainnya dengan menggunakan mono-,di-, atau trietanolamina. Geographic Information SystemGugus kendali mutuPimpinan tertinggi Region Pemasaran BBM Retail. Terdapat 7 orang GM yang mengepalai masing-masing Region I s/d VII.
GOC
lihat: gas oil contact
Go-devil
Alat yang dipaksa masuk melalui pipa dengan tekanan cairan untuk mengikis kotoran dalam pipa, atau untuk menandai dua produk yang berlainan yang sedang dialirkan di dalam pipa.
Gone to water
Gone to water
GOR
lihat: gas oil ratio
Graben 1
Depresi yang dibatasai oleh patahan normal yang hampir paralel, berbentuk selokan panjang atau talang yang ditimbulkan oleh penurunan strata di dalam kerak bumi; depresi semacam ini mungkin mengandung minyak.
Graben 2
Bagian yang terpuruk di antara dua sesar yang paralel.
Gravel packing
Penempatan pasir penahan untuk mencegah butiran pasir lapisan produktif memasuki lubang sumur.
Gravimete
Alat untuk mengukur variasi gaya berat di atas atau dekat permukaan bumi.
Gravimetric method
Salah satu metode eksplorasi berdasarkan variasi gaya berat.
Gravity anomaly
Perbedaan antara nilai gravitasi teoritas dan nila hasil pengamatan di suatu tempat.
Gravity drainage
Mekanisme produksi reservoir yang memanfaatkan gas yang terpisah dari minyak akibat kegiatan produksi; gas yang naik keatas dan terkumpul di puncak reservoir mendorong minyak ke arah sumur produksi.
Gravity survey
Survei yang dilakukan dengan menggunakan metode gaya berat.
Grease
Pelumas padat atau setengah padat yang terdiri atas pelumas cair yang diberi bahan pengental.
Grease base
Jenis bahan pengental yang digunakan dalam pembuatan gemuk.
Grease classification
lihat: NLG number
Grease consistency
Besarnya perlawanan yang terjadi pada gemuk terhadap perubahan bentuk di bawah tekanan yang ditentukan menurut metode standar.
Grease kettle
Bejana untuk pengolahan gemuk.
Grease texture
Derajat kristalinitas serat sebagaimana terlihat melalui cahaya terpolarisasi yang merupakan ukuran tingkat agregasi serat gemuk; semakin tinggi tingkat agregasi serat, semakin kasar gemuk itu.
Gross heating value
Panas yang dihasilkan oleh oksidasi sempurna suatu bahan pada 60oF(15oC) menjadi karbon dioksida dan air pada 60oF(15oC).
Gross production
Produksi cairan sebagaimana yang keluar dari sumur.
Growth fault
Patahan yang memisahkan sekuen batuan yang korelatif; bagian yang turun merupakan yang lebih tebal.
Guide shoe
lihat: casing shoe
Gum
Hasil oksidasi dan polimerisasi hidrokarbon tidak jenuh yang terdapat di dalam bensin dan yang tidak mudah menguap; bersifat seperti getah yang dapat menyebabkan pelekatan katup mesin dan meningkatkan terbentuknya endapan pada dinding manifol.
Gum content
Kandungan getah dalam bensin yang menjadi ukuran mutu dari segi penyimpanan; meningkat bila bensin disimpan dalam waktu yang lama dan suhu tinggi, yang menyebabkan turunnya mutu bensin dalam penyimpanan.
Gum test
Metode analisis untuk menentukan kadar getah yang terdapat di dalam bensin.
Gun perforating
Cara pelubangan selubung sumur dengan menggunakan senapan pelubang.
Guy line
Kabel regang untuk menahan menara bor atau bangunan langsing lainnya supaya tetap tegak.
Guy line anchor
lihat : dead man
Gyp or gypsum
Bentuk kristal dari kalsium sulfat bermolekul air.
Gyro cracking
Proses perengkahan termal dalam fase uap.
H.
Half sommerfeld condition
Bantalan yang lapisan pelumas pengangkat bebannya mencakup busur setengah lingkaran; ini merupakan setengah dari keadaan pada model bantalan sommerfield.
Halokinesis
Proses deformasi batuan sedimen oleh pembentukan kubah garam.
Halokinetic DeformationHand Protector
Deformasi batuan sedimen oleh pembentukan kubah garam.Salah satu perangkat keselamatan kerja yang berfungsi untuk melindungi tangan pekerja dari tertimpa bendabenda berat dan tumpahan bahan berbahaya Harga yang ditetapkan oleh Dirjen Migas.Harga yang ditetapkan oleh Pemerintah Republik Indonesia yang merupakan harga jual BBM kepada konsumen
Hatch
Lubang di bagian atas tangki minyak.
Hay tank
Tangki atau wadah tertutup yang diisi bahan yang mirip jerami untuk memisahkan minyak dari air.
Head
1a. Tekanan di dalam suatu sistem yang dinyatakan dengan tinggi cairan yang memberikan tekanan itu yang didesakkan oleh tinggi ekuivalen cairan (pengukur) yang dinyatakan dalam satuan panjang (cm air atau mm Hg misalnya).
1b. Takanan yang diberikan oleh suatu tinggi kolom fluida.
2. Tinggi kolom suatu fluida yang diperlukan membangun tekanan tertentu.
Heart cut
Interval pendek yang berada di tengahtengah trayek didih suatu bahan yang sedang diproses.
Heart cut recycle
biasanya mempunyai trayek didh yang sesuai dengan umpan dan tidak mengandung fraksi berat sehingga perengkahan dapat berlangsung pada kondisi yang tidak terlalu keras dan tidak menghasilkan produk yang tidak dikehendaki.
Heat conduction
Proses perpindahan panas melalui batuan dan temperatur yang lebih tinggi ke yang lebih rendah melalui tumbukan molekul tanpa perpindahan massa.
Proses perpindahan panas melalui batuan dan temperatur yang lebih tinggi ke yang lebih rendah melalui tumbukan molekul tanpa perpindahan massa.
Secara umum adalah suatu alat pengalih panas satu fluida ke fluida yang lain; secara khusus, peralatan yang berupa susunan pipa yang memindahkan panas dari fluida panas ke fluida yang lebih dingin dengan menghantarkannya lewat dinding pipa.
Heat of combution
lihat: heating value
Heat of vaporization
Panas yang diperlukan untuk menguba bahan dari fase cair menjadi fase uap pada tekanan dan temperature tetap.
Heat value
lihat: heating value
Heater oil
Bahan bakar yang cocok untuk tungku berbentuk pot; biasanya sedikit lebih berat daripada kerosin.
Heat-flow measurement
Pengukuran banyaknya panas yang keluar dari kulit bumi; dilakukan dengan mengukur gradien panas bumi batuan dengan menggunakan termometer tahanan yang teliti di dalam lubang sumur, dan konduktivitas termal batuan di laboratorium.
Heat-flow unit
Satuan aliran panas yang keluar dari kulit bumi yang besarnya 10-6 kal/cm2 det.
Heating oil
Kelompok minyak bakar sulingan yang dipakai untuk pemanasan perumahan dan bangunan; berbeda dari minyak bakar residu yang dipakai untuk pemanasan instalasi dan pembangkit tenaga listrik.
Heating value
Banyaknya panas yang terjadi pada pembakaran sempurna dari sejumlah satu satuan berat atau satuan volume bahan bakar.
Heat-transfer
Minyak yang digunakan untuk memindahkan kalor antara dua permukaan peralatan; diramu khusus untuk mempertahankan suhu yang diperlukan dalam proses.
Heavy ends
Bagian minyak bumi yang bertitik didih tinggi hasil proses distilasi.
Heavy fuel
lihat: residual fuel oil
Heavy minerals
Mineral pelengkap dengan berat jenis tinggi yang terdapat di dalam batuan.
Heavy oil
1. Produk penyulingan minyak bumi mulai dari fraksi pelumas yang paling ringan sampai fraksi yang paling berat. (pros).
2. Minyak bumi yang mempunyai berat jenis lebih kecil atau sama dengan 20 derajat API. (ep)
Heavy oil
Minyak bumi yang mempunyai berat jenis lebih kecil atau sama dengan 20oAPI.
Heavy Vacuum Gas Oil
Fraksi minyakdisol yang dihasilkan sebagai aliran samping dari menara distilasi vakum.
Heavy-duty oil
Minyak lumas yang dirancang untuk dipakai dalam motor diesel putaran tinggi dan motor bensin pada kondisi operasi yang berat; mempunyai sifat-sifat pembersih dan penebar yang baik serta tahan terhadap oksidasi dan korosi.
