Kapan waktu yang tepat untuk beli Emas?

Posted on Updated on

Dalam beberapa pekan terakhir, harga jual lemas di pasar menukik tajam, dan paling rendah selam ini. Namun bagi kita yang berinvestasi dan mau invest (khususnya Emas Antam) berikut saya posting artikel yang diambil dari blogdetik.

Kapan waktu atau saat yang tepat untuk membeli Emas???

Sebuah pertanyaan diatas adalah pertanyaan yang paling sering di lontarkan terutama oleh para investor Emas pemula. Jawaban untuk pertanyaan diatas sebetulnya sangatlah sederhana, saat yang tepat untuk membeli emas adalahSaat dana atau uangnya ada , mengapa bisa begitu?mari kita simak beberapa penjelasan dibawah.

1.Emaszero inflation

Emas bersifat nol inflasi (zero inflation), ya nol inflasi sekali lagi saya tegaskan. Nol inflasi artinya nilai emas selalu tetap sampai kapanpun. Salah satu bukti bahwa Emas nol inflasi adalah harga 1 ekor kambing qurban dari sejak 1400 tahun yang lalu sampai saat ini tahun 2013 dan sampai kapanpun akan tetap 1 Dinar (1 Dinar = 4,25 gram Emas 22 karat). Jika anda melihat pada grafik, harga Emas naik dari tahun ke tahun, hal sebenarnya yang terjadi adalah nilai mata uang kita yang makin turun nilainya (perhatikan grafik dibawah)

Grafik komparasi_idr-usd-ihsg-vs-gold

Emas tidak mendatangkan keuntungan bagi kita, namun membuat daya beli kita tetap sama sampai kapanpun. Jadi membeli Emas kapanpun adalah tepat, karena kita mengunci daya beli, seperti nilai 1 dinar yang tetap bisa membeli seekor kambing qurban sampai kapanpun

2.Harga Emas selalu mengikuti Harga komoditas dunia

Jika kita menyimak grafik perbandingan harga Emas dan harga komoditas penting dunia dibawah ini maka akan terlihat bahwa harga Emas selalu mengikuti harga komoditas dunia. Kenaikan atau penurunan biaya hidup biasanya dipengaruhi oleh harga komoditas-komoditas dunia tersebut, maka jika harga komoditas tersebut mampu di imbangi oleh harga Emas maka kita tidak perlu kuatir, kita tetap bisa membeli barang/kebutuhan hidup kita, artinya jika harga Emas turun sebenarnya kita tidak pernah rugi,begitupun kalau harga emas naik kita sebenarnya tidak pernah untung.

Grafik komparasi Emas&Komoditas_gold-vs-crb-spot

Sebagai contoh harga minyak dunia, Tahun 1970 1 Toz Emas setara dengan 19 Barel minyak, Tahun 2013 1 Toz Emas masih mampu membeli 17 Barel minyak, tidak jauh berbeda bukan? Data tersebut sudah berlangsung selama hampir 45 Tahun

Dari 2 penjelasan di atas maka dapat disimpulkan waktu yang tepat untuk membeli Emas adalah saat anda memiliki dana, karena sifat nilai Emas yang tetap jadi mau membeli Emas kapanpun adalah tepat. Investasi Emas adalah investasi jangka menengah sampai panjang yaitu sekitar 3-5 Tahun, jadi beli Emas kapanpun dan dipergunakan untuk kebutuhan/keperluan 3-5 Tahun kemudian adalah langkah yang tepat dalam berinvestasi Emas.

Semoga bermanfaat dan Selamat Berinvestasi

source : http://jualemasantam.blogdetik.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s