Notebook, Laptop dan Netbook

Posted on

Banyak diantara pengguna perangkat komputer masih bingung membedakan antara Laptop, Notebook dengan Netbook. Di sini akan kita bahas perbedaan antara kedua perangkat komputer tersebut.

Perbedaan antara laptop dan notebook saat ini terutama pada produsen yang memilih untuk panggilan produknya. Secara teknis dan tradisional, perbedaan antara keduanya adalah masalah ukuran.

Notebook Komputer:
Sebuah komputer pribadi yang sangat ringan. Notebook komputer biasanya memiliki berat kurang dari beberapa kilo dan cukup kecil untuk diletakkan dengan mudah di tas kerja. Notebook komputer menggunakan berbagai teknik, yang dikenal sebagai teknologi panel datar, untuk menghasilkan sebuah tampilan layar ringan dan tidak besar.

Dalam hal daya komputasi, komputer notebook modern hampir setara dengan komputer pribadi. Mereka memiliki CPU yang sama, kapasitas memori dan disk drive. Namun, semua ini dikemas dalam sebuah paket yang kecil serta mahal.

Komputer Notebook dilengkapi dengan paket baterai yang memungkinkan Anda untuk menjalankannya tanpa harus terhubung ke panel listrik untuk mendapatkan daya, namun baterai perlu diisi ulang setiap beberapa jam.

Selain itu beberapa fasilitas komputer pada Notebook dikurangi untuk mengefisienkan tata letak, antara lain seperti : Com Port, Printer Port, Soket PCMCI, PS2 Keyboard dan PS2 Mouse. Peralatan tersebut hampir tidak di temukan pada Notebook

Laptop:
Sebuah komputer portabel yang sangat kecil – cukup kecil sehingga bisa diletakkan di pangkuan Anda. Saat ini, komputer laptop yang lebih sering disebut komputer notebook, meskipun secara teknis laptop yang agak lebih besar dalam ukuran dari notebook, baik dalam ketebalan dan berat.

Laptop ini awalnya dirancang serupa dengan desktop, tetapi dengan ukuran yang cukup kecil dan ringan yang bisa digunakan di pangkuan Anda. Anda akan menemukan bahwa laptop memiliki fitur yang lebih dari notebook, hal ini karena gaya notebook komputer portabel adalah untuk mobilitas, tidak hanya portabilitas. Untuk menjadi sebuah perangkat mobile, Notebook adalah merupakan desain yang lebih tipis dan beratnya kurang dari laptop, hanya karena tidak datang dikemas dengan fitur dan beberapa perangkat dan drive.

Karena di disain sama seperti Desktop, maka perangkat yang terdapat pada Desktop terdapat pada Laptop, bahkan banyak tambahan perangkat yang tidak di miliki Desktop tapi dimiliki Laptop antara lain seperti : PCMCI soket, Wireless, Card reader, Infra reed, dan Bluthoot

Netbook:
Netbook adalah sebuah perangkat komputer yang hampir sama dengan Laptop dan Notebook, namun ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan kedua perangkat diatas.

Netbook di produksi khusus untuk peralatan komunikasi, dan hampir tidak dapat digunakan untuk pemakaian komputer pada umumnya seperti bermain Game, Disain Grafis, dll.

Karena dirancang untuk komunikasi (Khusus untuk Online Internet) maka beberapa fitur yang terdapat pada Notebook serta laptop tidak ada pada Netbook. Seperti, pada Netbook tida ditemuakan : Output VGA, DVD Room, Kapasitas hardisk terbatas (Bahkan ada beberapa Netbook menggunakan hardisk Chip), Jumlah USB terbatas (kebanyakan hanya 2 port USB), PS2 Mouse, PS2 Keyboard, Card reader dll.

Selain itu software yang dapat diinstall juga terbatas, biasanya hanya sofware OS (Windows atau Linux), MS Office, Internet Browse, dan player Musik dan video. Untuk menginstall Program atau OS pada komputer netbook ini diperlukan external DVD/CD room atau external hardisk.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s