Hempel distillation
Metode distilasi minyak yang dikembangkan oleh Biro Pertambangan Amerika Serikat (sekarang Departemen Energi); hasil distilasi ini biasanya dikorelasikan dengan hasil distilasi TBP.(lihat: TBP dstillation)
Heptane (C7H16)
Hidrokarbon jenuh rantai terbuka yang mengandung tujuh atom karbon dalam molekulnya; merupakan salah satu senyawa penyusun bensin.
Herbicidal oil
Minyak yang dipergunakan untuk mematikan rumput-rumputan; jenis yang selektif hanya mematikan tumbuhan yang tidak dikehendaki, sedang jenis yang tidak selektif mematikan segala tumbuhan.
Herschel demulsibility numberHFI
Angka yang menggambarkan kemampuan minyak bumi untuk memisahkan dari air pada kondisi tertentu yang disyaratkan oleh uji kemampuan menurut metode Herschel.Hassie Free Index
Hiatus
Adanya bagian yang hilang dalam runtunan sedimen.
High pH mud
Fluida pengeboran dengan pH lebih dari 10,5
High speed diesel
lihat: diesel engine road vehicle fuel
Higher healting value
Panas yang terjadi pada pembakaran sempurna dari satu satuan berat atau satuan volume bahan bakar yang mengandung hidrogen, kalau air yang terjadi dibiarkan
Highstand
Masa waktu muka laut di suatu tempat lebih tinggi daripada pinggir paparan dalam satu daur (atau lebih), perubahan muka laut global.
Highstand systems tracts
Lapisan-lapisan sedimen yang dihasilkan oleh keadaan aras tinggi
History matching
Proses penentuan nilai parameter suatu model matematik, misalnya permeabilitas dan porositas, yang memberikan kecocokan terbaik antara hasil perhitungan dengan model dan hasil pengukuran.
Hoist
Peralatan yang terdiri atas perangkat roda katrol dan kabel/rantai untuk mengangkat beban berat; pada perangkat pengeboran alat ini digerakkan oleh pusat penggerak untuk menaikturunkan rangkaian pipa bor.
Hoisting cable
lihat : drilling line
Hoisting drum
Drum besar untuk menggulung kabel bor pada pusat penggerak.
Hold-down
Penjepit batang upaman tempat mengikatkan kabel pada kepala babi.
Holdup
Jangka waktu selama suatu bagian cairan yang diumpankan ke dalam alat distilasi benar-benar berada di dalam kolom distilasi sebagai alir balik dan uap yang naik.
Hoof oil
lihat: neat>s foot oil
Hook
Alat berbentuk kail besar, tempat swivel bergantung; dapat menahan beban ratusan ton.
Hopper
Bejana berbentuk kerucut tempat memasukkan serbuk yang akan dicampurkan dengan cairan yang dialirkan di dasarnya, misalnya pada pembuatan bubur semen pada waktu penyemenan.
Horst
Bagian yang terangkat di antara dua sesar yang paralel.
Horton sphere
Tangki bertekanan yang berbentuk bola untuk menyimpan cairan yang mudah menguap.
Hot oil
Minyak yang produksi dan/atau pengangkutannya dilakukan bertentangan dengan peraturan hukum yang berlaku.
Hot oil treatment
Perawatan sumur produksi dengan memasukkan minyak panas ke dalamnya untuk melelehkan parafin yang terkumpul di dalam pipa sumur dan anulus.
Hot soak losses
Susut bahan bakar yang terjadi karena panas dari mesin meresap kembali ke dalam sistem bahan bakar ketika kendaraan yang mesinnya sudah panas tetap diam dan tidak bergerak terhadap udara luar, sehingga tidak mengalami perpindahan panas konveksi; susut hidrokarbon karena penguapan seperti ini, meningkat dengan suhu lingkungan, kenaikan 1 derajat C suhu sekitar memberikan efek yang sama kepada susut ini dengan kenaikan RVP sebesar 3,8 kPa.
Hot well
Lubang untuk tempat alat pengukur suhu.
Hot well
Penampung kondensat panas yang berasal dari uap yang sudah dipergunakan, sebelum dipompakan kembali ke ketel uap.
HSD (high speed diesel)
lihat: DERV fuel; ADO
HVGO
lihat: heavy vacuum gas oil
Hydrate
Zat yang dibentuk oleh ikatan kimia suatu senyawaan dengan satu molekul air kristal atau lebih yang jumlahnya khas bagi tiap zat.
Hydraulic fluid
Cairan yang dapat digunakan dalam sistem hidraulik, biasanya mempunyai viskositas rendah, indeks viskositas tinggi, dan titik tuang rendah.
Hydraulic head
Tekanan yang disebabkan oleh berat kolom cairan yang dinyatakan dalam tinggi kolom cairan tersebut.
Hydrocarbons
Senyawaan organik yang terdiri atas karbon dan hidrogen; merupakan komponen utama dari minyak dan gas bumi.
Hydrocracking
Proses yang menggabungkan perengkahan atau pirolisis fraksi berat minyak bumi dengan hidrogenasi.
Hydrocyclone
Peranti pemisahan cairan-padatan yang menggunakan gaya sentrifugal untuk mengendapkan padatan; fluida masuk dengan sudut singgung horizontal dan berputar di dalam krucut siklon, padatan jatuh dan dibuang dari bawah sedangkan fluida berputar ke bawah lalu balik keluar melalui saluran buang ke atas.
Hydrodesulfurizing
Proses untuk menyingkirkan belerang dari produk minyak dengan mengikat hidrogen dengan belerang menjadi hidrogen sulfida yang dikeluarkan dari minyak itu sebagai gas. hidrodessulfurisasi;
Hydrofining
Proses peningkatan mutu fraksi minyak dan/atau kestabilan bahan baku dengan memakai hidrogen dan katalis.
Hydroforming
Proses pengaliran nafta melalui katalis pada suhu dan tekanan tinggi dengan penambahan hidrogen atau gas yang mengandung hidrogen; digunakan untuk membuat bahan bakar motor yang beroktana tinggi atau senyawaan aromatik.
Hydrogen sulfide
Senyawaan hidrogen dan belerang, merupakan gas yang tidak berwarna, mudah terbakar, berbau tidak enak, dan beracun; rumus kimianya H2S.
Hydrogen transfer
Transfer atom hidrogen dari satu molekul lain karena pengaruh katalis yang tidak dirancang sebagai katalis hidrogenasi namun mempunyai kemampuan untuk itu pada keadaan tertentu.
Hydrogenation
Proses kilang yang menambahkan hidrogen pada molekul fraksi hidrokarbon tidak jenuh; memegang peranan penting untuk meningkatkan mutu bermacam-macam hasil minyak dan gas bumi.
Hydrometer
Alat yang dipakai untuk mengukur berat jenis atau kerapatan cairan.
Hydrophilic group
Gugus organik yang mempunyai afinitas terhadap ar; misalnya gugus hidroksil (OH) atau gugus asam.
Hydrophobic group
Gugus organik yang tidak mempunyai afinitas terhadap air; misalnya hidrokarbon
Hydroskimming refinery
Kilang minyak sederhana, yang hanya mempunyai unit proses distilasi, reformasi katalitik, dan perlakuan hidrogen.
Hydrostatic bearing
Bantalan yang permukaan logamnya dipisahkan dan didukung oleh tekanan hidrostatis yang diberikan oleh sumber luar melalui fluida (kompresibel atau nonkompresibel) yang disisipkan di antara kedua permukaan itu.
Hydrostatic head
Tinggi kolom cairan yang menunjukkan tekanan pada suatu titik.
Hydrostatic seal
Hydrostatic seal
Hydrothermal
Air bertemperatur yang jauh lebih tinggi daripada temperatur yang biasanya terdapat pada kedalaman itu.
Hydrotreating
Proses yang mereaksikan hidrokarbon dengan hidrogen dengan bantuan katalis pada kondisi yang tidak menyebabkan molekul hidrokarbon rengkah menjadi hidrokarbon yang lebih ringan.

I.
ICSAIDI
Indonesian Customer Satisfaction Award
Ignite
Mencetuskan suatu pembakaran.
Ignition delay
Jangka waktu antara penyemprotan ahan bakar dengan menyalanya bahan bakar itu; merupakan faktor utama dalam mengontrol swanyala dalam motor diesel yang erat hubungannya dengan ketukan mesin diesel.
Illuminating oil
lihat : burning oil
Imbricated fault zone
Kondisi formasi yang tidak memungkinkan fluida mengalir melaluinya.
Impurity
Gas non-hidrokarbon dan benda asing lain yang terdapat di dalam gas alam atau minyak bumi.
In situ combustion
Proses peningkatan perolehan minyak melalui peningkat mobilitas minyak dengan menurunkan viskositasnya dengan memanaskan minyak di dalam reservoir dengan cara membakar pasir minyak atau pasir ter dan mempertahankan pembakaran dengan menginjeksikan udara.
