Posted on Updated on

PIRANTI / Peralatan Pancing

Rell

Tahu rell kan, betul itu alat yg buat gulung nylon atau benang dengan mekanismenya membuat mancing lebih mudah dan tali teratur  gak gampang kusut. Ada 3 jenis rell yaitu spinning (yang biasa kita pakai) baitcast (jenis rell buat casting) dan overhead rell (buat jigging dan trolling)

Ada beberapa pilihan rell, tergantung targetnya ikan apa, tentu beda rell buat mancing ikan kuning2 dengan mancing ikan GT. Rell juga berbeda kualitas tergantung productnya siapa, saya gak bilang suatu produk gak bagus, tapi saya memastikan ada yg lebih bagus, asal mau merogoh kantong lebih dalam (yg penting dapet restu dari bini…..wak..kak..kak…) saat ini banyak rell hadir dengan kualitas cukup bagus dan harga terjangkau bagi kita, Pflueger, Ryobi, Tica, Penn dan ada yang sangat bagus seperti Shimano, Daiwa, Van Staal, Accurate dll. Jangan memaksakan beli rell mahal kalau belum tau kebutuhanya, ntar istri minta tiket untuk mudik malah repot.

Ngeset drag hanya diperbolehkan 30% dari kekuatan senar (khusus trolling) tapi kalo buat dasaran sah-sah aja ngeset di angka 50%. Contoh ngeset di 30%=benang atau nylon 30lbs seting drag hanya 10 lbs. kalo setingnya 50% berarti 25 lbs. Gampang kan.

Line/Senar

line yg sering dipakai jenis monopilament (Nylon) tapi ada jenis line yg lebih bagus yaitu PE=PolyEthylene=benang=-multipilament, tetapi tetap saja punya kelemahan di balik keunggulanya, Nylon ada juga jenis Flurocarbon, ini jenis nylon untuk leader, biasanya dipakai  untuk popping jiging dan casting, bisa juga sih kalo mau buat mancing dasaran, tapi mahalnya bisa bikin puyeng, karna dijual meteran. Nylon punya karakteristik tahan terhadap gesekan tapi punya nilai renggang cukup tinggi, selain itu nylon punya diameter cukup besar. Kalo PE=benang tidak tahan gesekan benda tajam, tapi nilai renggangnya 0 makanya sering dipakai buat jiging, poping dan casting karena dibutuhkan sentakan (hook up)yg spontan, kelebihan lainya diameter PE sangat kecil dan kalo buat  melempar seperti poping dan casting jangkauan lemparan hampir 3 kali dari nylon…hebat kan. Flurocarbon tidak jauh beda dengan nylon kelebihanya daya renggang tidak sebesar nylon.

Stick

Stick atau joran sangat beragam, dari material, model, warna, sampai panjang pendeknya, tapi ingat ya.. jangan sampai salah pilih, karena sebenarnya stick tidak ada yg multifungsi, setiap teknik memancing akan berbeda kebutuhan sticknya, kalo gak percaya coba aja dan rasakan kenyamananya, emang kalo diliat sepintas bagus aja, tapi kalo kita gunakan stick yg sesuai, rasa dan hasilnya jauh beda. Material stick juga beragam, dari Fiber, Carbon sampai Carbon graphite, kalo berbahan fiber memang kuat tapi cukup berat, stick berbahan Carbon lebih ringan dan enak dipakai, tapi tidak sekuat fiber, Carbon graphite sedikit lebih kuat dari Carbon, cara menyiasatinya pilih nilai kekerasan stick (ada tuh datanya di batang stick) contoh pe 2-4 atau pe 4-6.

Teknik mancing ada beberapa jenis:

  1. Dasaran, (yg pake pemberat terus diturunin sampe dasar) Umpanya ya… umpan beneran hidup atau mati, tapi kalo pake umpan hidup hasilnya cukup luar biasa, kalo di Balikpapan  tersedia udang hidup, ikan belanak hidup dan ikan bulan-bulan (small tarpon), di perairan Balikapapan untuk mancing dasaran cukup bagus, terutama di rumpon dan bagang2 yg telah runtuh, jenis ikanya Kakap Merah, Bambangan, Kaneke, Gerut, Trakulu, Kerapu dan masih banyak lagi, jenis2 ikan ini bukan predator namun ada yg semi predator.

