Rencana ALLAH pasti indah…

Posted on Updated on

Tulisan ini sengaja saya posting sekedar  me-refresh nurani kita agar supaya saya dan teman2 semua dapat memahami dengan jelas sekaligus dapat menata hati (tentunya) tatkala dalam proses  melamar pekerjaan di sebuah perusahaan.

Hampir setahun tepatnya Januari 2011, saya meng-apply sebuah posisi engineer di perusahaan Oil and Gas. Dan minggu kemarin ALLAH menunjukan betapa semua apa yang ada di langit dan bumi adalah otoritas-Nya. hari jumat pekan ini adalah jadwal Medical Check Up berkaitan dengan posisi yang saya lamar. Namun ALLAH berkehendak lain, saat Technical Assesment ternyata hasilnya saya gagal setelah mengikuti 2x proses interview.

Proses ini memakan waktu sampai 4bulan lamanya. Saya tidak ingin ber-andai andai dengan katakanlah “something” terjadi pada recruitment tersebut.  Namun, Ikhlas adalah jawaban singkat untuk mengembalikan kepada sang Maha Penentu. Sebenarnya test ke-3 dengan user adalah sangat menentukan dan 4 test selanjutnya, InsyaALLAH akan terlewati dengan baik asal pada saat proses nego gaji candidate tidak macam2. Begitu beberapa teman saya menggambarkan proses recruitment tersebut.

Terakhir pun saya masih yakin official user sangat interested dengan pengalaman dan background saya. Namun ternyata hitungan diatas kertas tidak bisak dijadikan sebuah landasan yang kuat, sebuah bukti bahwa user yang lain ikut menjadi penentu. User disini adalah atasan langsung dimana pekerjaan nantinya akan disupervisi oleh mereka.

Berkaca dari itulah, bahwa yang kita siapkan, butuhkan dan yang kita harus sadari adalah :

Pertama, ALLAH MAHA PENENTU tidak semua yang kita inginkan bisa terjadi. Kita boleh berusaha sekuat tenaga, tapi pada akhirnya, ALLAH lahyang akan menentukan segalanya.

Kedua, Menjalin hubungan dengan Sang Maha Segalanya, jangan lupa untuk meminta DOA orang tua dan juga Istri

Ketiga, Keyakinan bahwa ALLAH punya rencana yang lebih baik dengan catatan kita tetap DOA dan IKHTIAR.  Kita harus percaya dan yakin bahwa semua itu sudah menjadi madrasah yang terbaik untuk kita tetap Istiqomah.

Kenyataan yang terjadi (begitu yang saya alami), betapa sekarang sulit untuk menerima kenyataan dari jalan-Nya, suatu saat kita akan sadari bahwa betapa Allah sesungguhnya menyayangi kita sebagai umatnya.

Keempat, YAKIN dengan kemampuan DIRI SENDIRI, omongan orang lain belum tentu benar. Kitalah yang paling tahu apa yang terbaik untuk diri kita

Kelima, ingat DUIT = DOA, USAHA, IKHLAS dan TAWAKAL adalah hakikat dalam menajalani kehidupan ini

Semoga dengan hal ini menjadikan saya dan kita semua akan selalu diberikan petunjuk yang terbaik oleh ALLAH. Belajar ikhlas menerima semua keputusan-NNYA. Apapun yang diberikan oleh-NYA, InsyaALLAH itu adalah yang terbaik untuk saya dan masa depan saya dan ALLAH sangat mengerti apa yang kita butuhkan bukan yang kita inginkan.

#Barakaallah fiikum…

2 thoughts on “Rencana ALLAH pasti indah…

    langit11 said:
    Januari 3, 2012 pukul 12:06 pm

    jleb…postingannya mengena.
    dalam 2 bulan terakhir mencoba interview kerja ke beberapa tempat, ada yang sangat diinginkan dan semuanya belum ada yang lolos…sempat berpikir, kenapa ya Allah..apa salahku…apa aku memang tak memiliki segala kompetensi…

    karena manusia lemah dan tak pernah tahu tentang masa depan, sedang Allah Mahatahu, makanya yang keluar adlh kata2 keluhan..😦

      Muhammad SUDARMAN responded:
      Januari 6, 2012 pukul 1:56 pm

      semoga doanya cepat diijabah ALLAH SWT, amin…

Tinggalkan Balasan