In situ regeneration
Pengaktifan kembali katalis di pabrik yang menggunakannya tanpa memindahkan katalis itu dari reaktor.
Index fossil
Fosil dari suatu organisme yang mempunyai kisaran hidup relatif pendek, dipakai sebagai kunci penentu umur batuan.
Indirect injection (IDI)
Jenis motor diesel yang bahan bakarnya disemprotkan ke dalam ruang muka, sebelum diteruskan ke dalam silinder; pompa injeksinya tidak perlu bertekanan tinggi; butir bahan bakar yang semula kasar, disemprotkan menjadi kabut halus ke dalam selinder oleh yang terjadi akibat pembakaran sebagian bahan bakar di ruang muka.
Induced reflux
Cairan yang mengalir ke bawah dalam kolom fraksionasi yang terbentuk karena pengembunan uap dengan bantuan pendinginan dalam.
Induction log
Rekaman imbasan listrik lapisan batuan di dalam lubang bor.
Inhibitor
Zat kimia yang dibubuhkan kepada minyak atau bahan utama lain untuk menghalangi atau memperlambat terjadinya sifat yang tidak diinginkan.
Initial boiling point
Suhu pada saat tetesan cairan pertama jatuh dari ujung pengembun dalam uji distilasi.
Initial gas in place
Banyaknya gas yang semula terdapat di dalam reservoir, yang dinyatakan dalam volume pada kondisi standar.
Initial oil in place
Banyaknya minyak yang semula terdapat di dalam reservoir, yang dinyatakan dalam volume pada kondisi standar
Injection well
Sumur untuk memasukkan fluida ke dalam reservoir di bawah tanah.
Innage
lihat : injection well
Insulating oil
Insulating oil
Intermediate casing string
Untaian pipa yang dipasang setelah selubung permukaan, yang tujuannya untuk menjaga guguran dinding lubang bor, dan untuk menambah kekuatan dudukan alat pencegah semburan liar.
Internal preventer
Pencegah semburan yang terpasang di dalam rangkaian pipa bor; berupa katup hambat balik yang memungkinkan sirkulasi ke arah bawah dan mencegah arus balik.
Interstitial water
lihat : connate water
Intracratonic basinInventory Turn Over
Cekungan yang terletak pada suatu kraton.Perbandingan perputaran Inventory terhadap Revenue dalam periode tertentu
Iodine number
Ukuran penyerapan iodine dalam waktu tertentu oleh zat tidak jenuh, seperti minyak nabati atau karet; digunakan untuk mengukur ketidakjenuhan suatu senyawaan atau campuran.
ISO 14001ISO 9 0 0 1 i s o b u t a n e (C4H10)
Standar internasional di bidang sistem manajemen lingkungan yang diterbitkan oleh The International Organization for StandarizationStandar internasional di bidang sistem manajemen mutu yang diterbitkan oleh The International Organization for Standarization.Gas tanpa warna yang ditemukan dalam gas bumi; dihasilkan dalam jumlah besar pada perengkahan minyak bumi.
Isochore
Isopah tanpa dikorelasi dengan kemiringan lapisan batuan atau bias lubang bor
Isochron
Garis-garis kontur di dalam peta seismik yang menghubungkan kesamaan horizon waktu.
Isomerization
Reaksi yang mengubah susunan dasar atom dalam melokul tanpa menambah atau menghilangkan bagian dari bahan asli; banyak digunakan untuk mengubah hidrokarbon rantai lurus menjadi hidrokarbon rantai bercabang yang berangka oktana jauh lebih tinggi.
Isopach
Garis kontur yang menunjukkan ketebalan lapisan sedimen yang sama.
Isopach map
Jenis peta fasies dari suatu formasi dan atau anggota lapisan yang dinyatakan dalam bentuk garis-garis yang menunjukkan ketebalan yang sama.
Isotope
Unsur kimia yang dibedakan dari atom-atom lain unsur yang sama mempunyai jumlah neutron yang berbeda, misalnya 12C dan 13C.
J.
Jacket
Struktur kisi-kisi baja yang digunakan untuk menyangga anjungan lepas pantai.
Jacket platform
Anjungan yang dibangun seluruhnya dari baja; dan disangga dengan pilar baja yang tertancap ke dalam dasar laut untuk menjaga posisinya tidak bergeser.
Jack-up rig JBMP
Anjungan pengeboran lepas pantai yang mempunyai kaki-kaki yang dapat ditarik masuk; sehingga dapat dipindah-pindah; saat dipergunakan anjungan akan berdiri dengan kaki-kaki menapak pada dasar laut.Junior Business Management Programme adalah kursus pengembangan manajerial bagi pekerja golongan 9 keatas.
Jet bit
Pahat bor yang mempunyai lubanglubang khusus yang memungkinkan lumpur pengeboran dapat disemprotkan dengan kecepatan tinggi ke arah formasi yang sedang dibor.
Jet Fuel
Bahan bakar yang sifat-sifatnya memenuhi syarat untuk digunakan oleh mesin jet dan turbin gas pesawat terbang.
Jet gun
Perangkat peralatan pelubangan-jet lengkap dengan bahan peledaknya (lihat juga: jet perforating) Senapan Jet
Jet perforating
Pembuatan lubang yang menembus selubung sumur dengan menggunakan bahan peledak untuk mendapatkan pelubangan yang dalam dan terarah agar fluida mengalir ke dalam sumur melalui lubang tersebut.
Jet propulsion (JP)
lihat : jet fuel
Joint
Satuan yang dipakai untuk menghitung banyaknya pipa dalam suatu rangkaian; rata-rata berukuran 6 atau 9 meter.
Joint operating agreement (JOA)
Kontrak kerjasama usaha patungan antara Pertamina dan pihak lain dengan Pertamina ikut sebagai penanam modal dan bertanggung jawab atas manajemen operasi sedangkan pihak lain itu bertindak sebagai operator.
Joint operating body (JOB)
Bentuk kerjasama patungan antara Pertamina dan pihak lain, dengan Pertamina ikut sebagai penanam modal dan berperan sebagai pimpinan umum dan sekaligus sebagai operator.
Joint operation
Satu perusahaan bersama yang didirikan oleh dua perusahaan atau lebih dengan aturan dan pembagian saham tertentu.
Joint venture
Kerjasama dua perusahaan atau lebih dengan membentuk satu perusahaan baru atau tidak dengan melalui penggabungan sumber daya mereka, misalnya aset, dana, teknologi, dsb., dengan tujuan mencari keuntungan (membagi resiko).
JP
lihat: jet propulsion
Junk
Potongan logam yang terjatuh ke dalam lubang sumur dan harus dipancing untuk dapat melanjutkan pengeboran.
Junk a well
Pekerjaan menutup sumur dan meninggalkannya karena tidak berhasil memancing ikanan.
Junk basket
Alat pancing yang dilengkapi dengan tangguk untuk mengeluarkan ikana remah dari lubang sumur.
K.
K3LLK factor
Keselamatan kerja, kesehatan, dan lindungan lingkunganFaktor karakteristik the Watson – nilai perhitungan yang sering digunakan sebagai parameter untuk faktor korelasi dan hasil dari minyak bumi.
Karst
Bentuk topografi yang dicirikan oleh bentuk gua, lubang, sungai dan pola pengaliran bawah tanah; terbentuknya disebabkan oleh adanya kantongkantong hasil pelarutan dari batu gamping, dolomit atau gipsum oleh air bawah permukaan di dalam bantuannya.
Karst topography
Bentuk lapisan bawah tanah akibat pelarutan batuan, misalnya batu gamping yang mengalami pelarutan di bawah tanah dan membentuk aliran sungai bawah tanah.
Kauri butanol value
Nilai yang ditentukan dengan metode uji baku untuk menyatakan kekuatan relatif pelarut hidrokarbon; digunakan untuk merumuskan kelarutan cat dan vernis dalam hidrokarbon.
Kelly bushing
Alat khusus yang ukurannya sesuai dengan selongsong putar untuk meneruskan daya putar ke setang putar dan sekaligus memungkinkan gerak turun naik pada waktu membuat lubang bor.
Kelly cock
Keran yang dipasang di antara kilikili dan setang putar untuk menahan tekanan balik.
Kelly or kelly joint
Pipa baja berbentuk segi empat yang menghubungkan swivel dengan pipa bor; berfungsi sebagai penerus putaran dari meja putar ke rangkaian pipa bor.
Kelly saver sub
Pipa pendek untuk menyambungkan setang putar berulir halus dengan pipa bor berulir kasar.
Kelly spinner
Perkakas untuk menyambungkan setang putar dengan pipa bor.
