Plaza Ciputat vs Plaza Ciputat Mas

Posted on Updated on

Pernah dengar The Aptitude test? tentu bagi pencari kerja tak asing lagi, mirip psikotest. Nah, salah satu perusahaan yang sering mengadakan test adalah Chevron, perusahaan migas  yang bergerak di explorasi dan produksi minyak dan gas Bumi. Chevron, saat ini bekerja sama dengan PT. Sumberdaya Dian Mandiri untuk rekruitmen pegawainya, setelah beberapa tahun sebelumnya test penerimaan pegawainya dipegang oleh Experd.

Minggu ini saya mengikuti test tersebut, test yang kedua kalinya di perusahaan yang sama. Alasan sederhana saya, adalah ingin mencoba tantangan diperusahaan baru. Hampir setahun saya dipanggil untuk mengikuti test ini, dan hasilnya saya pun tidak lolos dalam tahap selanjutnya.

Setelah 3 kali mengatur skedul lewat phone dan email, maka saya pun sepakat mengikuti test yang jadualkan. Hotel untuk menginap yang dekat dengan kantor SDM sudah diberikan lengkap dengan alamatnya baik map lokasi dan telepon kantornya. Siang, saya pamit ke istri dan anakku Faris untuk berangkat menuju ibukota. Kepada Anakku, aku pun pamit dan minta didoakan, kucium kedua pipinya Faris berkata “ayah, mau kemana”.  Oleh bundanya, pertanyaan Faris dijawab “ayah mau ke Jakarta, sayang”. Doa, ikhtiar dan harapan terus saya panjatkan. Tak lupa saya pamit ke Ibu, kakak dan adik di kampung untuk mendoakan.

Sampai di jakarta dengan pesawat citilink terbaru type airbus, saya lalu mengambil tiket damri jurusan Lebak Bulus. Lelah menunggu, takut kehabisan waktu solat maghrib dan damri arah terminal lebak bulus belum juga nongol, saya pun akhirnya mengambil taksi menuju hotel ciputat ciputat. Hampir 2 jam dalam taksi, karena macet. Jam 07.30pm akhirnya tiba di Hotel Ciputat, hotel yang menurutku diperuntukan bagi kalangan backpacker karena model kamar yang mirip kamar kost saya sewaktu di Malang.

Mandi, sholat, langsung mencari makan malam. Lalapan adalah pilihan saya akhirnya. Pulang ke hotel langsung tepar tak sabar menanti esok pagi. Bangun tengah malam, menunaikan sholat malam memohon ampunan, menunggu sholat subuh diteruskan mengaji. Semacam ritual ketika saya bepergian adalah membawa Alquran., Sajadah dan sarung. Istri saya yang mengatur semuanya.

Tepat 06.30am, saya meluncur ke Plaza Ciputat setelah sebelumnya menanyakan ke beberapa orang. Plaza tersebut adalah komplek pasar, wowh..!! sesuatu yang aneh hinggap dibenaku. Tempat test tersebut, kok berada di komplek pasar. Aneh, saya pun mencoba mencari blok B sesuai dengan alamat tersebut. Keanehan makin menjadi, saya pun mulai was-was, alamat yang dituju tidak ditemukan. Hampir 15menit saya keliling dan bertanya, dan pada akhirnya seorang tukang ojek mengatakan “bang, ini Plaza Ciputat, Plaza Ciputat Mas letaknya bukan disini, tapi disono arah kebayoran”. Astaghfirullah, ucapku dalam hati. Hopeless, waktu menuju kesana ditempuh sekitar 30menit dan kemacetan ibu kota yang membuatku menyerah.

Naik angkot nomor 8, jurusan kebayoran. Sepanjang jalan terus panjatkan doa, “Ya Allah, Ya Rabb, jika ini rejeki hamba ya Rabb, mudahkanlah. Namun, andai bukan Ya Rabb, gantikan yang terbaik menurutMu, Ya Rabb”. Segenap doa terus saya panjatkan. Jam 07.40am saya pun nyampe di tempat test, terhindar macet. Sopir angkot (semoga Allah Memberkahi Rejekinya), menurunkan saya d Plaza Ciputat Mas dan mengatakan “itu gedung Plaza Ciputat Mas, bang”. Alhamdulillah Ya rabb. Jam 08.00am – 12.30pm test dilanhsungkan. The Aptitude Test, 7 peserta saait itu yang ambil bagian dari berbagai universitas dan keahlian yang berbeda. Setelah selesai, saya langsung menuju terminal Lebak Bulus yang menuju Bandara Cengkareng – Soekarno Hatta. Lega, dan rindu bergelayut dipikiran untuk 2 orang yang kusayanggi anakku dan istriku. Peswat citilink menuju Balikpapan berangkat pukul 5.30 sore, Alhamdulillad perjalanan lancar dan akhirnya tepat pukul 08.30pm saya mendarat di bandar Sepinggan Balikpapan.

Hari ini, saat saya menulis diblog saya, saya sedang menanti kabar selanjutnya. Jujur saya bukan orang menyukai kegagalan, namun semua saya sudah pasrahkan kepada ALLAH SWT, Sang Maha Berkehendak dan Mengatur. Terbaik dari Allah adalah terbaik buat HambaNYA.

Jakarta, pesona yang tak pernah pudar bagi pencari kerja…