Iedul Adha 10 Dzulhijah 1433H

Posted on

Idul Adha 1433H

Selamat Hari Raya Iedul Adha 1433H

Tanggal 26 Oktober 2012/10 Dzulhijah 1433H, Umat Muslim se-dunia merayakan Hari Raya Qurban atau Iedul Adha 1433H. Pada perayaan kali ini masjid Al Ikhwan Balikpapan melaksanakan penyembelihan Qurban terdiri dari 33 ekor sapi dan 12 ekor kambing. Personil yang ikut berpartisipasi sebanyak 215 orang. Masjid Al Ikhwan juga sudah menyebar hampir 3000 kupon Qurban.

Alhamdulillah tahun ini, kami sekeluarga ikut berpartisipasi dalam ber-qurban, 1/7 bagian. Hujan yang dikuatirkan akan turun, ternyata tidak. Artinya kami bisa lebih cepat menyelesaikan proses penyembelihan, pembagian dan pendistribusian daging qurban.

Untuk mempercepat proses tesebut, Masjid Al Ikhwan telah menyediakan 2 mesin pemotong tulang. Tak lupa tim P3K juga disiapkan untuk menghindari work accident. Tepat jam 8.30, tim penyembelihan, pengulitan, pencincangan, penimbangan dan pembungkusan mulai bergerak. Para shohibul qurban juga mulai berdatangan dan telah disiapkan kursi untuk melihat qurbannya yang akan disembelih. Bunda dan Omar anak kami ikut pula menyaksikan hewan qurban kami yang akan disembelih.

Ibu-ibu jamah masjid al ikhwan turut andil dalam menyiapakan sarapan pagi, siang dan malam. Semua berjalan sesuai rencana. Satu-satunya yang menjadi kendala adalah ketersediaan tenaga spesialis pengulitan, yang hanya berjumlah 3 orang saja. Akibatnya tim pencincangan sering agak lama menerima daging qurban. Namun, hal itu tidak menjadi masalah karena tepat sebelum waktu ashar datang, pekerjaan semuanya sudah kelar.

Surprise, karena Masjid Al Ikhwan dapat melaksanakan penyembelihan hari jumat dimana sebagian masjid melaksanakan pada hari sabtu karena takut keterbatasan waktu.

Hewan qurban yang disembelih pada Idul Adha kali ini, menjadi yang terbanyak di Kota Balikpapan. Alhamdulillah.

Eksistensi makna dari Idul Qurban tahun ini seperti yang tercantum :

QS. IBRAHIM 14 ayat 37

37. Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Tuhan kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezkilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur.

Masjid Al Ikhwan, Balikpapan Baru – Kota Balikpapan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s