Kelly sub
lihat : kelly saver sub
Kerogen
Mineral bersifat bitumen yang terdapat dalam serpih minyak; menghasilkan minyak apabila disuling.
Kerogen Sand
Pasir ter yang kandungan fraksi ringannya belum menguap.
Kerosene
Jenis minyak yang lebih berat dari fraksi bensin dan mempunyai berat jenis antara 0,79 dan 0,83 pada 60 derajat Fahrenheit; dipakai untuk lampu atau kompor.
Kerosene distillate
Fraksi tidak berwarna hasil penyulingan minyak bumi yang keluar sesudah fraksi bensin, bahan dasar untuk minyak tanah dan avtur.
Key bed
Lapisan batuan dengan ciri yang berbeda dari lingkungannya sehingga memudahkan pengenalan di dalam pengkorelasian.
Key horizon
lihat : key bed
Key Seat
Alur yang terbentuk pada dinding sumur yang sejajar dengan sumbu lubang sebagai akibat gesekan pipa bor pada lekukan tajam di dalam lubang sumur.
Kick
Kenaikan tekanan secara mendadak pada kolom lumpur pengeboran yang disirkulasikan karena tekanan yang lebih tinggi dalam formasi yang sedang dibor; harus cepat dikuasi untuk mencegah semburan liar.
Kill a well, to
Memasukan lumpur atau air asin ke dalam sumur untuk mengatasi tekanan di dalamnya agar aliran minyak dan gas bumi dari reservoir terhenti; dengan demikian perlengkapan sumur di permukaan tanah seperti silang sembur dan flensa dapat dilepas dengan aman.
Kill fluid
Fluida pengeboran yang dibuat dengan berat jenis tertentu untuk mengendalian tendangan sumur atau semburan liar.
Kill Line
Rangkaian pipa yang menghubungkan pompa lumpur bertekanan tinggi dengan sumur; digunakan untuk mengalirkan lumpur pengeboran berberat jenis tinggi untuk mengontrol ancaman semburan liar.
Killer well
lihat: relief well
Killing fluid
Cairan (lumpur) yang dipompakan ke dalam sumur untuk menghentikan aliran produksi apabila sumur memerlukan pekerjaan reparasi sumur atau penyelesaian ulang.
Kinematic Viscosity
Nilai hasil bagi viskositas mutlak dengan kerapatan (berat jenis) pada suhu saat pengukuran viskositar; dinyatakan dengan satuan metrik (stokes dan sentistokes).
Kinetic friction
Gesekan pada keadaan gerak relatif makroskopis antara dua benda.
Knock intensity
Kekerasan ketukan yang dipakai dalam pengukuran angka oktana bensin.
Knock out
Jenis tangki atau penapis yang digunakan untuk memisahkan dan mengeluarkan air dari minyak.
Knock out drum
Bejana dengan konstruksi pelat miring di dalamnya untuk memisahkan campuran gas dan cairan.
Knock rating
Penentuan kualitas antiketuk.
Knock sensor
Peranti yang dipasang pada kepala silinder untuk menangkap bunyi ketukan mesin dan sekaligus menggerakkan mekanisme yang menjaga agar intensitas ketukan tidak berubah dalam kisaran tertentu walaupun bahan bakarnya diganti dengan yang angka oktananya lebih rendah; digunakan pada uji jalan penentuan kebutuhan angka oktana.
Knock suppressor
Senyawaan kimia yang dibubuhkan pada bensin untuk mengurangi atau mencegah ketukan mesin.
Knockmeter KPI
Instrumen pengukur kekerasan ketukan dalam pengujian bahan bakar motor bensin.
L.
L/d ratio (grease fiber)
Perbandingan panjang terhadap diameter serat sabun pengental gemuk; makin tinggi perbandingan itu makin tinggi pula konsistensi gemuk.
Lacquer
Hasil pembakaran tidak sempurna dari bahan bakar yang terdiri atas asam oksi yang plastis dan yang membentuk endapan pada berbagai unsur motor, terutama pada bagian sisi torak.
Lacquer diluent or thinner
Pelarut minyak bumi yang mudah menguap yang digunakan untukmelarutkan lak nitroselulosa agar cukup encer sehingga mudah dioleskan.
LACT (lease automatic custody transfer)
Alat pengukur pemindahan cairan yang bekerja secara otomatis dan dapat ditempatkan pada berbagai posisi mulai dari tangki lapangan sampai ke saluran pipa.
Lag knock
lihat : diesel knock
Lagoons
Kolam atau danau kecil yang digunakan untuk memulihkan kualitas air ke kualitas yang setara dengan air keluaran penjernihan sekunder.
Lamp Burning Test
Pengujian sifat-sifat iluminasi minyak bakar pada lampu standar dalam keadaan tertentu, misalnya sifat ketenangan nyala, derajat pengerakan sumbu, dan laju konsumsi minyak.
Lamp sulfur
lihat: sulfur test
Lampblack
Sejenis jelaga hasil pembakaran tidak sempurna yang umumnya digunakan sebagai pewarna dalam keramik, semen, tinta, pelapis permukaan.
Lard oils
Minyak yang terbuat dari lemak perut bagi; pencampurannya dengan minyak mineral menghasilkan minyaklumas dengan kelicinan tinggi.
Latent Heat
Panas yang berkaitan dengan perubahan fase padat menjadi cair atau cair menjadi uap, atau sebaliknya, pada temperatur dan tekanan konstan.
Lead alkyl
Senyawa timbel (biasanya dengan gugus metil dan/atau etil) yang terikat pada atom timbel (Pb), digunakan sebagai aditif antiketuk dalam bensin.
Lead Susceptibility
Kemampuan bensin tertentu untuk meningkatkan kualitas antiketuknya dengan kenaikan kadar timbel kalau dibubuhi senyawaan antiketuk organo metalik yang mengandung timbel.
Lead tong
lihat : breakout tongs
Lead tong man
Pekerja atas yang mengoperasikan kunci buaya pada waktu operasi cabut atau masuk rangkaian pipa bor.
Lean gas
Gas yang keluar dari menara penyerap gas basah sesudah bensin yang terkondensasi dikeluarkan
Lean mixture
Campuran udara dan bahan bakar yang mengandung udara melebihi jumlah yang diperlukan untuk pembakaran sempurna.
Lean oil
1.Minyak penyerap yang fraksi bensinnya telah dikeluarkan.
2. Minyak yang dikeluarkan dari pelucut dalam instalasi bensin alam.
Lease
Hak yang diberikan oleh pemilik tanah kepada penyewa untuk mengeksploitasi suatu tanah tertentu, misalnya menembang kandungan mineralnya; sistem ini berlaku di Amerika Serikat dan beberapa negara lain.
Lease
Sarana hukum yang memberikan hak kepada satu pihak untuk melaksanakan kegiatan eksplorasi/ eksploitasi minyak dan/atau gas bumi di suatu daerah yang jelas luas dan batas-batasnya, terutama di darat.
Lease automatic custody transfer Lembaga
Alat pengukur pemindahan cairan yang bekerja secar otomatis dan dapat ditempatkan pada berbagai posisi mulai dari tangki lapangan sampai ke saluran pipa.Badan yang membantu PT. Pertamina (Persero) untuk mendistribusikan produk BBM yang terdiri atas SPBU dan agen
Lewis acid site
Inti asam dari katalis yang keasamannya terjadi karena ion positif (disebut kation) seperti aluminium, dan bukan oleh atom hidrogen terionisasi; dinamakan sesuai dengan nama ahli kimia fisika G.N. Lewis.
LHSV
lihat: liquid hour space velocity
Licence
Hak yang diberikan oleh instansi pemerintah untuk melaksanakan kegiatan eksplorasi dan/ atau produksi hidrokarbon dengan hak untuk eksplorasi, pengeboran, pengembangan, dsb. dapat diberikan secara terpisah dengan masa berlaku yang berbeda-beda biasanya mengandung ketentuan tentang pengembalian sebagian wilayah kerja setelah tahap awal dan bahwa operasi mengikuti kebijakan pemerintah mengenai hidrokarbon.
Lifting
Pengumpulan minyak bumi hasil produksi yang siap diserahkan di tempat penjualan.
2. Pengangkatan minyak keluar dari sumur.
Lifting nipple
Pipa pendek yang bagian pangkalnya mempunyai diameter lebih besar dari bagian lainnya, ujungnya berulir dan dapat disekrupkan ke pipa selubung atau soket berat; adanya bagian yang besar itu memantapkan cengkeraman alat angkat pada waktu mencabut pipa nipel cabut
Light crude
Minyak bumi yang mempunyai berat jenis API 30 derajat atau lebih.