Bisa pakai rell juga bisa hand line (tapi harus pake nylon) kalo hand line pakai PE. Sangat beresiko, makanya setiap turnament baik Nasional maupun lokal selalu ada peraturan baku, ”Hand line tidak diperkenankan jika menggunkan PE=benang”.  Pilih line yang sesuai dengan ikan target, termasuk, stick, pemberat dan pancingnya.

  1. Ngoncer, (kalo yg satu ini umpanya tergantung ikan yang mau didapat, kalo jenis pelagis seperti Tenggiri, Tuna, Marlin, layaran, Lemadang dll, umpan akan diletakan mengambang di pertengahan air, terus kalo target  ikan dasaran (demersal) seperti Kakap, kerapu, Kaneke dll. Umpanya ya sampai dasar. Umpan yang dipakai umumnya hidup seperti jenis ikan tembang, kembung, como2 dan layang. Piranti yg dipakai cukup berat karna targetnya ikan besar, jenis stick yg dipakai harus keras kelas PE 4-10, malah ada yg pakai stick trolling, terus pilihan rell umumnya besar sekelas 8000 keatas atau rell trolling, linenya pakai minimal 50 lbs kalo perlu pakai wire, jika targetnya ikan bergigi tajam.
  2. Ngotrek, kalo orang Balikpapan bilang  ”rinta”, adalah rangkaian pancing dengan umpan bulu2 sutra yg diikat di mata pancing, teknik ini sedikit memerlukan kesabaran, karna umpan harus digoyang terus, tapi kalo pas strike bisa penuh semua pancing kena ikan, jenis ikanya Tembang, kembung, como2, layang, selar, baby barakuda, serisih bahkan sering juga dapat kerapu, bambangan. Pokoknya asik, apa lagi pakai stick patut dicoba.
  3. Trolling, ini sudah termasuk dalam golongan sport fishing, karena piranti dan ikan targetnya besar bahkan sering masuk dalam rekor indonesia (FORMASI) dan rekor dunia (IGFA), Umpan yg biasa dipakai jenis Minnow (Rapala, Yo-Zuri, Halco,dll) juga jenis Cona Head, bisa juga pakai umpan jahit, maksudnya  ikan Tongkol dimasukin pancing terus dijahit mulutnya, trolling ada dua jenis Slow dan Fast Trolling, pemilihanya ya suka-suka tapi liat juga jenis umpanya, kalo pake umpan jahit terus diterapkan trolling cepat, dijamin umpan tinggal kulitnya doang, perlu kerjasama yg baik antara pemancing dengan kapten kapal, saat strike kapal gak boleh menurunkan kecepatan atau berhenti, tunggu saat hook up sempurna baru boleh dipelankan kecepatan kapal, bagaimana kita tau sempurna ya itu feeling pemancingnya lah…

di Indonesia (FORMASI) Federasi Olah Raga Memancing Ondonesia, rekor ikan Marlin biru (makaira nigricans) dengan berat 179.20 kg dan Marlin hitam (makaira indica) dengan berat 178.40 kg, kedua rekor tersebut tercatat ditahun yg sama 98.

Kalo rekor IGFA Marlin biru beratnya 624.14 kg. lokasi Hawai, USA April 82 dan Marlin hitam beratnya 707.61 kg. lokasi Peru, Agustus 53

  1. Casting termasuk dalam light sport fishing, karna piranti yg dipakai berkelas ringan, umumnya stick panjang 180 cm -210 cm kelas pe 1-3, paling enak kalo pake stick ”fast action” stick jenis ini kalau strike sangat cepat reaksinya, berbeda dengan ”Medium action” hanya saja jenis stick ini lebih sempurna ketika fight dengan ikan2 besar, rell juga tergolong berukuran kecil, maksimal seri 4000, tapi kalo ukuran produk daiwa paling kecil 3000, maklum Daiwa ngeluarin ukuran paling beda diantara yg lain. memakai umpan tiruan adalah ciri khas Casting, bisa pakai minnow (baik sinking dan floating) ada juga yg pakai floating type walk the dog, dan spiner, spoon sampai poper kecil pokoknya umpan banyak variantnya. Direkomendasikan pakai PE=benang, karena kita butuh sentakan cepat, dan lemparan2 yg cukup jauh sehingga umpan dapat menyisiri persembunyian ikan target

Kontributor :

Argo Purwadi : Kepala Divisi Teknik-Total Fishing Club, Owner Toko pancing Black Bass – Balikpapan