Menanti jawaban…!!! (Lamaran kerja)

Posted on Updated on

Alhamdulillah beberapa hari terakhir ini saya mendapat beberapa tawaran kerja dari dalam dan luar Indonesia. Ini pun adalah hari ke-2 saya menunggu informasi lebih lanjut  tentang tawaran kerja sebagai Night Drilling Supervisor (recruiter Singapore), saya pun bergegas mencari tahu beberapa informasi melalui om google apakah layak saya mengirim email kembali untuk menanyakan kelanjutan proses tersebut. Hasilnya ada beberapa postingan namun saya mencoba mengambil satu sampel yang bisa menjadi pegangan sebagian job seeker. Menurut saya yang terpenting adalah menjaga optimisme untuk terus mencoba, kata teman yang duduk disamping saya mengirim lamaran kerja seperti menjual diri, menjual produk diri dengan segala potensi yang dimiliki. Persoalan nanti direcruit atau tidak itu lain soal, yang terpenting adalah terus mengirim lamaran dan tetap berdoa sodara, sodara…!!!. saya camkan sekali lagi terus mencoba dan berdoa..!!. Perusahaan sangat tahu kemampuan yang direkrut, boleh jadi kita adalah salah satu nominee. Walaupun memang sering terjadi penolakan, itu soal biasa gan…!!.

Coba baca baik-baik tulisan berikut deh…

Tetapi seringkali terjadi, harapan tinggallah harapan, panggilan selanjutnya ternyata hanya tinggal penantian dan impian belaka. Dering telepon atau surat panggilan selanjutnya, tak kunjung tiba. Anda pun jadi penasaran dan diliputi berbagai pertanyaan, apakah akan ada panggilan lagi atau memang hasil wawancara Anda tidak diproses. Tak jarang harapan yang tadinya berkobar mendadak padam.

Memang, pada beberapa perusahaan memerlukan waktu yang agak lama bahkan ada yang membutuhkan waktu sampai satu sampai tiga bulan untuk memproses kelanjutan test wawancara. Nah, kalau Anda menghadapi situasi demikian, agar tidak penasaran, Anda dapat menanyakan kepastian kepada perusahaan tersebut melalui telepon. Anda dapat bertanya setelah melewati waktu dua minggu dari waktu wawancara. Tanyakan langsung pada divisi HRD atau orang yang mewawancarai Anda.

Jangan merasa ragu dan takut untuk menanyakan hal ini, karena bertanya merupakan hak Anda. Lagi pula, menanyakan kepastian kabar dan kelanjutan proses lamaran Anda dalam waktu dua minggu atau lebih setelah wawancara adalah hal yang etis dan cukup sopan. Perusahaan pun pasti maklum atas pertanyaan Anda. Untuk itu usai wawancara, ada baiknya Anda menanyakan siapa dan nomor telepon yang dapat dihubungi untuk menanyakan hasil wawancara Anda.

Jika pihak perusahaan menjawab bahwa hasil test Anda tersimpan dalam ‘database’ dan sewaktu-waktu diperlukan Anda akan dipanggil lagi, berarti jawaban sesungguhnya lamaran Anda tidak diproses lebih lanjut. Jawaban seperti itu biasanya merupakan penolakan secara halus setidaknya untuk saat itu. Bisa jadi, suatu saat jika ada kualifikasi yang cocok, Anda akan dipanggil lagi. Namun dengan jawaban seperti itu Anda jangan lantas terus menanti tanpa berusaha lagi. Buatlah lamaran lain sebanyak-banyaknya.

Sebaliknya kalau jawaban perusahaan memberi kepastian, misalnya “Anda memang memenuhi kualifikasi kami dan dengan pertanyaan Anda, kami sekaligus memanggil Anda pada tanggal.…”, berarti kemungkinan besar Anda akan diterima. Mungkin saat itu pihak perusahaan belum sempat menghubungi Anda lebih lanjut dikarenakan adanya kepentingan lain.

Hidup ini memang penuh dengan kemungkinan. Untuk itu Anda jangan berhenti berusaha untuk mendapatkan kemungkinan yang terbaik. Sehingga kemungkinan itu akan menjelma menjadi suatu ‘kepastian’ yang menggembirakan.

~Kamis, 26/07/2011, saat di kantor Total jelang Ramadhan 1432H~

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s