Light ends
lihat : light fraction
Light fraction
Produk cair yang pertama-tama keluar dari kolom distilasi minyak bumi
Light minerals
Mineral detritus di dalam batuan atau sedimen, yang berat jenisnya kurang 2,8 dan umumnya berwarna terang; misalnya kuarsa, felspar, kalsit.
Light oil
Semua distilat minyak bumi yang diperoleh dari proses penguapan dan pengembunan pada tekanan atmosfer.
Ligroine
Nafta bertrayek didih antara 20 derajat Celsius dan 135 derajat Celsius (68 derajat Fahrenheit sanpai 275 derajat Fahrenheit) dan cocok untuk berbagai pemakaian di laboratorium.
Lime treatment
Proses pemasukan kapur ke dalam kolom distilasi selama penyulingan minyak bumi berlangsung untuk menurunkan keasaman distilat.
Limestone
Secara umum diartikan sebagai batuan sedimen yang terdiri atas mineral-mineral karbonat, terutama karbonat-karbonat kalsium dan magnesium. Secara khusus diartikan sebagai batuan karbonat yang terdiri atas mineral kalsit (CaCO3), untuk membedakannya d ari dolomite (CaMg(CO3)2).
Liner
Pipa berdiameter lebih kecil dari pipa selubung, dipasang pada ujung rangkaian pipa selubung, menjulur ke dalam formasi produktif.
Liner Hanger
Pengukuh hubungan sulur pada selubung, isekerupkan pada pangkal sulur dan ketika disekrupkan ke dalam selubung, menyangkut pada sepatu waktu selubung karena adanya kesesuaian bentuk antara bagian luarnya dan bagian dalam ujung sepatu selubung.
Liquefied natural gas (LNG)
Gas yang terutama terdiri atas metana yang dicairkan pada suhu sangat rendah (-160 derajat Celsius) dan dipertahankan dalam keadaan cair untuk mempermudah transportasi dan penimbunan.
Liquefied Petroleum Gas (LPG)
Gas hidrokarbon yang dicairkan dengan tekanan untuk memudahkan penyimpanan, pengangkutan, dan penanganannya; pada dasarnya terdiri atas propana, butana, atau campuran keduanya.
Liquid hour space velocity
Rasio laju alir volume bahan yang diolah per jam terhadap volume katalis.
Litharge
Oksida timbel atau plumbo-oksida yang dengan larutan natrium hidroksida membentuk natrium plumbit atau larutan doctor untuk pentawaran distilat.
Lithium-base grease
Gemuk yang mengandung sabun litium sebagai pengental.
Lithology
1. Sifat fisik batuan yang pada umumnya ditentukan dengan atau tanpa bantuan kaca pembesar.
2. Pengkajian dan penggambaran sifat fisik batuan secara miksroskopi.
Lithostratigraphy
Bagian ilmu stratigrafi yang membahas lapisan-lapisan batuan dari segi litologi dan mengelompokkannya berdasarkan sifat batuannya.
Live oil
Minyak bumi yang mengandung gas. minyak hidup;
Location
Tempat atau lapangan pengeboran sumur.
Log String
Rangkaian yang terakhir dipasang di dalam sumur pada sistem pipa selubung
Logging, mud analysis
Rekaman hasil analisis lumpur pengeboran yang bersirkulasi dalam lubang sumur untuk mendapatkan indikasi adanya minyak atau gas yang terbawa aliran lumpur.
Long residue
Residu sisa penyulingan minyak bumi yang mengandung semua fraksi minyak lumas.
Long time burning oil (signal oil)
Minyak tanah cocok dipakai sebagai bahan bakar lampu sumbu, misalnya lampu isyarat rel kereta api, untuk penggunaan dalam jangka lama tanpa memerlukan pengawasan.
Longshore currentLosses
Arus laut yang bergerak searh dengan garis pantainya.Jumlah BBM yang hilang selama proses pengangkutan/distribusi arus pantaiLosses
Lost Circulation
Hilangnya lumpur pengeboran karena masuk ke suatu lapisan formasi seperti gua, retakan, atau lapisan yang sangat permeabel.
Lost circulation material
lihat : bridging material
Low Sulfur Waxy Residue
Residu berlilin dengan kadar belerang rendah yang diperoleh dari penyulingan atmosferik minyak bumi, misalnya residu minyak Minas dari Sumatra.
Low Temperature Flow Test
Low Temperature Flow Test
Lower Heating Value
Panas yang terjadi pada pembakaran sempurna dari satu satuan berat atau satuan volume bahan bakar yang mengandung hidrogen kalau air (H2O) yang terjadi dipertahankan dalam keadaan uap air. (lihat juga: heating value).
Lowstand
Masa waktu muka laut di suatu tempat lebih rendah daripada pinggir paparan dalam satu daur (atau lebih), perubahan muka laut global.
Lowstand Systems Tracts
Lapisan-lapisan sedimen yang dihasilkan oleh keadaan aras rendah.
LPGLPHK
lihat: liquefied Petroleum gas
LSWR (low sulfur waxy residue)
Residu berlilin dengan kadar belerang rendah yang diperoleh dari penyulingan atmosferik minyak bumi, misalnya residu minyak Minas dari Sumatra.
LTFT
lihat: low temperature flow test
Lube
lihat : lubricating oil
Lube Cut
Fraksi minyak bumi dengan trayek didih dan kekentalan yang cocok untuk menghasilkan minyak lumas melalui proses pemurnian lengkap; juga disebut distilat minyak lumas atau bahan baku minyak lumas.
Lube Stocks
lihat : lube cut
Lubricant
Zat, khususnya berupa minyak gemuk atau zat padat seperti grafit, yang dioleskan/ditaruh di antara bagianbagian mesin yang bergerak agar membentuk film yang mengurangi gesekan dan mencegah singgungan langsung antara pasangan permukaan.
Lubricant Circulation Systems
Sistem pelumasan yang mengalirkan minyak kembali ke dalam reservoir minyak lumas untuk penggunaan ulang.
Lubricated Gasoline
Bensin yang dicampur dengan minyak lumas untuk dipakai sebagai bahan bakar dalam motor dua langkah.
Lubricating Grease
lihat :grease
Lubricating Oil
Pengurangan gesekan atau keausan atau kerusakan lain pada pasangan permukaan pengangkat beban dengan menggunakan pelumas.
Lubrication Regimes
Lingkup kondisi-kondisi operasi pada tribosistem yang dilumasi yang dibedakan berdasarkan karakteristik gesekan dan/atau besarnya jarak antara pasangan permukaan yang bekerja sama.
Lubrication rig time
Waktu yang diperlukan untuk melumasi perangkat pengeboran agar tetap terpelihara dengan baik sehingga operasi pengeboran berjalan lancar.
Lubricious
Sifat bahan atau keadaan permukaan yang cenderung membuat gesekan menjadi relatif rendah.
Lubricity
Lihat: oiliness kelinciran

M.
Macaroni String
Rangkaian pipa berdiameter sangat kecil.
Magnetic Anomaly
Penyimpangan pola umum medan magnet bumi disebabkan oleh adanya mineral feromagnetik yang terkonsentrasi.
Magnetic Bearing
Bantalan yang gaya pemisah permukaan-permukaannya yang bergerak relatif satu sama lain diberikan oleh medan magnetik.
Magnetic Method
Salah satu metode eksplorasi berdasarkan penentuan intensitas dan arah medan magnet bumi, untuk menafsirkan distribusi batuan yang sifat magnetiknya berbeda, karena variasi lokal di lapangan yang dijajaki.
Magnetic seal
Perapat yang menggunakan bahanbahan megnetik untuk gaya penutupnya dan bukan gaya penekan biasa seperti gaya pegas atau gaya tekanan gas.
Magnetic Survey
Survei yang menggunakan metode magnetik.
Magnetometer
Alat untuk mengukur intensitas medan magnet bumi.
Main Bearing
Bantalan yang menyanggah poros transmisi-daya utama.
Major company
Perusahaan yang pada taraf internasional berperan secara aktif pada semua tahap kegiatan industri minyak dan gas bumi secara besarbesaran.
Making Hole
Laju pengeboran pada putaran pahat tertentu dalam waktu tertentu.
Man Hole
Lubang yang cukup besar pada tangki tempat orang masuk untuk membersihkan atau memperbaikinya.
Manifold
Susunan pipa yang memungkinkan satu aliran dibagi menjadi beberapa aliran, atau yang memungkinkan beberapa aliran menjadi satu aliran.
Map
Penggambaran dalam skala tertentu pada bidang datar tentang ciri-ciri fisik bumi, sebagian maupun seluruhnya, baik yang bersifat alamiah maupun buatan, dengan menggunakan tanda-tanda, simbol serta petunjuk orientasinya.
