Keuntungan Kerja di Inggris

Posted on

*bagi yang bermminat sbg Job seeker @Inggris

Seperti halnya kerja di negara mana saja, maka kerja di Inggris mempunyai dua sisi yaitu sisi yang menguntungkan dan sisi yang tidak menguntungkan.

Mari kita lihat lebih dulu yang enak-enak, alias yang menguntungkan:

Studi kasus: Anda sudah berkeluarga dengan anak 2 dan sudah pula berpengalaman bekerja sebelumnya selama kurang lebih 7 tahun. Berarti umur anda saat ini, kalau perhitungannya menikah setelah 2 tahun setelah lulus kuliah (umur 24 lulusnya), maka umur anda sekarang 31 tahun.

Anda punya dua pilihan di Inggris, yaitu bekerja sebagai pegawai tetap atau menjadi pegawai kontrak. ini tergantung Visa Kerja yang anda miliki. Kalau visa jenis Work permit biasa yang disponsorin sama perusahaan yang memperkerjakan anda, maka bisa dikatakan status anda adalah “pegawai tetap”.

Lain cerita kalau anda datang berbekal Visa HSMP, dimana anda bebas menentukan kerja dimana serta mau type apa status pegawainya.

Kalau Staff, maka saya perkirakan gaji anda (Engineer di EPC Company) adalah sekitar 40,000 poundsterling per tahun. Maka gaji bersih per bulan adalah 2400 poundsterling.

Uang segitu, memang tidaklah besar. Hanya sekitar US4800, yang kurang lebih samalah dengan yang didapat teman-teman di Malaysia dan di Timur Tengah, tapi mereka sudah disiapkan rumah. Sedangkan anda, belum itu.

Pengeluaran bulanan:

  • Sewa rumah/apartment: 2 kamar; 800 poundsterling, didaerah suburb London.
  • Biaya Listrik, Gas, Telephone, TV, Internet, Air, Council tax: 250 pound
  • Biaya Transportasi ke kantor naik Train: 100 pound
  • Biaya Makan sekeluarga: 700 pound

Total Pengeluaran: 1850 pound per bulan.

Sisa buat nabung: 2400 – 1850 = 350 pound atau USD700 per bulan.

Nggak banyak ya, tapi mari lihat keuntungan lainnya:

  • Anak-anak bisa bersekolah di Sekolah Inggris dengan gratis mulai TK sampai SMA.
  • Untuk Universitas nantinya, bisa bersekolah seperti warga Inggris lainnya, dengan mendapat prioritas dan fee yang murah serta pinjaman untuk kuliah nantinya
  • Child Benefit: ada tunjangan yang diberikan oleh pemerintah kepada anak-anak yang tinggal di Inggris. besarnya bervariasi, yang jelas bisa mencukupi biaya les piano, les berenag, les football.
  • Child Trust: setiap anak di Inggris berhak mendapatkan dana sebesar 250 pound per bulan yang disimpan di tabungan, tapi ggak boleh diambil kecuali sudah besar nantinya. Uang ini kemudian di invest oleh pemerintah untuk keuntungan si anak setelah besar nantinya. Nggak peduli anda warga Indonesia, asal sudah tinggal secara legal di Inggris.
  • Child Tax credit, Working tax Credit : ini diberikan kepada orang tua yang mempunyai anak tanggungan. Diberikan setipa bulan dalam bentuk uang. Besarnya tergantung pendapatan per tahun.
  • Jika mempunyai uang yang cukup,semisal 5% dari harga rumah yang 100,000 pound, maka anda bisa membeli flat atau rumah, yang akan menjadi milik anda.
  • Kesehatan dan Gigi adalah gratis buat anak-anak anda, sedangkan anda dan istri hanya gratis kesehatan saja, sedangkan gigi mesti bayar sendiri.
  • Life Insurance dari perusahaan
  • Private Medical Insurance dari perusahaan
  • Bonus tahunan, bisa berupa saham perusahaan tersebut atau cash money.
  • Cuti 25 hari kerja dalam setahun
  • Ada yang bisa meminta disediakan tiket cuti ke Jakarta setiap 2 tahun sekali
  • No discrimination in anything
  • Bisa jalan-jalan ke seantero Inggris, Skotland, Irlandia, Wales tanpa harus takut diganggu, baik naik Train atau bawa mobil sendiri.
  • Bebas beribadah menjalankan kepercayaan masing-masing
  • Yang suka Bola, jangan ditanya….
  • Liburan ke Paris, tinggal naik Eurostar Train, 2.5 jam saja. Ngurus Visa sih, tapi gampang lah.
  • Mau kuliah part-time, bisa saja, dengan fee yang murah saja
  • Istri mau kuliah lagi atau les bahasa Inggris, disediakan gratis oleh Council, sekali seminggu tapi, kalau mau yang serius 5 kali seminggu ya bayar juga sih.
  • Cuaca tidak begitu ekstrim, panas maksimal 27C, dingin paling mantap 0C. Snow di London jarang banget. Paling snow yang tipis saja datangnya.
  • Dari sisi agama, Mesjid banyak, dan pengajian juga ada, orang Indonesia termasuk banyak disini.
  • Setelah 5 tahun disini berturut-turut, bisa dapatin Permanent Resident. Dan satu tahun kemudian, jika mau, bisa ganti Paspor menjadi Paspor British alias ganti warga negara.

