Sharing Tips Interview

Posted on Updated on

Sharing Tips Interview :

Kumpulan tulisan dibawah saya dapatkan dari milist MIGAS INDONESIA dan saya mencoba meng-compile jawaban yang paling pas dari beberapa recruiter HRD berikut. Selain itu sebagai bahan refernsi saya ketikan nanti ada Interview, walaupun saya sudah terlebih dahulu gugur di tahanpan Aptitude Test beberapa bulan lalu di perusahaan Chevy (sekedar menyamarkan nama perusahaan).

Berikut adalah beberapa pertanyaan tersebut yang sering membuat gagap atau bingung dalam sesi interview :

  1. Apa kekurangan anda
  2. Apa kelebihan anda
  3. Apa motivasi terbesar dalam hidup ini
  4. Kenapa anda ingin keluar dari perusahaan lama
  5. Kenapa tertarik untuk melamar di perusahaan ini

Dalam INTERVIEW tidak ada jawaban yang BENAR atau SALAH yang adalah jawaban yang “PAS”.

JAWABAN  (1)

  1. Yang tidak di sukai oleh hrd ketika intreview adalah : Pindah kerja hanya mencari peningkatan pendapatan. Sebaliknya mereka sangat menyukai apabila kita menjawab butuh tantangan. Apabila mereka bertanya memangnya di tempat kamu kerja sekarang ini tidak ada tantangan sebaiknya kamu menjawab tantangan bisa dari mana saja tidak hanya satu tempat saja. Apabila mereka bertanya kalau di tempat yang baru nanti tidak ada yang membimbing bagaimana sikap kamu sebaiknya kamu menjawab hal ini sudah saya alami di tempat kerja saya dan saya nilai ini hal yang sangat menguntungkan saya karena saya tidak akan merasa berhutang budi oleh siapapun maka yang saya akan lakukan adalah saya turun kelapangan bersosialisasi untuk mencari tahu apa yang saya harus tahu seintensif mungkin tanpa mengganggu apa yang menjadi job desk saya. Kalau ditanya tentang jobdesk kamu maka sebaiknya kamu berkata jujur apa yang kamu telah lakukan walaupun keluar dari jobdesk kamu.misalnya saya seorang welder tetapi saya juga melakukan perhitungan kekuatan pada welding yang kamu gunakan. Ketika mereka bertanya apa sisi negatif dan positif kamu sebaiknya kamu menjawab untuk yang positif saya rasa kamu bisa menjawabnya sendiri dan untuk yang negatif jawablah jawaban yang memang semua orang memilikinya contohnya sedikit nervous apabila bertemu orang baru setelah itu tidak. Kemudian apabila mereka bertanya mengenai apa yang menjadi hobi kamu sebaiknya kamu menjawab hobi yang menunjang pekerjaan kamu. ketika mereka menanyakan gaji yang kamu inginkan lakukan lah survey terlebih dahulu standar gaji posisi yang kamu lamar melalui internet dan melalui orang dalam perusahaan itu. Ketika mereka bertanya bahasa apa yang kamu kuasai sebaiknya kamu menjawab dengan jujur dan akan berusaha belajar lagi. Ketika mereka bertanya apakah bersedia di tempatkan di cabang sebaiknya kamu menjawab dengan jujur. Ketika mereka bertanya olah raga apa yang paling kamu sukai jawablah olah raga yang mengutamakan kerja sama team. kalo boleh usul adalah sepak bola

JAWABAN  (2) – DARI RECRUITER (HRD)

Dalam INTERVIEW yang adalah jawaban yang “pas”.

  1. Apa kekurangan anda : (disini interiewer sebenarnya ingin tahu sejauh mana usaha anda untuk melakukan improvement terhadap kekurangan yang anda miliki, sangat tidak disarankan menjawab dengan “saya tidak mempunyai kekurangan” “tidak ada”. namun yang terpenting adalah semua kekurangan anda relevan dengan jabatan yang sedang anda lamar)
  2. Apa kelebihan anda :  (jangan “lebay” disini, disini interviewer ingin menggali kelebihan anda dengan tujuan untuk mengetahui seberapa “cocok” anda nanti bekerja dalam team/individu , bekerja dalam kultur perusahaan yang dilamar maupun penegasan spesifik karakter anda (jika memang sebelumnya ada tes psikologi)
  3. Apa motivasi terbesar dalam hidup anda :  (ini pertanyaan yang tricky, tapi jawablah dengan elegan dan positif. anda bisa ceritakan dengan menjadi ayah yang baik untuk keluarga anda yang anda cintai, ingin menjadi seorang pakar dibidang anda dan bermanfaat bagi orang lain,.dll
  4. Kenapa anda ingin keluar dari perusahaan lama :  (jujur ini pertanyaan yang susah dan ini tergantung dr kejujuran anda. sy sarankan jawablah pertanyaan ini apa adanya dengan cara penyampaian yang positif dan tidak “menjelek-jelekan” perusahaan lama anda) biasanya, perusahaan yang akan meng”hire” anda akan melakukan kros cek dengan perusahaan anda saat ini untuk jawaban ini.
  5. Kenapa tertarik untuk melamar di perusahaan ini : (ini moment of truth dari interview, sy sarankan jawablah pertanyaan ini dengan hal positif dr perusahaan yang anda lamar (oleh karenanya, pelajari terlebih dahulu perusahaan yang anda lamar sebelum interview) dan kontribusi-kontribusi apa saja yang akan berikan jika anda menduduki posisi yang anda lamar) Demikian semoga membantu, silahkan bagi senior HR yang lain mengkoreksi dan menambahkan jika memang diperlukan.

JAWABAN  (3)

  1. Tiga pertanyaan pertama (1, 2, 3) : tentang kekurangan dan kelebihan serta motivasi seseorang sebenarya lebih mengarah kepada seberapa jauh seseorang punya kebiasaan melakukan perbaikan yang berkesinambungan (continuous improvement & continous learning), baik dari sisi kelemahan dan juga kekuatan. Jadi silahkan saja menjawab dengan jujur apa yang anda rasakan, akan tetapi silahkan tonjolkan tindakan anda sewaktu harus menutupi kelemahan anda dengan kegiatan apa saja. Disitu juga akan terlihat konsistensi jawaban bagi seseorang yang punya motivasi terhadap pencapaian hasil (achievement orientation).
  2. Sedangkan pertanyaan ke 4 dan 5 :  lebih untuk melihat apa yang disebut sebagai Job Fit. dengan harapan kandidat bisa cocok secara budaya perusahaan. mempelajari budaya perusahaan yang dilamar dan juga how positive si kandidat dalam melihat tempat kerjanya yang sekarang.

JAWABAN  (4)

  1. Apa kekurangan anda : Sebutkan saja kekurangan anda, tapi jangan lupa sebutkan apa yang anda telah lakukan untuk menutupi/memperbaiki kekurangan itu.

  2. Apa kelebihan anda : Sebutkan saja kelebihan anda (yang berhubungan dengan pekerjaan tentunya)

  3. Apa motivasi terbesar dalam hidup ini : Jujur saja

  4. Kenapa anda ingin keluar dari perusahaan lama : Jujur saja, tapi jangan terjebak dengan menjelek-jelekkan perusahaan lama

  5. Kenapa tertarik untuk melamar di perusahaan ini :  Jujur saja

Dalam INTERVIEW tidak ada jawaban yang BENAR atau SALAH yang adalah jawaban yang “PAS”.

*do not love your company but love your job and family, (puasa hari ke-10, 1432H)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s