Marginal Field
Lapangan yang memberikan laba bersih tipis sehingga tidak menguntungkan untuk dikembangkan; dapat berubah menjadi komersial apabila terjadi perbaikan kondisi teknis dan ekonomis.
Marginal well
Sumur minyak atau gas yang produksinya memberikan keuntungan sipi (tipis) pada waktu tertentu.
Arine Engine Oil
Minyak yang dipergunakan sebagai minyak lumas pada mesin kapal dan tahan terhadap kondisi operasi di lingkungan laut.
Marine gasoline
Bahan bakar perahu bermotor; biasanya bensin bermutu rendah yang tidak mengandung senyawa antiketuk organometalik, tetapi ditambahi bahan pencegah pembentukan getah bensin.
Marine Riser
Pipa yang terpasang pada dasar laut menghubungkan pipa atau alat pencegah semburan liar dengan perangkat pengeboran atau peralatan produksi di permukaan laut.
Marker Bed
Batuan landas yang jelas terlihat dan tersebar luas di area pemunculannya; digunakan sebagai lapisan acuan, dalam pembuatan irisan stratigrafi atau peta geologi. Lapisan Ciri
Marker Buoys
Pelampung-pelampung yang ditempatkan berdasarkan hasil pengamatan geodesi secara konvensional atau dengan satelit sebagai penunjuk titik yang tepat bagi pemasangan bangunan lepas pantai, misalnya anjungan pengeboran.
Markers
Bahan kimia yang ditambahkan ke dalam bahan bakar dan dapat dideteksi dengan perubahan warna oleh bahan kimia lain; digunakan untuk mendeteksi terjadinya pemalsuan bahan bakar.
Marl
Batuan yang terdiri atas lempung berkapur.
Marsh funnel
Corong terkalibrasi untuk menentukan kekentalan lumpur pengeboran di lapangan.
Mast
Menara bor yang dapat ditegakkan di atas kendaraannya; dibedakan dari menara bor biasa yang harus rakit di tempat.
Master Ushing
Selongsong pengepas untuk memperketat ukuran rongga pada meja putar sesuai dengan ukuran baji; dapat berupa cincin utuh atau cincin terbelah dua.
Matrix
Material halus yang mengisi celah di antara butiran-butiran yang lebih besar atau menyelimuti.
Maturity
Keadaan yang memungkinkan terbentuknya minyak dan/atau gas, yang ditentukan oleh tekanan, temperatur, dan waktu pemendaman bahan-bahan organik pembentuknya.
Maximun Efficiency Rate (MER)
Tingkat produksi sumur yang menghasilkan perolehan maksimal dari reservoir pada kondisi tertentu; sering berarti produksi lapangan yang memberikan keuntungan maksimal.
Mazut
Residu penyulingan minyak bumi yang biasanya digunakan sebagai minyak bakar.
Mechanical adhesion
lihat: adhesion, mechanical
Mechanical octane number
Perubahan kebutuhan angka oktana akibat perubahan rancangan mesin, seperti ruang bakar, manifol, pewaktuan katup, dan pendinginan.
Mechanical stability of a grease
Sifat gemuk yang mempertahankan konsistensi dan mencegah penceceran yang melewati batas.
Mechanical wear
Terlepasnya bagian permukaan loham akibat proses-proses yang terjadi pada keadaan gelincir, gelinding atau benturan berulang-ulang.
Medicinal oil
Minyak hasil pengolahan yang bermutu tinggi, yang tidak berwarna, tidak berbau dan tidak mempunyai rasa, yang berasal dari minyak bumi dan dipergunakan sebagai obat.
MEK deoling
Proses pengawaminyakan lilin dengan pelarut campuran metil etil keton dan toluena.
MEK dewaxing
Proses pengawalilinan sinambung dengan pelarut campuran metil etil keton dan toluena.
Melange
Batuan campuran yang dapat dipetakan, yang terdiri atas bongkah, fragmen, dan potongan yang tidak beraturan.
Melting point
1. Suhu pada saat zat padat murni atau larutan padan berubah menjadi cair.
2. Suhu awal pada saat larutan padat mulai berubah menjadi cair.
MER
lihat: maximum efficiency rate
Mercaptan
Kumpulan senyawaan organik yang mengandung gugus SH yang mudah menyala dan berbau tajam tidak sedap; analog dengan alkohol yang gugus OH nya diganti dengan SH.
Merchant Regeneration
Pemulihan aktivitas katalis oleh pihak lain di luar kilang yang melakukan usaha itu dengan imbalan biaya.
Merit rating
Skala numerik yang peningkatan angkanya menunjukkan kualitas atau kinerja yang lebih baik.
Merox treating
Proses komersial untuk menghilangkan senyawa merkaptan dari produk minyak bumi dengan cara oksidasi.
Mesh
Ukuran besar lubang pada ayak yang ditentukan dengan banyaknya bukaan per inchi panjang; misalnya ayak 200 mes mempunyai 200 bukaan per inci panjang.
Metal Cutting Fluids
Fluida yang digunakan dalam pemotong logam; diklasifikasikan dalam dua golongan utama:
(1) emulsi berdasar air untuk pemotngan berat, seperti pada operasi kasar permulaan dan berfungsi sebagai pendingin alat potong demi mempertahankan kekuatannya.
(2) minyak murni tanpa pengenceran dengan air untuk pekerjaan akhir yang mengutamakan ketelitian dan kehalusan permukaan.
Metal deactivators
Aditif yang menghambat peningkatan oksidasi minyak lumas karena efek katalitik logam seperti tembaga, timbel dan besi.
Metamorphic rocks
Batuan yang terbentuk akibat suhu dan tekanan tinggi melalui periode yang panjang.
Methanation
Pembuatan gas metana yang bernilai kalori tinggi dari reaksi gas yang kaya hidrogen dengan karbon monoksida dengan bantuan katalis.
Methane (CH4)
Gas hidrokarbon yang terdiri atas satu atom karbon dan empat atom hidrogen; anggota pertama dalam keluarga hidrokarbon.
Methane hydrates
Gas metana yang dibekukan sampai membentuk ikatan fisika-kimia dengan air.
Methane number (nm)
Angka yang menunjukkan nilai antiketuk bahan bakah gas (BBG); dinyatakan dengan persentase metana (berdasar massa) dalam campuran metana dan hidrokarbon lain yang mengakibatkan intensitas ketukan yang sama pada uji dalam mesin uji CFR F2.
Methanol
Alkohol yang paling sederhana dengan rumus CH3 OH; biasanya dibuat dalam pabrik dari metana, walaupun dapat juga dibuat dari hidrokarbon lain.
Micellar-surfactant Flooding
Metode pengurasan yang menggunakan larutan surfaktan dan bahan kimia tertentu(nama dagang Micellar) untuk menurunkan tegangan permukaan minyak sehingga mudah lepas dari batuan dan dapat dikuras keluar.
Microcontinent
Bagian dari litosfer kontinen yang merupakan pecahan dari suatu badan kerak kontinen akibat peretakan.
Microcrystalline
Batuan yang terdiri kristal halus yang hanya dapat dilihat dengan bantuan miskroskop.
Microcrystalline wax
Lilin yang diperoleh dari residu minyak bumi dan mempunyai struktur kristal yang lebih halus dibandingkan dengan lilin parafin.
Microlog
Rekaman tahanan listrik formasi yang secara tidak langsung mengukur sifatsifat porositas atau permeabilitas reservoir dengan menggunakan eletrode yang berdekatan (berjarak dua atau tiga sentimeter).
Mid percent point
Temperatur uap pada saat separoh dari suatu fraksi telah teruapkan; sering digunakan untuk mengkarakterisasikan suatu fraksi sebagai ganti temperatur tertinggi dan terendahnya.
Mid-boiling point
Temperatur berdasarkan analisis distilasi minyak bumi, pada saat separoh dari suatu fraksi telah teruapkan.
Middle distillate
Sulingan yang diperoleh antara fraksi kerosin dan minyak lumas dalam proses pengilangan; termasuk di antaranya minyak diesel dan minyak bakar ringan.
Migration
Perpindahan minyak dan gas bumi secara alami di dalam batuan bawah tanah.
Migration, local
Perpindahan hidrokarbon di bawah tanah akibat perbedaan tekanan di dalam resevoir yang berproduksi.
Migration, primary
Perpindahan hidrokarbon dari batuan induk sampai terperangkap di batuan reservoir.
Migration, secondary
Perpindahan hidrokarbon di dalam batuan reservoir karena berkurangnya tekanan reservoir akibat pengeboran sehingga terjadi pemisahan antara minyak dan gas yang membentuk tudung gas. migrasi sekunder
Military Specifications
Spesifikasi minyak lumas motor yang mengandung detergen berdasarkan hasil pengujian pada motor uji yang muncul pada tahun 1941 atas prakarsa angkatan bersenjata Amerika Serikat.
