Interview ; tak cukup hanya menghapal jawaban…!!!

Posted on Updated on

Pernah merasakan interview, pernah mencari jawaban yang pas akan sebuah pertanyaan dari recruiter?

Pagi ini, matahari cerah memancarkan cahaya dari ufuk. saya berangkat ke kantor bersama istri setelah menitipkan anak kami ke ibu mertua. Hari ini, Faris tidak kami titipkan ke TPA Bee Kids, karena kondisinya yang kurang sehat. Sudah seminggu ini Faris sakit flu, mungkin karena cuaca di Kota Balikpapan yang sedang hujan sehingga rentan drop.

Pagi ini, saya sudah membuat janji untuk interview di setelah minggu kemarin mendapatkan undangan interview. Kemeja lengan panjang, celana kain ikut melengkapi atribut saya pagi ini. entah gerangan apa, tapi beberapa teman kantor yang berpapasan dengan saya kaget lalu mengatakan ada acara apa nih? interview kah? (dengan logat Balikpapan). Ahh…saya hanya tersenyum, tersenyum semoga itu ada rejeki saya.

Saat memasuki ruang kantor, beberapa teman yang mengetahui proses interview ini senyum tersipu melihat dandanan saya. Sangat rapih dari hari seperti biasa, yaa..hari ini saya akan menghadiri undangan interview dari HRD. Seperti biasa mengawali kerja pagi ini, tak lupa berdoa memohon keberkahan pekerjaan.

Jam sudah menunjukan angka 10.00, karena interview nya menggunakan VidCon (Video Conference) saya harus hadir 1 jam sebelumnya karena ada form yang harus diisi. Bergegas saya melangkahkan kaki menuju kantor HRD, tepat jam 10.15. Memasuki ruang HRD terasa aroma yang berbeda, mungkin karena sudah cukup lama saya tidak memasuki ruang HRD setelah gagal Aptitude Test di perusahaan chevy.

 Saya lalu mengisi form yang disodorkan, mengisi pertanyaan dalam bahasa inggris yang mana pertanyaan berisi mengapa tertarik melamar posisi tersebut, harapan 3-5 tahun kedepan, project/profesional life or study yang telah dicapai dan apa keuntungan perusahaan ketika merekrut anda.

Form telah terisi, saya lalu menunggu sesi interview tersebut. Oleh HRD crew rupanya sesi interview dilaksanakan di IST meeting room. Sebelum jam 11.30 saya sudah sampai di ruang tersebut, menunggu beberapa saat karena sedang ada sesi interview untuk applicant yang lain.

Jam telah menunjukan 11.30, namu belum ada kabar kapan sesi saya dimulai. Tak lama, salah seorang mahasiswa OJT yang ikut menyiapkan sesi interview tersebut mengatakan “mas sudarman, sebentar ya, gak lama lagi” tepat jam 12.00 WITA sesi interview saya dimulai.

Posisi recruiter ada di Jakarta, karena itu menggunakan VidCon, lagi kecanggihan teknolgi dan efesiensi waktu yang berbicara.

Interview dimulai dengan perkenalan dan kemudian saya diminta untuk menceritakan pengalama kerja saya, interview ini memakan waktu 30 menit lebih. Sesi kedua dimulai dengan menggunakan bahasa inggris. 2 orang interviewer, saya rasa dari Psychologist, Setelah 1 jam saya akhirnya selesai interview. Alhamdulillah sesi interview lancar, tenang dan saya diminta menunggu 1-2 minggu untuk mengetahui hasilnya.

 Perlu diperhatikan saat sesi interview adalah :

  1. Berusaha rileks tapi tetap fokus (tenang)
  2. Jangan terlalu menghapal jawaban
  3. Yakin dengan kemampuan sendiri
  4. Persiapkan kemampuan bahasa inggris yang baik
  5. Jangan lupa terus berdoa (meminta doa ibu dan istri)

Kalau sudah rejeki siapapun tak sanggup menghalangi nya, saya yakin sekali akan hal itu, tak lupa saya meminta doa ibu saya sebelum dan sesudah interview ini, karena doa ibu yang memberi kekuatan tambahan dalan setiap gerak langkah kaki kita. Semoga ini memang rejeki saya, rejeki anak dan istri saya, semoga…Amin YRA.

#sore di kantor, menunggu saat jam pulang kantor#

Tinggalkan Balasan