Yang gak enaknya gimana? I can’t think of any.

The bottom line adalah mungkin tidak hanya berdasarkan besarnya uang yang masuk ke rekening kita setiap bulan yang menjadi pertimbangan, atau berapa sisa dalam tabungan apda akhir bulan, tapi harus melihat benefit secara keseluruhan.

Jika benefitnya besar, walaupun saving nya sedikit, mungkin malah menjadi menarik.

Lalu bagaimana dengan pegawai kontrak?

Menjadi pegawai kontrak sudah merupakan hal yang jamak di Inggris, terutama karena ada keringanan tax yang diberikan kepada ‘Self-Employee”.

Secara umum, besarnya gaji pegawai kontrak adalah dua-tiga kali lipat gaji pegawai tetap. Hanya saja mereka tidak akan mendapatkan fasilitas cuti, pensiun, dan life insurance.

Seharusnya ini nggak jadi masalah, karena anda bisa melakukannya sendiri dengan mengatur keuangan anda dengan pas dan mantap.

Misalkan, jika rate anda per jam adalah kira-kira GBP50 per jam sebelum dipotong tax, maka dalam sehari kerja 8 jam (belum lembur) anda akan mendapatkan GBP400, seminggu (5 hari kerja) = GBP2000.

Untuk pengaturan keuangan, maka dihitung pendapatan selama setahun, dimana dalam satu tahun = 52 minggu, dikurangi hari libur resmi pemerintah 9 hari, plus anda asumsikan bahwa anda akan ambil liburan 3 minggu di musim panas, plus satu minggu di akhir tahun, maka total hari libur anda akan menjadi 37 hari libur, dimana pada hari-hari tersebut anda tidak mendapat gaji, solanya kan “no work no pay”.

Jadi, perhitungan gajia anda akan menjadi: 52 minggu – 5 minggu = 47 minggu, jadi 47 minggu x GBP2000 = GBP94,000.00 per tahun sebelum dipotong pajak.

Sebagai self-employee maka besarnya pajak anda adalah kurang lebih 22%, sehingga bersih yang anda terima per tahun adalah kira-kira GBP73,320.00 bersih per tahun atau dibagi 12 = GBP6110 bersih per bulan selama 12 bulan.

Kalau mau dibandingkan dengan pegawai staff tentu bisa dikatakan hampir 3 kali lipat.

Fasilitas yang lain masih kita miliki kecuali:

  1. Pensiun
  2. Bonus share
  3. Life Insurance

Benefit lainnya, tetap bisa anda nikmati seperti kesehatan, pendidikan, dan lain sebagainya. Jadi, tinggal milih: mau jadi pegawai tetap atau pegawai staff, atau mau ke Middle East.

source : http://don85.wordpress.com/2008/06/11/keuntungan-kerja-di-inggris/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s