Millidarcy
Suatu ukuran permeabilitas reservoir yang besarnya seper seribu darcy.
Mineral
Bahan yang terbentuk dan terkumpul secara alami di bawah tanah yang dapat ditambang atau dikeluarkan untuk dimanfaatkan.
Mineral oil
Minyak hasil tambang, seperti minyak bumi, dan minyak yang berasal dari serpih minyak, atau dari batu bara.
Mineral rights
Kepemilikan yang berkelanjutan berdasarkan suatu akte (naskah resmi) mengenai gas, minyak atau mineral lainnya di dalam tanah. Di Amerika Serikat, misalnya hak atas bahan mineral ada pada pemilik tanah, kecuali yang dilepas secara terpisah. hak milik tambang
Mineral seal oil
Sulingan antara minyak tanah dan minyak disol; digunakan sebagai media absorpsi dalam proses-proses perolehan bensin, pelarut bahan pemberantas serangga, dan bahan penyemprot.
Mineral spirits
lihat : petroleum spirit
Minimum miscibility pressure (MMP)
Tekanan terendah yang menyebabkan karbon dioksida terbaur dengan minyak. tekanan baur minimal
Minimum miscible Pressure (MMP)
Tekanan terendah pada saat dua zat yang berbeda karakteristik mulai menyatu.
Miscibility
Keterbauran suatu fluida dengan liquida yang lebih kental pada tekanan tertentu untuk menjadikan liquida yang lebih encer yang dapat lebih mudah mengalir dalam reservoir disebabkan oleh perbaikan hubungan permeabilitas relatif dengan saturasi.
Miscibility
Menyatukan suatu zat dengan zat yang lain (misalnya karbon dioksida dengan minyak dan air) sehingga menjadi satu fase yang dapat didorong mengalir bersama-sama.
Miscible Displacement
Pendorongan minyak yang terbaur dengan zat lain, misalnya dengan karbon dioksida.
Miscible Flooding
Metode pengurasan yang menggunakan bahan kimia yang mampu baur di dalam minyak untuk mengubah karakteristik minyak-batuan sehingga memudahkan pengaliran minyak ke lubang sumur.
Misfire
Kegagalan penyalaan campuran bahan bakar dan udara didalam satu silinder pada motor atau lebih tanpa mengakibatkan motor mati sama sekali.
Mist Lubrication Mitra
Pelumasan dengan kabut minyak yang dihasilkan melalui penyuntikan minyak lumas ke dalam aliran gas.Rekan kerja atau rekan usaha Region Pemasaran yang terdiri atas kontraktor, supplier, dan lembaga penyalur.
Mixed aniline point
Suhu terendah untuk terbentuknya larutan dari campuran anilina, heptana, dan suatu hidrokarbon; digunakan untuk menunjukkan kearomatikan hidrokarbon itu.
Mixed base crude oil
Minyak bumi yang mengandung campuran parafin dan neftena, dengan atau tanpa hidrokarbon aromatik. Minyak
Mixed-phase cracking
Perengkahan termal hidrokarbon bersuhu didih tinggi menjadi komponen bensin; dilaksanakan pada suhu sedang dan tekanan tinggi.
Mixed-solvent extraction
Ekstraksi dengan menggunakan lebih dari satu macam pelarut; misalnya, ekstraksi yang memakai campuran furfural dan dimetil formamida dalam pengolahan minyak
Mixing tank
Tangki atau bejana tempat mencampurkan aditif ke dalam campuran utama
MMBTU
Satuan panas yang dinyatakan dalam juta BTU, (British Thermal Unit) yaitu panas yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu satu poun air satu derajat Fahrenheit.
MMP
lihat: minimum miscibility pressure
MN
lihat: methane number
Mold lubricant
Jenis pelumas yang digunakan untuk memudahkan terlepasnya bahan tuangan keramik, kaca, atau bahan lain dari alat pencetaknya
Molecular sieve
Sejenis mineral zeolit sintetis yang mempunyai pori-pori berukuran seragam yang mampu melakukan pemisahan berdasarkan ukuran dan/ atau struktur melokul dengan cara penyaringan atau adsorpsi.
MON
lihat: motor octane number
Monkey board
Pelataran tempat pekerja atas bekerja selama operasi cabut masuk. lantai alas
Mono olefin
Mono olefin
Mooring MOPS
Pengamanan pengikatan sebuah kapal didaerah tertentu dengan jangkar, rantai jangkar, kabel baja, dan mesin derek, agar lokasinya tidak berubah. Mean Oil Plats Singapore; bursa harga minyak dan produk di Singapura sebagai acuan harga se- Asia Pasifik
Motor octane number (MON)
Angka oktana yang ditentukan dengan mesin penguji CFR F2 pada kecepatan 900 putaran per menit; merupakan pedoman mutu antiketuk bensin pada pemakaian dalam kondisi kecepatan tinggi atau beban berat.
Motor spirit
lihat : gasoline
Mouse hole
Lubang berselubung yang disediakan di bawah lantai bor tempat menyimpan sebatang pipa bor yang akan disambungkan dengan rangkaian pipa bor.
Mouse hole connection
Cara menyambungkan pipa ke rangkaian pipa dalam sumur dengan menempatkan sebatang pipa di dalam lubang mencit, menyambungkannya ke setang putar, kemudian mencabutnya dari lubang mencit dan menyambungkannya ke rangkaian pipa.
Moving-bed catalyst
Unggun katalis yang dipertahankan aktivittasnya dengan menambahkan katalis baru pada bagian atas dan mengeluarkan katalis yang sudah berkurang aktivitasnya atau habis masa pakainya dari bagian bawanya.
MTBE (methyl tertiary butyl ether)
Senyawa oksigenat berangkaoktana tinggi, pencampur bensin, yang dibuat dengan mereaksikan metanol dengan isobutilena.
Mud
lihat : drilling mud
Mud additives
Bahan yang ditambahkan ke dalam lumpur pengeboran untuk mendapatkan sifat yang diperlukan.
Mud analysis
Pemeriksaan dan pengujian lumpur untuk menentukan sifat-sifat fisika dan kimianya.
Mud balance
Alat pengukur berupa mangkok dengan lengan berskala yang digunakan untuk menentukan densitas atau berat lumpur bor.
Mud box
Lihat: Back Tank, Possum Belly
Mud cake
Lapisan padatan yang melekat pada dinding lubang bor, dan terbentuk dari lumpur pengeboran yang memadat.
Mud circulation
Pemompaan lumpur ke dasar sumur melalui pipa pengeboran dan pengembaliannya ke permukaan melalui anulus.
Mud cleaner
Ayak yang menampung arus bawah hidrosiklon; arus atas hidrosiklon dikembalikan ke sistem lumpur dan arus bawah masuk ke ayak galian padatan dari ayak dibuang, sedangkan lewatan dari ayak dikembalikan ke sistem.
Mud conditioning
Pemeliharaan kondisi lumpur untuk mempertahankan sifat-sifat fisis yang dikehendaki misalnya dengan penggunaan aditif, pembuangan pasir, pembuangan gas, atau penambahan air.
Mud gun
Alat semprot untuk mengaduk lumpur pengeboran
Mud logging
Pemeriksaan lumpur pengeboran untuk menentukan ada tidaknya minyak atau gas di berbagai formasi yang ditembus oleh mata bor.
Mud mixing
Pembuatan lumpur pengeboran dari air atau fluida lain dengan mencampurkan bahan-bahan kering seperti lempung, dan bentonit, bahan kimia, dan lain-lain.
Mud off
Tangki tempat lumpur pengeboran yang digunakan dalam operasi pengeboran.
Mud pump
Pompa yang dipakai untuk sirkulasi lumpur pengeboran.
Mud screen
Pengayak serpih berupa kasa bergetar untuk memisahkan serbuk bor dari lumpur yang keluar dari sumur.
Mud silo
Menara berbentuk silinder tempat menyimpan lumpur yang siap untuk diangkut.
Mud still
alat suling untuk memisahkan minyak, air dan bahan-bahan yang mudah menguap yang terkandung di dalam percontoh lumpur.
Mud weight
Berat satu galon lumpur pengeboran, berkisar antara 8 sampai 17 pon, bergantung pada komposisinya
Mud weight recorder
alat untuk mengukur berat lumpur secara malar yang dilengkapi dengan perekam.
Mudding up
Penyiapan lumpur pengeboran dengan karakteristik yang sesuai dengan kebutuhan pengeboran.
