DUA JURUS DAHSYAT IKHLAS DAN TAWAKKAL

Posted on Updated on

Setiap ba’da sholat Subuh, saya selalu menyempatkan menonton acara di ANTV yang dibawakan Ust. Yusuf Mansyur, ringan dan mengena begitu menurutku. Bahasannya, sangat sederhana dan mudah dimengerti. Seperti saat ini, saya begitu gencar meminta kepada ALLAH, agar saya diberi kesempatan mencoba tantangan kerja di tempat lain. Namun, sekali lagi yang harus dipahami bahwa sekuat apapun manusiaberusaha ALLAH yang menentukan akhirnya.

Berikut saya petikan salah satu bahasan ustadz tentang 2 jurus dahsyat ikhlas dan tawakkal.

Allah telah mengatur rezeki untuk hamba-hamba-Nya. Tak ada yang memberi rezeki kepada kita selain Allah. Allah yang berkehendak melapangkan dan mempersempit rezeki untuk hamba-hamba-Nya. Katakanlah, “Sungguh, Tuhanku melapangkan rezeki dan membatasinya bagi siapa yang Dia kehendaki diantara hamba-hamba-Nya.” Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yan terbaik.(Q.S Saba’ [34]: 39).

Rizkipun tak hanya berupa harta. Iman di hati kita adalah rizki dari Allah yang sungguh tak ternilai harganya!

Tetaplah berusaha maksimal dalam menjemput rezeki dari Allah, jangan pernah kehilangan harapan dan berputus asa, iringi selalu dengan ikhlas dan tawakal kepada-Nya. Ikhlas dan bertawakkal ?, Tentang ikhlas dan tawakal…ada beberapa sahabat rekanan yang pernah berkisah :

  1. Astaghfirullahaladzim… Akupun tersadar. Mengapa diri ini begitu ngotot mencari batu cincin itu, Ya Allah… aku ikhlas jika memang batu cincin itu hilang, mungkin memang bukan rezekiku. Ucapku dalam hati. Selesai berucap seperti itu, tiba-tiba kulihat sebuah benda berkilat-kilat di lantai. Batu cincin itu! Tergeletak di lantai tak jauh dariku!
  2. ketika kita ikhlas, dan menyerahkan semua kepada Allah hidup menjadi lebih mudah! Contohnya nih, beberapa waktu lalu dompetku tertinggal di Taxi. Aku tak dapat berbuat apa-apa. Akhirnya kuikhlaskan, kuserahkan kepada Allah. Dan apa yang terjadi? Tak lama kemudian supir taxi tadi menelponku (Nomer telponku ada di dompet) dan ternyata dia mau mengantarkan dompetku yang tertinggal di taxinya ke rumah! Nah, sekarang dalam segala hal aku selalu berusaha ikhlas dan tawakal. Percaya nggak, kalau dulu aku susah banget nyari parkir di Mall, tapi dengan ikhlas dan tawakal aku selalu gampang loh dapetin parkir di Mall ” tambahnya sambil tersenyum…

Bagaimana jika tidak ?, Allah maha mengetahui, kesabaran yang menguji sudah di sesuaikan dengan kadar keimanan, selama syaratnya kita memiliki dua itu tadi…Ikhlas dan tawakkal. Balasan Allah SWT yang maha baik tentu lebih baik dari apa yang tidak kita duga, dan menjadi amal shaleh, mengangkat derajat, menghapus dosa kesalahan bahkan bisa jadi ada musibah dimana dengan kejadian pahit kita dihindarkan dari musibah oleh Allah SWT. Tugas kita sebagai seorang hamba selalu berprasangka baik, ikhlas dan bertawakkal bila segala sesuatunya mentok serahin aja ke Allah. Allahu a’lam.

#semoga tetap Istiqomah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s