Dream Big : Saudi Aramco 2012

Posted on Updated on

Waiting for interview @MBS Meeting Room - Singapore
Waiting for interview @MBS Meeting Room – Singapore

Tahun 2012 berlalu, dan sekarang memasuki tahun 2013 tentunya dengan sejumput harapan yang lebih baik dan cerah.  Tahun 2012 juga adalah tahun dimana saya berharap mendapatkan tantangan baru dalam dunia kerja. Lamaran kerja pun saya kirim ke beberapa O&G company dan juga Service Company.

Hal yang paling menakjubkan terjadi pada pertengahan bulan September 2012, bulan tersebut masih dalam suasana Ramadhan, berkahnya lagi kami sekeluarga sedang mudik pertama kali ke kampung halaman. Merayakan Idul Fitri untuk pertama kali. Akhir Ramadhan tersebut, saya menerima email reply dari Saudi Aramco (tentunya anda tahu perusahaan ini, The Biggest Oil and Gas Company di dunia menurutku). Email berupa invitation untuk Interview Job Vacancy. Sesaat setelah mendapat email tersebut bergegas saya membuka Website Saudi Aramco. Ternyata dulunya saya pernah melamar untuk posisi Cartography Specialist. Hampir 2 minggu kami berbalas email untuk menentukan jadual Interview saya.

17 September 2012. Jam 01.00pm, hari Selasa waktu SINGAPORE adalah jadual inteview saya. Sepulang dari mudik lebaran, saya hanya punya waktu kurang 2 minggu untuk persiapan. Beberapa hal yang saya siapkan adalah mencari informasi sedmikian detil mengenai tempat test dan hotel yang dekat dengan tempat dilaksanakan interview tersebut. Saudi Aramco menyediakan One Flight (no return), one night stay (2juta) plus meal and accomodation. Jika di rupiahkan semua nya berkisar lebih kurang 4juta pihak Saudi Aramco menanggungnya. Oia, informasi tentang notifikasi semua melalui email resmi jadi ini bukan SPAM. Membuat saya bertambah semangat adalahvenue interview adalah MBS meeting room . Woww, MBS = Marina Bay Sands, 4 Convention Center.

Minggu pagi 15 Sept 2012 saya pun terbang ke Singapura. Penerbangan direct langsung dari Balikpapan. Saya tidak berangkat hari minggu, karena penerbangan dari Balikpapan hanya pada hari Minggu, Rabu dan Sabtu. Dcument perjalanan sudah disiapkan, Beberapa rute transportasi by MRT saya print untuk keperluan perjalanan, lengkap dengan jalur MRT dan hotel tempat penginapan.

Perjalanan Balikpapan – Singapore, hampir 2jam. Alhamdulillah saya sampai jam 01.00 siang. Tidak ada perbedaan waktu antara Balikpapan – Singapore. (pengalaman 3hari di Singapore saya akan posting di artikel lain). Just focus interview with Saudi Aramco.

Hari selasa pagi jam 09.00, saya berangkat menuju MBS. Setelah sarapan di hotel. Sampai sekitar jam 10.00. Cukup bingung rupanya menemukan Meeting Room nya, karena redaksi email yang dikirim oleh Recruiter berbeda. Akhirnya melalui security saya mendapat informasi  Recruitment Campaign Room.

Interview Room @MBS - Singapore
Interview Room @MBS – Singapore

Bertemu recruiter, registrasi, dan kemudian ada INTRODUCTION Session by Saudi Aramco, untuk mengetahui perusahaan tersebut, life style, work environment, benefit, etc. Saya sangat excited, sungguh saya berharap dapat lolos untuk sesi ini.

Tepat jam 01.00, saya kemudian interview. 2 Interviewer sekaligus mewawancarai saya. Pengalaman kerja, perkenalan, area of interest di pekerjaan. 2 Meeting room tersedia. Drilling dan Exploration. Kebetulan saya masuk dalam kategori Exploration. Hampir 1 jam saya melewati interview ini. Santai dan saya yakin dengan kemampuan saya. Saya berdoa akan hal itu. Seperti doa Ibu saya, istri saya dan keluarga saya semua.

2 Minggu berselang, saya dikabari untuk mempersiapkan dokument pendukung guna mempercepat relokasi, buku nikah, ijasah dan form isian mengenai diri pribadi yang dikirim oleh Saudi Aramco harus diisi dan dikirim. Dari tahap ini, saya merasa sudah lolos dan siap untuk berangkat, tidak ada masalah untuk hal ini kecuali atas kehendak Ilahi Rabbi.

Nah, 2 minggu berselang saya mendapat konfirmasi bahwa proses rekruitment saya tidak dilanjutkan. What’s happen on me, saya tidak ingin mereply email tersebut. Membiarkan apa adanya, apa yang menjadi kehendak Sang Pemilik Rencana. Down so pasti, 2 minggu lebih saya merasa tidak bisa merengkuh apa mimpi saya. Big Dream kerja di luar negeri.

Saya mengadukan semua kepadaNYA, sesekali istri dan ibu saya memberi support akan hal. Hingga pada titik akhir, saya berpikir bahwa semua adalah kehendak dan rencanaNYA. Lalu mengapa harus bersedih, bukankah nikmat ALLAH sunggu melimpah buat kami sekeluarga.

“Fa-biayyi alaa’i Rabbi kuma tukadzdzi ban yang artinya “Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?”

Adalah IBRA, buat saya sebagai hamba untuk selalu mensyukuri NIKMAT ALLAH SWT.

-Bumi Allah, Balikpapan – KALTIM – INDONESIA

3 thoughts on “Dream Big : Saudi Aramco 2012

    Nova Marson said:
    Januari 24, 2015 pukul 8:20 pm

    buat orang indonesia kalau diminta goverment ID apa yang harus di isi di page application wizard

    Wanda said:
    Februari 28, 2014 pukul 12:24 am

    Saudi Aramco..
    luar biasa..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s