Mule head
Besi lengkung yang terpasang di ujung batang angguk sumur pompa untuk menjaga agar gerakan batang isap selalu vertikal. kepala angguk
Multi grade oils
Minyak lumas yang kekentalannya memenuhi syarat-syarat penggunaan pada suhu rendah dan suhu tinggi menurut klasifikasi SAE, jenis ini biasanya ditandai dengan sepasang angka SAE, misalnya SAE 20W-40.
Multiple completion
Penyelesaian sumur untuk mengeluarkan minyak atau gas serempak dari tiga lapisan atau lebih. Penyelesaian majemuk
Multiple well platform
Sistem produksi lepas pantai dengan beberapa sumur yang dihubungkan melalui manifol ke satu kepala sumur di dasar laut.
Multipurpose grease
Gemuk lumas yang memenuhi syarat untuk digunakan sebagai pelumas sasis, bantalan, sendi, pompa air,dan sebagai gemuk mangkuk.

N.
Napalm
Bensin yang dikentalkan untuk digunakan sebagai bahan bom pembakar; cenderung melekat pada permukaan yang dikenainya.
Naphtha
Sulingan minyak bumi ringan dengan titik didih akhir yang tidak melebihi 220 derajat Celcius.
Naphtha Scrubber
Kolom tempat membersihkan gas dari komponen nafta yang terkandung di dalamnya, dengan menyemprotkan minyak mineral dari atas ke bawah ke arus gas yang naik dari arah yang berlawanan.
Naphthene-Base Oil
Minyak bumi yang residu sulingannya mengandung bahan-bahan aspal dan tidak atau sedikit mengandung lilin parafin; biasanya mempunyai berat jenis API yang rendah dan menghasilkan sedikit minyak lumas yang titik tuang dan indeks viskositasnya rendah (bila dibandingkan dengan minyak bumi parafin).
Naphthenes
Senyawaan hidrokarbon jenuh yang molekulnya memiliki paling sedikit satu struktur cincin; juga dikenal sebagai sikloparafin atau siklometilena.
Naphthenic Crude
lihat : napthene base oil
Native Gas
Gas yang sejak semula terdapat di dalam reservoir dan bukan gas yang diinjeksikan kemudian ke dalam reservoir itu.
Natural Depletion
Berkurangnya cadangan minyak dan gas dalam reservoir yang diproduksi dengan menggunakan gaya alami.
Natural Gas
1. Semua jenis hidrokarbon berupa gas yang dihasilkan dari sumur; mencakup gas tambang basah, gas kering, gas pipa selubung, gas residu setelah ekstraksi hidrokarbon cair dan gas basah, dan gas nonhidrokarbon yang tercampur di dalamnya secara alamiah.
2. Campuran gas dan uap hidrokarbon yang terjadi secara alamiah, yang komponen terpentingnya ialah metana, etana, propana, butana, pentana dan heksana.
Natural Gas Liquid (LNG)
Cairan yang didapat dari gas bumi, termasuk kondensat, gas minyak cair, dan bensin alam.
Natural Gasoline
Campuran hidrokarbon cair yang terkondensasi dari gas bumi dan yang distabilkan untuk mendapatkan trayek didih yang cocok untuk dipadukan dengan bensin kilangan; juga dipakai sebagai bahan pelarut.
Natural Gasoline Plant
Instalasi untuk mengeluarkan cairan hidrokarbon yang dapat dijadikan bensin dari gas bumi.
NDT
lihat: non destructive testing
Neat Gasoline
lihat : celar gasoline
Neat Oil
Minyak lumas yang dibubuhi aditif peningkat kelinciran tanpa pencampuran dengan air; digunakan untuk pemotongan logam terutama pekerjaan akhir yang mengutamakan ketelitian dan kehalusan permukaan.
Neat’s Foot Oil
Minyak yang diperoleh dari kuku sapi atau biri-biri untuk dicampur dengan produk minyak bumi yang sangat murni dan digunakan sebagai pelumas arloji dan instrumen.
Needle Bearing
Bantalan yang kedua permukaan bagianbagiannya yang bergerak relatif satu sama lain dipisahkan oleh unsur-unsur gelinding serupa jarum, dengan rasio panjang terhadap diameter lebih dari 5,0.
Negative Flower Structure
Kumpulan sesar normal yang berasal dari satu bidang sesar utama
Neogene
Zaman (periode) yang terdiri atas kala (epoh) miosen dan pliosen dalam masa (era) Kenozoik akhir.
Neritic
Lingkungan perairan yang terbentang dari garis pasang surut sampai ke batas landas kontinen.
Net Profits Interest
Bentuk keikutsertaan usaha perminyakan berisiko rendah, dengan penanam modal menggadaikan sebagian haknya memodali operasi usaha tersebut, tetapi masih mempunyai hak atas sebagian keuntungan bersih, termasuk bunga.
Netralization Number
Banyaknya asam atau basa yang diperlukan untuk menetralkan komponen basa atau komponen asam yang terdapat di dalam sejumlah tertentu percontoh.
Neutral Oil
Minyak lumas sulingan yang mempunyai viskositas Saybolt tidak lebih dari 200 detik pada suhu 100 derajat Fahrenheit.
Neutron Log
Rekaman kandungan ion hidrokarbon yang dihamburkan dari dalam formasi sepanjang lubang sumur, diperoleh dengan menembakkan neutron dari suatu sumber radiasi.
Neutron Log (CNL)
Log netron, respon terhadap hadirnya hidrokarbon di dalam formasi batuan. Digunakan untuk mendeteksi zona yang mengandung minyak dan gas serta dapat pula untuk mengukur nilai porositas ditempat dari batuan berpori
N-Heptane
Senyawaan hidrokarbon jenis parafin normal dengan tujuh ataomm karbon yang digunakan sebagai satu dari dua bahan acuan standar dalam penentuan mutu antiketuk bensin; n-heptana diberi nilai = 0
Nipple
1. Sepotong pipa untuk memperpanjang tangkai perkakas.
2. Sepotong pipa pendek untuk menyesuaikan panjang pipa yang ada dengan keperluan.
3. Pipa sambung yang terpasang pada alat, untuk menyuntikkan gemuk.
Nipple-down
Kegiatan melepaskan dan mengeluarkan pencegah semburan liar dari kepala sumur.
Nipple-Up
Kegiatan memasang dan menyambungkan pencegah semburan liar ke kepala sumur.
NLGI (grade) Number
Angka penggolongan konsistensi gemuk berdasarkan sistem klasifikasi yang dibakukan oleh The National Lubricating Grease Institute (NLGI) di Amerika Serikat; dalam sistem ini angka yang lebih tinggi menunjukkan gemuk yang lebih padat.
Node
Komponen penyambung yang khusus diperkuat tempat pertemuan, beberapa komponen batangan atau pipa pada anjungan lepas pantai.
Noise
1. Segala sesuatu yang mengaburkan atau menyamarkan sinyal sehingga mengganggu penafsiran seismik.
2. Tipe elemen data yang tidak diinginkan karena mengganggu sinyal.
Non Associated Gas
Gas bumi yang terdapat di dalam reservoir yang tidak mengandung minyak yang berarti.
Non Destructive Testing (NDT)
Metode pemeriksaan dan pengujian mmutu atau keandalan bejana atau peralatan yang merusak alat atau melakukan pengambilan percontoh.
Non Rotaring Stabilizer
Alat berbentuk cincin luncur dengan bilah-bilah pemantap posisi yang menyatu dengan cincin itu; dipasang dengan suaian longgar pada batang perkakas bor untuk mempertahankan posisi soket-soket agar tetap di tengah-tengah di dalam lubang sumur.
Non-Operator Non PSO
Perusahaan yang ikut serta dalam suatu usaha operasi patungan tetapi bukan sebagai pelaksana.
Non-Renewable Energy Resources
Sumber daya energi yang habis karena digunakan; contohnya bahan bakar fosil seperti mminyak bumi, gas bumi dan batu bara. Minyak dan gas bumi adalah sumber daya energi yang tak terbarukan.
Normal Circulation
Aliran lumpur bor sebagaimana seharusnya.
Normal Fault
Lapisan batuan yang patah dan bergeser ke bawah dari posisi semula; disebut juga sesar turun.
Normal Formation Pressure
Tekanan formasi yang besarnya setara dengan tekanan hidrostatis sebesar 0,465 psi per kaki kedalaman.
Normal Moveout Correction
Koreksi terhadap variasi jarak titik tembah dengan geofon yang menyebabkan bertambah panjangnya jarak tempuh geolombang melalui satu titik pantul pada lapisan bawah permukaan.
Nozzle
1. Peranti pada pahat jet yang menyemprotkan lumpur dengan kecepatan tinggi ke arah formasi yang sedang dibor.
2. Peranti pada senapan lumpur yang menyemprotkan lumpur dengan kecepatan tinggi agar teraduk dengan baik di dalam bak lumpur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s